Evaluasi Program Diklat Pemberdayaan Masyarakat di Politeknik Penerbangan Makassar
Petrus P Roreng, Universitas Kristen Indonesia Paulus, Indonesia
Atus Buku, Universitas Kristen Indonesia Paulus, Indonesia
Abstract
Artikel bertujuan mengevalausi context, input, process, dan product program Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Tahun 2023 di Politeknik Penerbangan Makassar. Artikel menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Tahapan analsis data: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Proses validasi menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian adalah: (1) evaluasi context menunjukkan program DPM mampu mengakomodir kebutuhan masyarakat serta perumusan tujuan program dilaksanakan dengan baik; (2) evaluasi input menunjukkan SDM, metode, fasilitas, kurikulum, dan pembiayaan disusun dan direncanakan berdasarkan tujuan program sehingga mampu mendukung tercapainya tujuan; (3) evaluasi prosess menunjukkan kesesuaian implementasi program dengan rencana, kemampuan SDM instruktur memiliki kompetensi yang baik untuk transfer pengetahuan dan keterampilan, serta metode yang digunakan menyesuaikan dengan materi, dan (4) evaluasi product menunjukkan tujuan program tercapai dengan baik serta dampak positif berupa peningkatan kepercayaan diri yang ditunjukkan oleh lulusan.
Kata Kunci: evaluasi, program, pemberdayaan masyarakat.
Evaluation of the Community Empowerment Training Program at Makassar Aviation Polytechnic
Abstract
The article aims to evaluate the context, input, process, and product of the 2023 Community Empowerment Training (DPM) program at Makassar Aviation Polytechnic. The article uses a qualitative approach with a type of evaluation. Data collection techniques use interviews, observation, and document study—data analysis stages: data collection, condensation, data presentation, and concluding/verification. The validation process uses triangulation of techniques and sources. The results of the research are: (1) context evaluation shows that the DPM program can accommodate community needs and the formulation of program objectives is implemented well; (2) input evaluation shows that human resources, methods, facilities, curriculum, and financing are prepared and planned based on program objectives so that they can support the achievement of objectives; (3) process evaluation shows the suitability of the program implementation with the plan, the ability of instructor human resources to have good competence for transferring knowledge and skills, and the methods used adapt to the material, and (4) product evaluation shows that the program objectives are achieved well and have a positive impact in the form of improvement. self-confidence demonstrated by graduates.
Keywords: evaluation, program, community empowerment.
Keywords
References
Christiani, Y. (2018). Penerapan Model CIPP dalam Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(1).
Dewi, R. K. (2020). Karakteristik Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Kearifan Lokal Dalam Berkelanjutan Pengembangan Kawasan Agrowisata Air Terjun Sekumpul Desa Sekumpul Kabupaten Buleleng. Artha Satya Dharma, 13(1), 52-58.
Doyok, R. (2021). Model evaluasi CIPP dalam mengevaluasi program tahfiz selama daring di SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 7(3), 73-82.
Elisa, E. (2018). Pengertian, peranan, dan fungsi kurikulum. Jurnal Curere, 1(02).
Elis, R., & Santika, T. (2018). Peran Instruktur dalam Meningkatkan Keterampilan Warga Belajar Program Pelatihan Instalasi Listrik. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment.
Etikasari, B., & Suswanto, H., & Muladi. (2016). Kontribusi Sarana Proses Belajar dan Kemampuan Berpikir Siswa terhadap Kompetensi Keterampilan Instalasi Jaringan Lokal. Jurnal Pendidikan, Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(6), 1148-1158
Fuadi, A. S., & Anas, M. (2019). Implementasi Model CIPP dalam Evaluasi Kurikulum 2013 Pendidikan Ekonomi. In Prosiding Seminar Pendidikan dan Pengjaran (SEMDIKJAR) 3 (Vol. 1, No. 1, pp. 316-324). FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri
Haris, A. (2014). Memahami Pendekatan Pemberdayaan Masyarakat. Jupiter, 13(2).
Hayati, N., & Suryono, Y. (2015). Evaluasi keberhasilan program taman bacaan masyarakat dalam meningkatkan minat baca masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 175-191.
Habib, M. A. F. (2021). Kajian teoritis pemberdayaan masyarakat dan ekonomi kreatif. Ar Rehla: Journal of Islamic Tourism, Halal Food, Islamic Traveling, and Creative Economy, 1(2), 82-110.
Imania, K. A. N., & Bariah, S. H. (2019). Rancangan pengembangan instrumen penilaian pembelajaran berbasis daring. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 5(1), 31-47.
Istiyani, N. M., & Utsman, U. (2020). Evaluasi program model CIPP pada pelatihan menjahit di LKP Kartika Bawen. Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 3(2), 6-13.
Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-9.
