PENGARUH TINGKAT KUALITAS PELAYANAN FITNESS CENTER HEALTH AND SPORT CENTER (HSC) UNY TERHADAP KEPUASAN MEMBER

Nisrina Aulia Salsabila, Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Prijo Sudibjo, Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Yulvia Miftachurochmah, Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Vokasi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat kualitas pelayanan Fitness Center HSC UNY terhadap kepuasan member. Kualitas layanan didasarkan pada dimensi kehandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), keyakinan atau jaminan (assurance), perhatian (empathy), dan tampilan fisik atau berwujud (tangibles). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah member Fitness Center HSC UNY yang berjumlah 154 orang. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling, dengan kriteria (1) pernah fitness di HSC UNY minimal 1 kali, (2) bersedia menjadi sampel, (3) mengembalikan angket yang telah diberikan peneliti. Berdasarkan kriteria tersebut yang memenuhi berjumlah 97 orang. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan kehandalan Fitness Center HSC terhadap tingkat kepuasan member, dengan nilai p < 0,05 dan sumbangan sebesar 32,64%. (2) Ada pengaruh yang signifikan ketanggapan Fitness Center HSC terhadap tingkat kepuasan member, dengan nilai p < 0,05 dan sumbangan sebesar 14,93%. (3) Ada pengaruh yang signifikan keyakinan Fitness Center HSC terhadap tingkat kepuasan member, dengan nilai p < 0,05 dan sumbangan sebesar 15,63%. (4) Ada pengaruh yang signifikan kehandalan Fitness Center HSC terhadap tingkat kepuasan member, dengan nilai p < 0,05 dan sumbangan sebesar 10,60%. (5) Ada pengaruh yang signifikan tampilan fisik Fitness Center HSC terhadap tingkat kepuasan member, dengan nilai p < 0,05 dan sumbangan sebesar 9,91%. (6) Ada pengaruh yang signifikan kualitas layanan Fitness Center HSC terhadap tingkat kepuasan member, dengan nilai p < 0,05 dan sumbangan sebesar 66,70%.

 

EFFECT OF THE LEVEL OF SERVICE QUALITY OF FITNESS CENTER HEALTH AND SPORT CENTER (HSC) UNY TOWARDS THE MEMBERS’ SATISFACTION

 

Abstract

This research aims to determine the effect of the level of the service quality of the UNY HSC Fitness Center towards the members’ satisfaction. Service quality is based on the dimensions of reliability, responsiveness, assurance, empathy, and physical appearance or tangibles. The type of research was the quantitative study with an ex post facto approach. The research population was 154 members of the HSC UNY Fitness Center. The sampling technique used the purposive sampling, with the criteria: (1) had done the exercise at HSC UNY at least 1 time, (2) were willing to be a sample, (3) returned the questionnaire that the researcher had given. Based on these criteria, there were 97 people who fulfilled it. The research instrument was a questionnaire. The data analysis technique used multiple regression analysis. The results show that (1) there is a significant effect of the reliability of the HSC Fitness Center towards the level of members’ satisfaction, with a p value < 0.05 and a contribution of 32.64%. (2) There is a significant effect of the responsiveness of the HSC Fitness Center on the level of members’ satisfaction, with a p value < 0.05 and a contribution of 14.93%. (3) There is a significant effect of HSC Fitness Center beliefs on the level of member satisfaction, with a p value < 0.05 and a contribution of 15.63%. (4) There is a significant effect of the reliability of the HSC Fitness Center on the level of member satisfaction, with a p value < 0.05 and a contribution of 10.60%. (5) There is a significant effect of the physical appearance of the HSC Fitness Center towards the level of member satisfaction, with a p value < 0.05 and a contribution of 9.91%. (6) There is a significant effect of the service quality of HSC Fitness Center towards the level of members’ satisfaction, with a p value < 0.05 and a contribution of 66.70%.


Keywords


service quality, member satisfaction, HSC UNY

Full Text:

PDF

References


Alifputri, K., & Pramono, R. (2021). Pengaruh brand credibility terhadap word of mouth melalui customer satisfaction dan customer loyalty. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(3), 742-752.

Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: PT Bina Aksara.

Aryamti, A. S., & Suyanto, A. M. A. (2019). Analisis kualitas produk, kualitas pelayanan dan citra merek pada kepuasan pelanggan klinik kecantikan dan pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan. eProceedings of Management, 6(1).

Azwar, S. (2018). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cynthia, G., Sitinjak, R. H. I., & Suryanata, L. (2018). Implementasi konsep “women oriented” pada perancangan interior fitness center khusus perempuan di Surabaya. Intra, 6(2), 563-571.

Daeli, A. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada UD. Sukaria Makmur di Teluk Dalam. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 4(1).

Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2020). Analisa pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan ovo pada masa physical distancing. ASSET: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1).

Faizal, H., & Nurjanah, S. (2019). Pengaruh persepsi kualitas dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan dengan kepercayaan pelanggan dan kepuasan pelanggan sebagai variabel antara. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(2), 307-316.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamzah, S., & Baan, A. B. (2021). Persepsi member fitness terhadap program latihan kebugaran di Thor Gym Palu. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 9(2), 80-90.

Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiwaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. Wonosari: CV. Pustaka Ilmu.

