IDENTIFICATION OF FACTORS INHIBITING SWIMMING ACHIEVEMENT DEVELOPMENT
Sumaryanto Sumaryanto, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sumarjo Sumarjo, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Danny Eka Wahyu, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sunaryo Sunaryo, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penghambat perkembangan prestasi renang di DIY. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan metode yang digunakan adalah survei. Populasi yang digunakan adalah atlet PAB (Pembinaan Atlet Berbakat) DIY. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh atlet dengan jumlah 40 atlet. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket. Analisis data bersifat deskriptif dengan menghitung persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari kelima faktor penghambat perkembangan prestasi renang di DIY yang terdiri dari faktor organisasi, pelatih, atlet, lingkungan, sarana dan prasarana, secara umum jumlah total faktor penghambat perkembangan prestasi renang di DIY sebesar 27,49%. Secara rinci faktor sarana dan prasarana yang memiliki persentase hambatan terbesar yaitu 37,08%, diikuti oleh faktor organisasi dengan persentase 30,10%, faktor atlet 24,52%, faktor lingkungan 23,12% dan faktor pelatih sebagai faktor penghambat terkecil dengan persentase 22,60%.
Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengidentifikasi faktor penghambat prestasi olahraga renang di DIY. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan metode yang digunakan adalah survey. Populasi yang digunakan adalah atlet PAB (Pembinaan Atlet Berbakat) DIY. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling . Sampel pada penelitian ini adalah keseluruhan atlet dengan jumlah 40 atlet. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket. Analisis data dengan cara deskriptif dengan perhitungan presentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari kelima faktor penghambat prestasi olahraga renang di DIY yang terdiri dari faktor organisasi, pelatih, atlet, lingkungan, sarana dan prasarana, secara umum total faktor penghambat prestasi olahraga renang di DIY adalah sebesar 27,49%. Secara rinci faktor sarana dan prasarana yang memiliki persentase hambatan terbesar yaitu sebesar 37,08%, disusul faktor organisasi dengan persentase sebesar 30,10%, faktor atlet 24,52%, faktor lingkungan 23,12% dan faktor pelatih sebagai faktor penghambat terkecil dengan persentase 22,60%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Baker, J., Young, B. W., & Mann, D. (2017). Advances in athlete development: understanding conditions of and constraints on optimal practice. Current Opinion in Psychology, 16(16), 24–27. https://doi.org/10.1016/j.copsyc.2017.03.005
Br Nababan, M., Dewi, R., Akhmad, I., Pendidikan Olahraga, M., & Pascasarjana Pendidikan Olahraga, D. (2019). Analisis Pola Pembinaan Dan Pengembangan Olahraga Rekreasi Di Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia Sumatera Utara Tahun 2017. Jurnal Pedagogik Olahraga, 4(1), 38–55. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/article/view/11963
Davis, L., & Jowett, S. (2014). Coach-athlete attachment and the quality of the coach-athlete relationship: implications for athlete’s well-being. Journal of Sports Sciences, 32(15), 1454–1464. https://doi.org/10.1080/02640414.2014.898183
Dedy Yohanes, Indah Dewi Mulyani, & Dwi Harini. (2022). Analisis Dukungan Orang Tua, Minat Anak dan Pembinaan Pelatih terhadap Prestasi Atlet Renang Prsi Kabupaten Brebes (Studi Kasus pada Antasena Swimming Club Brebes). GEMILANG: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 2(4), 100–112. https://doi.org/10.56910/gemilang.v2i4.155
Dolbysheva, N. (2020). Fundamentals of long-term training systems in mind sports. Human Movement, 21(3), 1–20. https://doi.org/10.5114/hm.2020.91341
Gunadi, H. (2023). FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG PEMBELAJARAN RENANG GAYA BEBAS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMPN 1 PURWASARI. 12(2), 286–296.
Handayani, H., & Nurharsono, T. (2022). Penggunaan Sarana Prasarana untuk Meningkatkan Prestasi pada Atlet Bola Basket di Club Ranggajati Cirebon. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 3(1), 55–62. https://doi.org/10.15294/inapes.v3i1.54775
Hidayana, R. D., & Rumini. (2020). Pembinaan Prestasi Cabang Olahraga Atletik Kabupaten Pati. Indonesian Journal for Physical …, 1(2), 538–546. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/inapes/article/view/43101
Islamy, I. (2019). Penelitian Survei Dalam Pembelajaran Dan Pengajaran Bahasa Inggris. Japanese Society of Biofeedback Research, 19(August), 709–715.
Maidiana, M. (2021). Penelitian Survey. ALACRITY : Journal of Education, 1(2), 20–29. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.23
Narlan, A., Priana, A., & Gumilar, R. (2023). Pengaruh Dryland Swimming Workout Terhadap Peningkatan Vo2Max Dalam Olahraga Renang. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 7(1), 119–124. https://doi.org/10.37058/sport.v7i1.6665
Nichol, A. J., Hall, E. T., Hayes, P. R., & Vickery, W. (2019). Examining the Relationships Between Coaching Practice and Athlete “Outcomes”: A Systematic Review and Critical Realist Critique. International Sport Coaching Journal, 6(1), 13–29. https://doi.org/10.1123/iscj.2017-0105
Nugroho, W. A. (2017). Pembinaan Prestasi Olahraga Sepakbola Di Pusat Pendidikan Dan Latihan Putra Batang. JUARA : Jurnal Olahraga, 2(2), 162. https://doi.org/10.33222/juara.v2i2.43
Oguntuase, S. B., & Sun, Y. (2022). Effects of mindfulness training on resilience, self-confidence and emotion regulation of elite football players: The mediating role of locus of control. Asian Journal of Sport and Exercise Psychology, 2(3), 198–205. https://doi.org/10.1016/j.ajsep.2022.08.003
Purbaningrum, A., & Wulandari, F. Y. (2021). Peran Pelatih Dalam Membentuk Karakter Atlet Atletik TPC-t Kota Kediri untuk Menunjang Prestasi. E-Journal Universitas Negeri Surabaya, 151–157. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-prestasi-olahraga/article/view/42182
Rodríguez Macías, M., Giménez Fuentes-Guerra, F. J., & Abad Robles, M. T. (2022). The Sport Training Process of Para-Athletes: A Systematic Review. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(12). https://doi.org/10.3390/ijerph19127242
Skoric, S. (2018). Characteristics of Sport Managers and Challenges. In 9th International Conference “An Enterprise Odyssey: Managing Change to Achieve Quality Development, April, 497–503.
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.17933/diakom.v1i2.20
DOI: https://doi.org/10.21831/medikora.v23i2.72674
Refbacks
Copyright (c) 2024 Yanuar Rachman Sadewa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
In Collaboration with: