Pembelajaran bahasa Inggris for specific purposes
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan profil STM Negeri Dili Timor Leste, guru bahasa Inggris, dan pihak-pihak yang terkait dengan pembelajaran bahasa Inggris; dan proses pembelajaran bahasa Inggris for specific purposes. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru-guru bahasa Inggris, siswa/i kelas XI dan XII STM Negeri Dili serta dua orang penanggungjawab kurikulum dari Kementerian Pendidikan Timor Leste. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Analisis data dengan klasifikasi data, transkripsi, verifikasi, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Inggrisfor specific purposes tidak didukung oleh (1) kemampuan sumber daya manusia dan kreativitas guru; (2) perangkat pembelajaran; (3) pelatihan bagi guru bahasa Inggris yang relevan; (4) peningkatan kesejahteraan dan kinerja; (5) budaya dan lingkungan dalam proses pembelajaran siswa.
The learning of English for specific purposes
Abstract
This study aims to reveal the profiles of STM Negeri Dili, Timor Leste, English teachers, and parties related to the English learning; and the English learning process for Specific Purposes. The study employed the qualitative descriptive method. The research subjects were English teachers, male and female students of Grades XI and XII of STM Negeri Dili, Timor Leste, and two people in charge of curriculum the Ministry of Education of Timor Leste. The data were collected by interview, observation, documentation, and a questionnaire. The data analysis through data classification, transcription, verification and conclusion drawing. The results of the study show that the learning of English for Specific Purposes is not supported by (1) the human resources’ competencies, teachers’ creativity; (2) learning kits; (3), the training for English teachers is relevant; (4) improvement of welfare and performance; (5) culture and environment in students’ learning.
Keywords
Full Text:
FULLTEXT PDFReferences
Eko M, A. A. (2016). Pengembangan bahan ajar bahasa Inggris berbasis kompetensi kerja untuk mempersiapkan peserta didik menempuh on the job trining di bagian front office hotel (Studi pengembangan di International Hotel Management School). Dissertation, Universitas Sebelas Maret).
Harianti, R., & Amin, S. (2016). Pola asuh orangtua dan lingkungan pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 1(2).
Islam, S. (2017). Karakteristik pendidikan karakter; menjawab tantangan multidimensional melalui implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Edureligia, 1(2), 89-100.
Nirmalasari, M. (2011). Pengembangan model memorization learning dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada pelajaran kimia SMA. Wahana Fisika, 2, 178-190.
Purwanti, S. (2016). Peranan kepala madrasah terhadap kinerja guru. AL-IDARAH: Jurnal Kependidikan Islam, 6(1).
República Democrática de Timor-Leste. (2010). Decreto-Lei 8/2010. Que aprova o plano curricular, regime de implementação e modelo de certificação, organização e avaliação das escolas secundárias técnico-vocacionais. Dili: Timor Leste.
Sanjaya, W. (2011). Pembelajaran dalam implementasi kurikulum berbasis kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian kombinasi (Mixed methods). Bandung: Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.21831/lt.v5i2.10700
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Aniceto Jordao de Araujo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our Journal indexed by:
LingTera is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/ljtp.