MEWUJUDKAN GENERASI EMAS YANG KREATIF DAN INOVATIF DENGAN PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN PRODUKTIF EKRENFATIHA DI SMK TATA BOGA
Abstract
Pencanangan generasi emas tahun pertama juga telah dibarengi dengan revitalisasi pendidikan karakter. Harapan agar pendidikan menghasilkan sumberdaya manusia (SDM) kreatif untuk pengembangan ekonomi kreatif, menjadikan, pendidikan kewirausahaan sangat efektif untuk diajarkan pada institusi SMK maupun vokasi karena siswa sekolah kejuruan dekat dengan kondisi untuk memasuki kehidupan kerja, sehingga kewirausahaan dapat menjadi pilihan karir. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perilaku kewirausahaan siswa dengan mengaplikasikan pembelajaran kewirausahaan produktif EkRenFaTiHa pada mata pelajaran produktif di SMK. Model pembelajaran kewirausahaan produktif EkRenFaTiHa dikembangkan menggunakan model Plomp (1997) pada penelitian diterapkan pada dua jenjang kelas dan dua sekolah yang berbeda. Penerapan model pembelajaran kewirausahaan produktif EkRenFaTiHa menghasilkan peningkatan perilaku kewirausahaan siswa ke arah positif baik.
Kata Kunci : pembelajaran kewirausahaan produktif
Kata Kunci : pembelajaran kewirausahaan produktif
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.