PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KEPERCAYAAN, KECEMASAN BERKOMPUTER DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN INTERNET BANKING
DOI:
https://doi.org/10.21831/nominal.v2i1.1647Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan terhadap Minat Menggunakan Internet Banking, (2) untuk mengetahui pengaruh Kepercayaan terhadap Minat Menggunakan Internet Banking, (3) untuk mengetahui pengaruh Kecemasan Berkomputer terhadap Minat Menggunakan Internet Banking, (4) untuk mengetahui pengaruh Kualitas Layanan terhadap Minat Menggunakan Internet Banking, (5) untuk mengetahui pengaruh Percieved Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Kecemasan Berkomputer, dan Kualitas Layanan terhadap Minat Menggunakan Internet Banking. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif terhadap Nasabah Bank Mandiri cabang Yogyakarta. Alat uji dengan menggunakan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji linearitas dan uji asumsi klasik yang meliputi uji multikolinieritas dan uji heterokedastisitas. Hasilnya menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan pada Persepsi Kemudahan Penggunaan terhadap Minat Menggunakan Internet Banking dengan koefisien R sebesar 0,352 dan nilai t hitung sebesar 11,986 > t tabel 1,960 pada taraf signifikansi 5%. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pada Kepercayaan terhadap Minat Menggunakan Internet Banking dengan koefisien R sebesar 0,385 dan nilai t hitung sebesar 8,282 > t tabel 1,960 pada taraf signifikansi 5%. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pada Kecemasan Berkomputer terhadap Minat Menggunakan Internet Banking dengan koefisien R sebesar 0,615 dan nilai t hitung sebesar 8,353 > t tabel 1,960 pada taraf signifikansi 5%. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pada Kualitas Layanan terhadap Minat Menggunakan Internet Banking dengan koefisien R sebesar 0,268 dan nilai t hitung sebesar 8,489 > t tabel 1,960 pada taraf signifikansi 5%. (5) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pada Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Kualitas Layanan terhadap Minat Menggunakan Internet Banking. Tetapi terdapat pengaruh negatif pada Kecemasan Berkomputer nilai koefisien R sebesar 0,740 dan nilai F hitung sebesar 40,566 > nilai F tabel sebesar 2,670.
Kata kunci: Internet Banking, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Kecemasan Berkomputer, Kualitas Layanan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Nominal Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.