Ketaren, A., Rahman, F., Meliala, H. P., Tarigan, N., & Simanjuntak, R. (2022). Monitoring dan Evaluasi Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar pada Satuan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 4(6), 10340-10343.
Kristanto, F. A. D., & Martubi, M. (2021). Relevance Of Competencies In Vocational High School 1 Ngawen And Competence Needed In Real Work And Industry Of Heavy Equipment. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 3(2), 63-72.
Kurniawati, E. W. (2020). Evaluasi Program pendidikan perspektif model cipp (context, input, process, product). GHAITSA: Islamic Education Journal, 1(1), 19-25.
Lalaun, A., & Siahaya, A. (2016). Dampak program pemberdayaan terhadap kesejahteraan masyarakat di kecamatan yaru kabupaten maluku tenggara barat. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 5(2), 97053.
Munthe, A. P. (2015). Pentingnya evaluasi program di institusi pendidikan: sebuah pengantar, pengertian, tujuan dan manfaat. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 1-14.
Mustafa, P. S. (2021). Model discrepancy sebagai evaluasi program pendidikan. Palapa, 9(1), 182-198.
Nugraha, U. (2019). Evaluasi Program Manajemen Klub Sepakbola Kota Jambi. Cerdas Sifa Pendidikan, 8(2), 37-48.
Nurmila, N., Sahetapy, P., & Ponto, I. S. (2023). Evaluasi Program Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Di Hunuth Durian Patah Kecamatan Teluk Ambon Kota Ambon. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(3), 56-69.
Nukhbatillah, I. A., Setiawati, S., Hasanah, U., & Nurmalasari, N. (2024). Evaluasi Mutu Pendidikan Menggunakan Pendekatan Teori Stufflebeam. Jurnal Global Futuristik, 2(1), 34-43.
Pratiwi, K. R. I., Pascarani, N. N. D., & Winaya, I. K. (2016). Evaluasi Pelaksanaan Program One Village One Product (OVOP) dalam Pemberdayaan Masyarakat di Desa Pelaga, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung. Citizen Charter, 1(1), 165215.
Pramesti, S. L. D. (2020). Evaluasi pembelajaran Matematika pada boarding school berdasarkan model CIPP. Integral: Pendidikan Matematika, 11(1), 17-32.
Rahmawati, I., Wahyuni, N. P., Gouvany, A. L., & Fitriya, A. N. (2022). Evaluasi Program Pemberdayaan Masyarakat dalam Pembinaan Industri Rumah Tangga Oleh Dinas DP3AKB di Kota Cilegon. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(24), 138-149.
Ramdhani, D., & Anisa, I. Z. (2017). Pengaruh Perencanaan Anggaran, Kualitas Sumber Daya Manusia dan Pelaksanaan Anggaran terhadap Penyerapan Anggaran pada Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Banten. Jurnal Riset Akuntansi Terpadu, 10(1).
Rosyidi, A. M. (2017). Model dan Strategi Pembelajaran Diklat. Andragogi, 5(1), 100-111.
Rurisman, R., Ambiyar, A., & Aziz, I. (2023). Evaluasi Pelaksanaan Sekolah Penggerak Di SMA Dengan Model Evaluasi CIPP. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 124-130.
Sahid, D. R., & Rachlan, E. R. (2019). Pengelolaan Fasilitas Pembelajaran Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 3(1), 24-39.
Safira, A. D., Sarifah, I., & Sekaringtyas, T. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web articulate storyline pada pembelajaran IPA di kelas V sekolah dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 237-253.
Siregar, E. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen pendidikan dan pelatihan (Diklat) dalam upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM). Jurnal Dinamika Pendidikan, 11(2), 153-166.
Suparno, S., & Asmawati, L. (2019). Monitoring dan Evaluasi Untuk Peningkatan Layanan Akademik dan Kinerja Dosen Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 6(1).
Suhartini, Y. (2019). Pengaruh Materi dan Metode Pelatihan terhadap Kemampuan Kerja Karyawan PD BPR Bantul, Yogyakarta. Akmenika: Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 16(2).
Susanto, A. (2022). Penerapan Prinsip POACE (Planning, Organizing, Actuating, Controling, Evaluation) dalam Pemberdayaan Masyarakat. INTELEKSIA: Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah, 4(2), 293-312.
Sutarto, J., Raharjo, T. J., Indaryanti, B., Shofwan, I., & Siswanto, Y. (2022). Desain E-training Berorientasi Kebutuhan Peserta Pelatihan Di Era Society 5.0. Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang, (2), 136-162.
Wulandari, A. (2020). Pengaruh Instruktur Pelatihan, Peserta Pelatihan, Materi Pelatihan, Metode Pelatihan Dan Tujuan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan. Value: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 15(1), 40-53.
DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v8i2.76849
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |
Diklus Stats |