PENGARUH RAGAM PEMBELAJARAN PADA MATERI SEMINAR KEUANGAN PUBLIK TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN

Mila Mumpuni, , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan ragam pembelajaran dan mengajukan alternatif dalam mengatasi hambatan dalam penyampaian materi melalui ragam pembelajaran pada Prodip IV Keuangan Spesialisasi Akuntansi – Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan studi kasus dengan subjek coba siswa Prodip IV Keuangan Spesialisasi Akuntansi Tahun 2014/2015 di STAN dengan siswa 30 orang. Perlakuan ragam pembelajaran pada mata kuliah Seminar Keuangan Publik. Penelitian dilakukan pada semester tujuh dengan kurikulum yang telah disesuaikan. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar observasi aktivitas siswa, lembar respon siswa terhadap ragam pembelajaran, dan hasil karya tulis (artikel). Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Ragam pembelajaran yang diterapkan mampu menimbulkan minat siswa untuk menulis artikel. 2) Metode World Caffee merupakan metode pembelajaran yang membantu kesulitan siswa terhadap materi baru dan sulit dipahami pada awal pembelajaran. 3) Metode diskusi panel merupakan metode yang paling tidak menarik bagi siswa karena siswa dituntut mampu menganalisis dari dua sisi baik sisi positif maupun sisi negatif. 4) Hasil pembelajaran menunjukkan perubahan kualitas penulisan artikel. . Kata kunci: metode World Caffee, metode diskusi panel, model diskusi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.