Analisis penggunaan deiksis pada buku bahasa inggris kelas X Kurikulum 2013

Nurdini Nurdini, MTs Ishlahul Amanah-Pangalengan, Bandung Selatan, Indonesia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan penggunaan deiksis pada teks yang terdapat di buku Bahasa Inggris SMA/MA, Kelas X. Lebih spesifiknya, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan jenis dan makna deiksis serta mendeskripsikan arah acuan deiksis pada kata dan frase dalam teks di buku tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu mendeskripsikan jenis-jenis deiksis serta maknanya yang terdapat pada sumber penelitian. Sumber penelitian adalah teks-teks yang berupa materi ajar pada buku bahasa Inggris SMA/MA kelas X kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh pusat kurikulum dan perbukuan-Kemendikbud. Penelitian ini menghasilkan lima temuan. Pertama, tuturan yang terdapat pada teks dalam buku bahasa Inggris SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengandung deiksis tiga jenis deiksis yaitu: (a) deiksis persona, (b) deiksis tempat, dan (c) deiksis waktu. Kedua, deiksis persona yang digunakan berbentuk pronomina persona tunggal atau jamak, dan bermakna subjek, objek, atau kepunyaan. Ketiga, deiksis tempat menggunakan kata keterangan tempat dan kata penunjukkan/demonstrativa. Keempat, deiksis waktu menggunakan keterangan waktu sekarang, waktu lampau, dan waktu yang akan datang. Kelima, posisi kata atau frase yang mengandung deiksis dalam tuturan, menentukan arah acuan anafora atau katafora.

 

An analysis on the use of deixis in the text English book for tenth grade
Curriculum 2013

 

Abstract

This research aims to describe the use of deixis in the text of English book for tenth grade curriculum 2013. Further this research aims to explain deixis’ types, deixis’ function, and deixis direction based on its reference. This research employs a descriptive qualitative method in which the subject is the text in English book for Tenth Grade curriculum 2013.The research reveals five findings. First, utterances occured in the text consist three types of deixis, those are (a) person deixis, (b) spatial deixis, and (c) time deixis. Second, person deixis occured in the form of singular or plural pronoun, and it has a function as subject, object, or possessive pronoun. Third, spatial deixis occured in the form of adverb of place and demonstrative. Fourth, time deixis occured using adverb of time which describes present, past, and future form. Fifth, the position of deictic word or phrase in the sentences implies its direction in the utterance, whether it’s anaphora or cataphora.


Keywords


deixis; text; utterance

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Arikunto, S. (2009). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Bina aksara.

Cairn, B. (1991). Spatial deixis. The use of spatial deixis co-ordinates in spoken language. Papers. Lund University. Dept. of Linguistics.

Kemendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 71 tahun 2013 tentang Buku Teks Pelajaran dan Panduan Guru untuk Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Levinson, S,C. (2003). Pragmatics. Cambridge: Cambridge University Press.

Moleong, L.J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rahayu, S. (2012). Analisis materi membaca dalam buku sekolah elektronik (BSE) bahasa Indonesia kelas VII berbasis pendekatan kontekstual. Tesis, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sukmadinata, N.S. (2012). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Tarigan, H.G. (1993). Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa.

Yekta, R.R. & Kassaian, Z. (2004). Flexibility, the influence of centrifugal force of deixis on transferability of learning. Journal of language teaching and research. Vol. 2. No. 2

Yule, G. (2005). Pragmatics. Oxford: Oxford University Press.




DOI: https://doi.org/10.21831/lt.v4i2.5589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Nurdini Nurdini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our Journal indexed by:

     


 Creative Commons License
LingTera is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/ljtp.

View My Stats