Analisis ketidakefektifan kalimat dalam karangan siswa hasil pembelajaran menulis petunjuk di SMP 3 Kedungwuni

Muhammad Imron Ardian, SMP 3 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud kalimat tidak efektif dalam karangan siswa yang meliputi ketidaktepatan struktur, ketidaktepatan diksi, ketidakhematan kalimat, ketidaktepatan penggunaan ejaan, serta mengetahui faktor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyusun kalimat efektif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah karangan siswa hasil pembelajaran menulis petunjuk di kelas VIII SMP 3 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca dan catat, angket, dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) wujud kalimat tidak efektif karena ketidaktepatan struktur meliputi subjek yang tidak dieksplisitkan sebanyak 39, objek yang tidak dieksplisitkan 35, unsur kalimat yang tidak lengkap 28, dan susunan kalimat yang tidak cermat 5; (2) wujud kalimat tidak efektif karena ketidaktepatan diksi meliputi diksi yang tidak cermat sebanyak 52 dan diksi yang tidak baku 17; (3) wujud kalimat tidak efektif karena ketidakhematan kalimat meliputi penggunaan unsur yang tidak perlu sebanyak 62, pengulangan unsur yang tidak perlu 18, dan penguraian yang tidak perlu 19; (4) wujud kalimat tidak efektif karena ketidaktepatan penggunaan ejaan meliputi ketidaktepatan penggunaan huruf kapital sebanyak 183, penulisan kata 163, tanda titik 301, tanda koma 93, dan tanda hubung 4; dan (5) faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyusun kalimat efektif adalah kurangnya pemahaman siswa terhadap kaidah penyusunan kalimat efektif, proses pelaksanaan pembelajaran yang belum sesuai dengan tujuan, dan pengaruh bahasa pertama siswa terhadap penggunaan bahasa Indonesia.

 

An analysis of sentence ineffectiveness in the essays of writing learning outcomes of the students of Junior High School 3 Kedungwuni

 

Abstract

This study aims to describe the form of ineffective sentences in the students’ essays which included structure inaccuracies, the inaccurate choice of diction, inefficiency, the inappropriateness in spelling and factors that cause the students to make the mistakes in writing effective sentence. This research is qualitative descriptive. The subjects were the essays of writing instructions learning outcomes of the eighth grade students of Junior High School 3 Kedungwuni. The data were collected using reading and writing techniques, questionnaire and interview. The results are as follows. The forms of the ineffective sentences due to structure inaccuracies are sentences without subject (39 sentences), sentences without object (35), incomplete element sentences (28), and incorrect sentences (5). The forms of the ineffective sentences due to inaccurate choice of diction are inaccurate diction (52 items) and non-standard diction (17). The forms of the ineffective sentences due to inefficiency are the use of unnecessary elements (62 items), the repetition of unnecessary elements (18), and unnecessary decomposition (19). The forms of the ineffective sentences due to the inappropriateness in spelling are incorrect capitalization (183 items), misspelling (163), wrong use of periods (301), wrong use of comma (93), and wrong use of hyphens (4). The factors that cause the students to make the mistakes in writing ineffective sentences include the students' lack of understanding of the rules in writing effective sentences, the teaching processes not in accordance with purpose, and the influence of students’ first language on the use of Indonesian. The implication of this research is that the teacher makes such an effort to make a teaching strategy which is more appropriate in the teaching of writing that the mistakes can be reduced.


Keywords


menulis petunjuk; kalimat efektif; faktor penyebab ketidakefektifan kalimat; writing instructions; effective sentences; causes of ineffectiveness sentences

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Akhadiah, S., Arsjad, M. G. & Ridwan, S. H. (2004). Pembinaan kemampuan menulis bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Alwi, H., et al. (2001). Kamus besar bahasa Indonesia (edisi ketiga). Jakarta: Balai Pustaka.

Alwi, H., et al.. (2003). Tata bahasa baku bahasa Indonesia (edisi ketiga). Jakarta: Balai pustaka

Brown, H. D. (2000). Principles of language learning and teaching (4rd ed.). New York: Addison Wesley Longman Inc.

Depdiknas. (2004). Materi pelatihan terintegrasi bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.

Ellis, R. (1998). Second language acquisition. New York: Oxford University Press.

James, C. (1998). Errors in language learning and use exploring errors analysis. London: Longman Limited.

Putrayasa, I. B. (2009). Jenis kalimat dalam bahasa Indonesia. Bandung: PT Refika Aditama.

Putrayasa, I. B. (2010). Kalimat efektif (diksi, struktur, dan logika). Bandung: PT Refika Aditama.

Setyawati, N. (2010). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia: teori dan praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tarigan, H. G. (2009). Pengajaran remidi bahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.21831/lt.v4i2.13633

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Muhammad Imron Ardian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our Journal indexed by:

     


 Creative Commons License
LingTera is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/ljtp.

View My Stats