Understanding learning anxiety and mental health of final year students: A qualitative study
Mutiawati Mutiawati, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhnar, A. F., Putri, R. P., Vaca, A., Hidayat, N. P., Zahra, R. I. A.-, & Rusdi, A. (2022). Self awereness dan kecemasan pada mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Muara Ilmu Sosil, Humanoria dan Seni, 6(1), 107–118.
Angelin, L., Syenshie, W. V., & Ferlan, P. A. (2021). Tingkat stress berhubungan dengan kejadian generalized anxiety disorder (GAD) pada mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKI): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 9(2), 399–408.
Apriani, Aryani, F., & Saman, A. (2021). Hubungan antara kecemasan belajar, motivasi belajar, dengan hasil belajar siswa sekolah menengah kejuruan selama study from home di Kabupaten Bantaeng. Pinisi Journal of Education, 1(2), 92–103.
Cahyani, N. K. S., Satriani, N. luh A., & Sagitariani, P. N. (2021). Gambaran kesehatan mental mahasiswa tingkat akhir prodi sarjana keperawatan ITEKES Bali pada masa pandemi covid-19. Community Of Publishing in Nursing (COPING), 9(4), 383–390.
Daulay, N., Harahap, A. C. P., & Sinaga, M. H. P. (2022). The role of guidance and counseling service in helping students with academic stress. ProGCouns Journal of Professional in Guidance and Counseling, 3(2), 78–86.
Diferiensyah, O., Septa, T., & Lisiswanti, R. (2016). Gangguan kecemasan menyeluruh. Jurnal Medula, 5(2), 63–68.
Deliviana, Erni, M. H., Hilery, P. M., & Naomi, N. M. (2020). Pengelolaan kesehatan mental mahasiswa bagi optimalisasi pembelajaran online di masa pandemi covid-19. Jurnal Selaras, Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 3(2), 129–138.
Farid, M. F., Jalal, H., & Iqbal, S. (2022). Relationship between social media, general anxiety disorder, and traits of emotional intelligence. Bulletin of Education and Research, 44(1), 39–53.
Kusumastuti, D. (2020). Kecemasan dan prestasi akademik pada mahasiswa. Analitika Jurnal Magister Psikologi UMA, 12(1), 22–33.
Leskono, S. P. (2016). Metode penelitian kualitatif. Kelompok Intrans Publishing.
Malfasari, E., Devita, Y., Erlin, F., & Filler. (2018). Faktor- faktor yang mempengaruhi kecemasan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir di STIKES Payung Negeri Pekanbaru. Jurnal Ners Indonesia, 8(2), 124–131.
Maslim, & Rusdi. (2013). Diagnosis gangguan jiwa. In Rujukan Ringkas dari PPDGJ III dan DSM 5 (Cetakan 2). PT Nuh Jaya.
Mukholil. (2018). Kecemasan belajar. Jurnal Eksponen, 8(1), 1–8.
Munaisah. (2015). Pengaruh kecemasan belajar dan pemahaman konsep matematika siswa terhadap kemampuan penalaran matematika. Jurnal Formatif, 5(3), 220–232.
Nazira, D., Mawarpury, M., Afriani, & Kumala, I. D. (2022). Literasi kesehatan mental pada mahasiswa di Banda Aceh. Seurune, Jurnal Psikologi Unsyiah, 5(1), 23–39.
Prajogo, S. L., & Yudiarso, A. (2021). Metanalisis efektivitas acceptance and commitment therapy untuk menangani gangguan kecemasan umum. Psikologika, 26(1), 85–100.
Pristianto, A., Tasya, R. H., Muflikha, I., Ningsih, A. F., Vanath, I. L., & Reyhana, F. N. (2022). Deep breathing dan butterly hug : Teknik mengatasi kecemasan pada siswa MAN 2 Surakarta. Kontribusi, 3(1), 36–46.
Radiani, W. A. (2019). Kesehatan mental masa kini dan penanganan gangguannya secara islami. Journal Of Islamic and Law Studies, 3(1).
Rosefa, Y. D., Iskandar, & Oktaviyana, C. (2022). Analisis kecemasan mahasiswa terhadap hybird learning era pandemi covid-19 di Aceh. Journal Of Healthcare Technology Anda Medicine, 8(2), 793–800.
Ginsburg, G., Muggeo, M., E.B.Caron, R.Souer, H., & J.Pikulski, P. (2019). Exploring treatment as usual for pediatric anxiety disorders among school‑based clinicians. School Mental Health, 719–727.
Secer, I., Gulbahce, A., & Ulas, S. (2019). An investigation into the effects of anxiety sensitivity in adolescents on childhood depression and anxiety disorder. Academic Journal Educational Rsearch and Riviews, 14(9), 293–299.
Setiyani, R. (2018). Perbedaan tingkat kecemasan pada mahasiswa baru di fakultas ilmu kesehatan dan npn Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta. Jurnal Psikologi Integratif.
Soen, C. C., Hardjasasmita, I. M., & Ulituna, A. E. (2021). Generalized anxiety disorder: diagnosis and treatment. Jurnal Muara Edika Dan Psikologi Klinis, 1(2), 133–138.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatiff dan R&D. ALFABETA.
Suratmi, Abdullah, R., & Taufik, M. (2017). Hubungan antara tingkat kecemasan dengan hasil belajar mahasiswa di program studi pendidikan biologi UNTIRTA. Jurnal Pembelajaran Biologi, 4(1), 71–76.
Suryanto, A., & Nada, S. (2021). Analisis kesehatan mental mahasiswa perguruan tinggi pada awal terjangkitnya covid-19 di Indonesia. Jurnal Citizenship Virtues, 1(2), 83–97.
Susilo, T. E. P., & Eldwaty. (2021). Tingkat kecemasan mahasiswa dalam penyusunan skripsi di prodi penjaskesrek Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang. Consilia Jurnal Ilmiah BK, 4(2), 105–113.
WHO. (2013). Mental health action plan 2013-2020. Geneva : World Health Organization.
DOI: https://doi.org/10.21831/progcouns.v4i1.60000
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Supervised by:
Our journal indexed by:
ISSN 2722-6581 (print) || ISSN 2722-2012 (online)
ProgCouns Stats