MENGEMBANGKAN KOMPETENSI SISWA PENDIDIKAN KEJURUAN MELALUI KEGIATAN BELAJAR DI TEMPAT KERJA

Winwin Wiana, , Indonesia

Abstract


Belajar di tempat kerja adalah metode tertua dan paling umum pada kualifikasi pendidikan kejuruan.Ini adalah jenis pembelajaran yang idealnya mencakup dimensi kognitif, afektif dan psikomotor secara seimbang.Tempat kerja juga merupakan tempat belajar, dan karakter serius dari pekerjaan terutama terkait dengan pengalaman, motivasi dan hubungan sosial. Delimitasi dan pluralisme terhadap isi pembelajaran dan bentuk-bentuk pembelajaran dalam lingkungan kerja perusahaan dan perangkat kerja lainnya, meningkatkan alasan-alasan akan pentingnya belajar di tempat kerja. Mempelajari suatu proses kerja dari sudut pandang metodologis dan pandangan konseptual, semakin nyata menjadi bagian dari pengembangan kompetensi yang memperkuat kompetensi teknis, sosial dan pribadi seperti menawarkan peluang baru untuk konsep yang berorientasi kerja pada awal dan kelanjutan suatu pelatihan. Beberapa konsepsi yang akan menjadi landasan dalam pengembangan kegiatan belajar di tempat kerja, diantaranya adalah (1) pembelajaran diorientasikan pada aspek pengendalian diri sendiri dengan merujuk pada proses kerja, (2) Mengembangkan kompetensi dan kompetensi aksi reflektif, serta (3) mengenalkan suatu bentuk baru dari proses pembelajaran, yaitu dengan memfokuskan aktivitas belajar di tengah pekerjaan.
 
Kata Kunci : Mengembangkan Kompetensi, Siswa Pendidikan Kejuruan, Belajar di Tempat Kerja

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.