PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS KOMPUTER UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK BAGI SISWA SMA KELAS X

Authors

  • Septin Choirunnisa Politeknik Seni Yogyakarta
  • Haryadi Haryadi Linguistik Terapan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/lt.v2i2.7382

Keywords:

media pembelajaran bahasa Inggris berbasis komputer, listening

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengembangkan media pembelajaran bahasa Inggris berbasis komputer untuk keterampilan menyimak yang sesuai bagi siswa SMA kelas X dan (2) mengukur kualitas media pembelajaran hasil pengembangan tersebut ditinjau dari aspek materi, pembelajaran, dan media. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R & D) dengan mengadaptasi model dan prosedur pengembangan dari Borg & Gall, desain pembelajaran dari Dick & Carey dan prosedur pengembangan software dari Criswell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas media pembelajaran ditinjau dari aspek materi dinilai baik dengan rata-rata skor sebesar 4,20 ditinjau dari aspek pembelajaran dinilai sangat baik dengan rata-rata skor sebesar 4,28; dan ditinjau dari aspek media dinilai baik dengan rata-rata skor 4,10. Secara keseluruhan, kualitas media pembelajaran yang dikembangkan dinilai baik dengan rata-rata skor sebesar 4,19.

Kata kunci: media pembelajaran bahasa Inggris berbasis komputer, listening

 

DEVELOPING COMPUTER-BASED ENGLISH INSTRUCTIONAL MEDIA FOR LISTENING SKILL AT YEAR-10 OF SENIOR HIGH SCHOOL

Abstract

This study aims: (1) to develop computer-based English instructional media for listening skill appropriate for at year-10 students of senior high school and (2) to measure the quality of the developed instructional media in terms of the content, instructional and media aspects.This study was categorized as research and development (R & D). The procedure and  the model of R & D cycle used in this study was adapted from Borg & Gall, the instructional design from Dick & Carey and software development procedure from Criswell. The result of the study shows that the quality of instructional media for in terms of the  content aspect, it is categorized good with the mean score of 4.20; in terms of the instructional aspect, it is categorized very good with the mean score of 4.28; and in terms of the media aspect, it is categorized good with the mean score of 4.10. In terms of those three aspetcs, the developed instructional media are categorized good with the mean score of 4.19.

Keywords: computer-based  English instructional media, listening.

Author Biographies

Septin Choirunnisa, Politeknik Seni Yogyakarta

Dilahirkan di Sleman pada tanggal 3 September 1987. Menamatkan jenjang strata 1 di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FBS UNY pada tahun 2010, dan jenjang strata dua di prodi Linguistik Terapan PPs UNY pada tahun 2013. Bekerja di Politeknik Seni Yogyakarta.

Haryadi Haryadi, Linguistik Terapan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta

Guru besar prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Dilahirkan pada tanggal 12 Agustus 1946. Beliau aktif mengajar di PPs Universitas Negeri Yogyakarta, dengan keahlian Ilmu Pendidikan Sastra Indonesia. Pendidikan S-1 diselesaikan pada tahun 1977 di FKSS IKIP Yogyakarta, program S-2 selesai tahun 1993 di IKIP Jakarta, dan Program Doktor pada tahun 2002 dari Universitas Negeri Jakarta.

References

Arsyad, A. (2010). Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Borg, W.R., Gall, M. D., Gall, J. P. (1983). Educational reseach: An introduction. Boston: Pearson Education, Inc.

Brown, H. D. (2001). Teaching by principles: An interactive approach to language pedagogy. New York: Longman Incorporation.

Dick ,W., Carey, L.& Carey,J.O. (2005). The systematic design of instruction (6th Edition). Boston: Pearson.

Feez, S., & Joyce, H. (2002). Text-based syllabus design. Cambrige: Cambridge University Press.

Lee, W. W. & Owens, D. L. (2004). Multimedia based-intructional design: computer-based training, web-based training, distance broadcast training, performance-based solutions-2nd ed. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Newby, T.J., et al. (2011). Educational technology for teaching and learning (fourth edition). Boston: Pearson Education, Inc.

Pujiriyanto. (2005). Desain grafis komputer. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Puspito, H. A. (2010). Having fun with adobe flash CS4 professional.Yogyakarta: Scripta Media Creative.

Situmorang, S. H. (2010). Analisis data: untuk riset manajemen dan bisnis. Medan: USU Press.

Sukardjo. (2008). Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2015-10-05

How to Cite

[1]
Choirunnisa, S. and Haryadi, H. 2015. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS KOMPUTER UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK BAGI SISWA SMA KELAS X. LingTera. 2, 2 (Oct. 2015), 208–221. DOI:https://doi.org/10.21831/lt.v2i2.7382.

Issue

Section

Articles