PERSEPSI KARYAWAN TENTANG PERAN AUDITOR INTERNAL SEBAGAI PENGAWAS, KONSULTAN DAN KATALISATOR DALAM PENCAPAIAN TUJUAN PERUSAHAAN (Studi Kasus di Hotel Inna Garuda Yogyakarta)
Denies Priantinah, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptifkuantitatif yang dilakukan di Hotel Inna GarudaYogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuibagaimana peran auditor internal Hotel InnaGaruda Yogyakarta sebagai pengawas, konsultandan katalisator dalam pencapaian tujuan menurutpersepsi karyawan.Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalampenelitian ini adalah Purposive Sampling, yang dimana pengambilan sampel dengan kriteria tertentu.kriteria tersebut diantaranya: karyawan berstatuskaryawan tetap, masa kerja ≥ 2 tahun, dan mengetahuitentang keberadaan auditor internal. KaryawanHotel Inna Garuda Yogyakarta yang memenuhikriteria tersebut dan dapat dijadikan respondendalam sampel sebanyak 69 karyawan. Metodepengumpulan data yang digunakan adalah wawancaradan kuesioner. Uji coba kuesioner dilakukanpada 30 karyawan yang memiliki kriteriasama dengan yang telah ditetapkan dan merupakanresponden yang diambil di luar dari sampel. Ujicoba kuesioner menggunakan uji validitas denganmenggunakan metode korelasi product momentpearson dan uji reliabilitas dengan menggunakanmetode Cronbach’s Alpha. Analisis datamenggunakan analisis statistik deskriptif.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1)persepsi karyawan tentang peran auditor internalsebagai pengawas dalam pencapaian tujuan perusahaanmemiliki hasil perhitungan distribusi kecenderunganfrekuensi dengan kategori cukup baikdan berdasarkan analisis data peran sebagaipengawas menduduki peringkat I yaitu dengan totalskor 1.625 (37,17%). Peran yang dijalankan auditorinternal perusahaan masing menganut paradigmalama yang sebenarnya saran dan rekomendasiyang diberikan peran ini hanya bersifat jangkapendek dalam membantu perusahaan untuk mencapaitujuan. (2) persepsi karyawan tentang peranauditor internal sebagai konsultan dalam pencapaiantujuan perusahaan memiliki hasil perhitungandistribusi kecenderungan frekuensi dengankategori cukup baik dan berdasarkan analisis dataperan sebagai konsultan menduduki peringkat IIyaitu dengan total skor 1.395 (31,91%). Auditorinternal sebagai konsultan merupakan pihak pemberisaran dan rekomendasi yang membantu karyawandalam memecahkan masalah terkait dengankegiatan operasional perusahaan, akan tetapi peransebagai konsultan yang dijalankan auditor internalkurang begitu dominan. (3) persepsi karyawan tentangperan auditor internal sebagai katalisator dalampencapaian tujuan perusahaan memiliki hasilperhitungan distribusi kecenderungan frekuensidengan kategori cukup baik dan berdasarkan analisisdata peran sebagai katalisator menduduki peringkatIII yaitu dengan total skor 1.352 (30,92%).Peran auditor internal sebagai katalisator merupakanperan yang nantinya auditor internal akan ikutandil dalam penentuan tujuan perusahaan dan berdasarkanhasil penelitian peran ini menduduki peringkatakhir karena untuk menerapkan peran inisecara penuh membutuhkan waktu dan proses yangcukup panjang.Kata Kunci: Peran Auditor Internal
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/nominal.v1i2.997
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Megasari Chitra Adhisty, Denies Priantinah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Archive, Citation & Indexing:
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/nominal.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/nominal.