Hulasoh, E., & Fadillah, F. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan member Celebrity Fitness Cabang Lotte Mall, Bintaro, Tangerang Selatan. Jurnal Arastirma, 2(2), 171-179.

Kristi, P. D., & Nasrullah, A. (2014). Efektivitas pemanfaatan sarana dan prasaranalatihan beban di Fitness Center Gor Eban Di Fitness Center Gor. Medikora, (1).

Kurnianto, A. N., & Rismayanthi, C. (2015). Kesiapan profesi personal trainer dalam penyusunan program latihan dan jasa layanan yang diberikan pada members fitness di Yogyakarta. Medikora, 14(1).

Lestari, A., & Nasrulloh, A. (2018). Efektivitas latihan body weight training dengan dan tanpa menggunakan resistance band terhadap penurunan berat badan dan persentase lemak. MEDIKORA, 17(2), 91-101.

Liangto, T. P., Haidar, K., & Piar, C. S. (2021, December). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Wong Club Fitnes di Samarinda tahun 2020. In Educational Studies: Conference Series (Vol. 1, No. 2).

Marsudi, I., Amir, N., & Amiruddin, A. (2020). Pendataan alat fitness pada gym Kota Banda Aceh. Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, 6(1).

Martono, M. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan jasa terhadap kepuasan pengguna kolam renang Universitas Negeri Yogyakarta Kampus Wates. MEDIKORA, 18(1), 27-32.

Mekel, V. R., Moniharapon, S., & Tampenawas, J. L. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen pada perusahaan transportasi gojek Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 1285-1294.

Meutia, R., & Andiny, P. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi terhadap kepuasan pasien Puskesmas Langsa Lama. Niagawan, 8(2), 121-130.

Musrifin, A. Y., Subagio, S., WK, D. W. C., Yundarwati, S., Bausad, A. A., Marzuki, I., & Akhmad, N. (2020). Praktik masase dan konsultasi kesehatan pada Car Freeday Kota Mataram. Abdi Masyarakat, 2(1).

Muzayyin, M. U., & Fithroni, H. (2019). Analisis hubungan kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap kepuasan members di Fit N Shape Workout Center Surabaya. Jurnal Kesehatan Olahraga, 7(2).

Nafisa, J., & Sukresna, I. M. (2018). Analisis pengaruh kualitas layanan, harapan kinerja dan citra perusahaan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening (Studi pada Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang). Diponegoro Journal of Management, 7(4), 78-104.

Nasrulloh, A., Prasetyo, Y., & Apriyanto, K.D. (2018). Dasar-dasar latihan beban. Yogyakarta: UNY Pres.

Pradana, M. B. V., Wahab, Z., Widad, A., & Gunarto, M. (2019). Studi kepuasan dan loyalitas nasabah melalui kualitas layanan dan citra Bank Sumsel Babel. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(2), 206-219.

Prihartanta, H. (2015). Pengaruh latihan beban dengan metode pyramid system terhadap peningkatan massa otot member fitness Cakra Sport Center. Medikora, 14(1), 153143.

Purwanto, P., & Nasrulloh, A. (2017). Efektivitas latihan beban dengan metode circuit weight training dengan super set terhadap penurunan berat badan dan prosentase lemak. MEDIKORA, 16(1).

Robustin, T. P. (2016). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan member Dewa Ruci Gym di Kabupaten Jember. UNEJ e-Proceeding, 33-51.

Rosalia, K. J., & Purnawati, N. K. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien RSU Surya Husadha di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(5), 2442-2469.

Saputra, M. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan citra perusahaan terhadap kepuasan member D’oksigen Clasik Fitnes di Kota Padang. Jurnal Ecogen, 1(4), 955-966.

Sari, S., & Ratnawili, R. (2021). The effect of service quality and customers’ satisfaction toward loyalty of customers at Cafe Bro & Sis Bengkulu City. Journal of Indonesian Management (JIM), 1(3), 347-354.

Sholiha, E. (2022). Analisis kualitas pelayanan dan pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan. Journal of Management and Bussines (JOMB), 4(1), 424-434.

Sidik, A. M. (2015). Sikap member fitness center Gor Fik Uny terhadap program-program latihan kebugaran. Medikora, 14(1).

Sugiyono. (2018). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kulitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susnita, T. A. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada hotel Libra kadipaten Kabupaten Majalengka. Juripol (Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Medan), 3(1), 73-84.

Verawaty, V., Saeni, N., Singkeruang, A. W. T. F., Kausar, A., & Mattarima, M. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. YUME: Journal of Management, 5(2), 238-253.

Wibowo, S., & Muflihah, N. (2022). Analisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan menggunakan metode servqual di Sanjaya Fitnes Jombang. Jurnal Penelitian Bidang Inovasi & Pengelolaan Industri, 1(2), 61-68.

Yuniana, R., & Nasrulloh, A. (2019). Tingkat kepuasan members terhadap strategi pemasaran di lembah fitness centre Universitas Gajah Mada. MEDIKORA, 18(1), 40-48.




DOI: https://doi.org/10.21831/majora.v29i2.66527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 MAJORA: Majalah Ilmiah Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Creative Commons License
MAJORA: Majalah Ilmiah Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



View My Stats