PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Rizkia Anggita Sari, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Perusahaan dalam mengembangkan diri harus tetapmemperhatikan aspek sosial (people) dan lingkungan(planet) di samping aspek ekonomi (profit). Perbedaankarakteristik tiap perusahaan menyebabkantanggung jawab sosial perusahaan berbeda-beda.Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruhkarakteristik perusahaan sebagai variabel independendengan menggunakan variabel tipe industri (profile),ukuran perusahaan (size), profitabilitas, leverage danpertumbuhan perusahaan (growth) terhadap CorporateSocial Responsibility Disclosure sebagai variabeldependen. Sampel perusahaan yang digunakan dalampenelitian ini sebanyak 48 sampel. Data yangdigunakan adalah data sekunder berupa laporantahunan (annual report) dan laporan keuangan(financial report) perusahaan manufaktur yang telahdipublikasikan. Teknik analisis data yang digunakanadalah regresi linear berganda dengan bantuan programSPSS 15. Hasil penelitian menunjukkan bahwahanya variabel profile, size dan profitabilitas yangberpengaruh signifikan terhadap Corporate SocialResponsibility Disclosure. Secara simultan variabelprofile, size, profitabilitas, leverage dan growth berpengaruhterhadap Corporate Social ResponsibilityDisclosure.Kata Kunci : Corporate Social Responsibility Disclosure,profile, size, profitabilitas, leverage, growth

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/nominal.v1i2.1002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rizkia Anggita Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Archive, Citation & Indexing:

   


 

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/nominal.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/nominal.