Multimedia interaktif pembelajaran Bahasa Inggris materi “Expressions” pada siswa sekolah menengah pertama
Wahyu Nugroho, Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakart
Ulul Azmi, Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa multimedia interakif pembelajaran bahasa Inggris materi Expressions pada siswa kelas VIII SMP Ali Maksum Yogyakarta dan mengetahui keefektifan produk multimedia interaktif dalam pembelajaran. Penelitian dan pengembangan (research and development) merupakan jenis penelitian yang berorientasi pada produk. Model yang digunakan oleh peneliti dalam pengembangan ini adalah model pengembangan Borg dan Gall. Model ini memiliki 10 tahapan pengembangan. Kesepuluh tahap tersebut sebagai berikut. (1) research and information collecting. (2) Planning. (3) developing preliminary form of product. (4) Preliminary field testing. (5) Main product revision. (6) main field testing. (7) operational product revision. (8) operational field testing. (9) final product revision. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penilaian siswa serta peningkatan pemahaman materi expressions pada siswa maka multimedia interaktif ini layak dan sesuai digunakan dalam pembelajaran di kelas. Validasi materi mendapat skor 4,2 dengan kategori baik, validasi media mendapat skor 4,4 dengan kategori sangat baik. Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara yang menggunakan multimedia interaktif dengan yang tidak menggunakan multimedia interaktif.
Developing English material “expressions” junior highschool students
Abstract
This research aims to produce a product in the form of interactive multimedia English learning material “Expressions” in eighth grade students of Ali Maksum Middle School Yogyakarta. Research and development (research and development) is a type of product-oriented research. The model used by researchers in this development was the Borg and Gall development model. This model has 10 stages of development. The ten stages are as follows. (1) Research and information collecting). (2) Planning. (3) Developing preliminary form of product. (4) Preliminary field testing. (5) Main product revision. (6) Main field testing. (7) operational product revision. (8) Operational field testing. (9) Final product revision. (10) Dissemination and application (desimination and implementation). The subjects of the trials were students of class VIII Ali Maksum Yogyakarta Yogyakarta.The results of the study showed that student assessments and understanding of expressions material were increased. Furthermore, this interactive multimedia is feasible and suitable for use in classroom learning
Keywords
Full Text:
Fulltext PDFReferences
Baharuddin, H. (2007). Psikologi pendidikan: Refleksi teoritis terhadap fenomena. Ar-Ruzz Media.
Choirunnisa, S., & Haryadi, H. (2015). Pengembangan media pembelajaran bahasa inggris berbasis komputer untuk keterampilan menyimak bagi siswa SMA kelas X. LingTera, 2(2), 208. https://doi.org/10.21831/lt.v2i2.7382
Devianty, R. (2017). Peran bahasa Indonesia dan bahasa Daerah dalam pendidikan karakter. Ijtimaiyah: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 79–101.
Fanrianti, L., Hasyim, A., & Suparman, U. (2015). Pengembangan media pembelajaran bahasa Inggris berbantuan komputer menggunakan instructional games. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan (Old), 3(4). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JT/article/view/9175
Gall, M. D., Gall, J. P., Borg, W. R. D., & Gall, J. P. (2003). Educational research: An introduction (7th ed.). Pearson Education Inc.
Hadi, R. (2007). Dari teacher-centered learning ke student-centered learning: Perubahan metode pembelajaran di perguruan tinggi. Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan, INSANIA, 12(3), 408–419.
Hidayat, R., & Nurhayati, E. (2014). Pengembangan program multimedia untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas VII SMP di Banjarbaru. LingTera, 1(1), 76–85. https://doi.org/10.21831/lt.v1i1.2471
Insani, N. H., & Mulyana, M. (2019). Pengembangan kamus bahasa Jawa digital berbasis android. LingTera, 6(1), 17–29. https://doi.org/10.21831/lt.v6i1.24435
Kurniawati, I. D., & Nita, S. (2018). Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. DOUBLECLICK: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540
Maesaroh, N. (2018). Strategi komunikasi dalam sosialisasi perencanaan pembangunan kota melalui Bandung Planning Gallery. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Bisnis, 3(2), 112–118. http://jurnal.stiks-tarakanita.ac.id/index.php/JIK/article/view/167
Musfiqon, H. M. (2012). Pengembangan media dan sumber pembelajaran. PT. Prestasi Pustakaraya.
Nadiroh, U. (2019). Pengaruh permainan telepon kaleng terhadap kemampuan berbicara anak kelompok B RA Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. IAIN Tulungagung.
Nopriyanti, N., & Sudira, P. (2015). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif kompetensi dasar pemasangan sistem penerangan dan wiring kelistrikan di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(2). https://doi.org/10.21831/jpv.v5i2.6416
Nugroho, T. A. T., & Surjono, H. D. (2018). The effectiveness of mobile-based interactive learning multimedia in science process skills The effectiveness of mobile-based interactive learning multimedia in science process skills. Journal of Physics: Conference Series, 1157(2), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/2/022024
Nugroho, W., Pratiwi, F., & Anshari, M. Z. (2018). Implementasi Trilogi Ki Hadjar Dewantara di SD Taman Muda Jetis Yogyakarta. Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 10(1), 41–54. https://doi.org/https://doi.org/10.31603/edukasi.v10i1.2031
Nurwijayanti, N. (2017). Hubungan perkembangan bahasa dan status gizi anak di wilayah kerja puskesmas wilayah selatan Kota Kediri. Care: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 4(2), 11–21.
Pravitasari, S. G., & Yulianto, M. L. (2017). Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Studi Kasus Di SDN 3 Tarubasan Klaten. Profesi Pendidikan Dasar, 4(1), 42–53.
Riana, E., & Gafur, A. (2015). Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran bahasa Inggris materi teks deskriptif untuk siswa SMP/MTs. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(2), 212–224. https://doi.org/10.21831/tp.v2i2.7611
Rohmadi, M. (2004). Karakteristik bahasa penyiar Radio JPI FM Solo. Jurnal Humaniora, 16(2), 211–222. https://doi.org/10.22146/jh.820
Rukiati, E., & Susanti, N. (2016). Pengembangan media pembelajaran bahasa Inggris di Madrasah Aliyah Annuriyah Jember. J-Dinamika, 1(1). https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v1i1.131
Santrock, J. W. (2008). Psikologi pendidikan (Tri Wibowo). Kencana. https://doi.org/2008
Saragih, A. M., Rambe, A. N., & Hutagalung, D. Y. (2017). Paradigmatic relation in Mangupa text of Batak Mandailing wedding ceremony. International Seminar and Annual Meeting 2017 BKS PTN Wilayah Barat.
Siregar, N. H. O., Adisaputera, A., & Saragih, A. (2019). Development of interactive multimedia in learning to read genre text with local wisdom for students Junior High School Silangkitang. 4th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2019).
Tarigan, H. G. (1990). Pengajaran: Kompetensi bahasa. Penerbit Angkasa.
Vaughan, T. (2006). Multimedia: Making it work. Tata McGraw-Hill Education.
Wahyuni, S. (2014). Pengembangan interactive e-book bidang asesmen bahasa untuk mengembangkan kompetensi dan kemandirian mahasiswa program pendidikan bahasa. LITERA, 13(1). https://doi.org/10.21831/ltr.v13i1.1908
DOI: https://doi.org/10.21831/lt.v6i2.28189
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Tyas Gita Atibrata, Wahyu Nugroho, Ulul Azmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our Journal indexed by:
LingTera is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/ljtp.