INOVASI PRODUK BATIK UNTUK PASAR GLOBAL

Sugiyem Sugiyem, , Indonesia

Abstract


Pada zaman globalisasi dampak budaya yang masuk Indonesia akan mendesak budaya asli. Sebagai salah satu seni kriya tradisional agar mampu bertahan danbersaing di pasar global maka batik perlu adanya pembaharuan atau inovasi. Sejak jaman dahulu keberadaan batik dipengaruhi oleh perpaduan kebudayaan antar daerah, situasi sosial dan pengaruh dari luar. Menjelang diberlakukannya MEA, batik sebagai produk fashion harus lebih berinovasi karena dengan adanya pasar tunggal tersebut memungkinkan pertukaran barang dan jasa antar Negara. Batik harus menyesuaikan pangsa pasar global untuk dapat terus bersaing yang pada akhirnya nanti berimbas pada kesejahteraan masyarakat umumnya dan penggiat batik khususnya.

Kata Kunci: Batik, Pasar Global


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.