PERUBAHAN PERILAKU KEWIRAUSAHAAN SISWA PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN PRODUKTIF EKRENFATIHA UNTUK SMK TATA BOGA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan perilaku wirausaha pada siswa dengan cara penerapan entrepreneur proces di mata pelajaran produktif, melalui penerapan model pembelajaran kewirausahaan produktif EkRenFaTiHa untuk SMK Tata Boga. Metode pembelajaran yang dipergunakan adalah, project based learning. Entrepreneur process yang diintegrasikan pada pelajaran produktif Tata Boga, meliputi : ekplorasi, rencana bisnis, fasilitasi, tindakan, dan hasil. Penelitian ini menggunakan prosedur pendekatan reasech and development .Prosedur pengembangan mengacu pada model pengembangan Plomp, yang meliputi : pleminary investigation, pengembangan model (desain model, realisasi model, model final, evaluasi, dan revisi), dan dilanjutkan pada tahap implementasi. Penelitian ini dianalisis secara statistik diskiptif. Hasil uji model pada kelompok kelas kecil mengenai perubahan perilaku kewirausahaan siswa yang dilakukan di SMKN 6 Yogyakarta, sebagai berikut : penguasaan perilaku kewirausahaan siswa melalui entrepreneur process yang diintegrasikan pada pembelajaran produktif tata boga yaitu pada mata pelajaran dasar pengolahan, meliputi : tahapan eksplorasi, rencana bisnis, fasilitasi, tindakan, dan hasil. Pada tahap penerapan awal secara klasikal, yang paling kuat kemunculannya pada perilaku kewirausahaan siswa, secara rinci adalah tanggung jawab, inovatif, jujur, mandiri, kreatif, kepemimpinan, ulet, disiplin, kerjasama, berani mengambil risiko, mandiri, dan komunikasi. Ada peningkatan secara nyata dengan adanya pengulangan yang berlanjut pada setiap pelilaku kewiirausahaan yang diamati dan secara rerata perilaku kewirausahaan siswa ada pada kategori baik .
Kata Kunci: Perilaku, Pembelajaran Kewirausahaan Produktif.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.