Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kualitas Kelekatan Antara Ayah dan Anak pada Masa Pra Sekolah

Himayatul Maf'ula, Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia
Eka Oktavianingsih, Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia
Siti Fadjryana Fitroh, Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia

Abstract


Abstrak

Kelekatan antara ayah dan anak masih menjadi salah satu permasalahan yang ada di Indonesia. Padahal membangun kelekatan antara ayah dan anak memiliki dampak yang signifikan di berbagai aspek perkembangan anak. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kualitas dari kelekatan antara ayah dan anak. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kualitas kelekatan antara ayah dan anak pada masa pra sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi, data yang didapat dianalisis menggunakan teknik analisis data interactive model Miles & Huberman. Pada penelitian ini melibatkan 3 responden ayah yang memiliki anak usia pra-sekolah (3-6 tahun). Adapun hasil penelitian ini adalah bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas kelekatan antara ayah dan anak pada masa pra-sekolah yaitu pendidikan dan pengetahuan, pengalaman, orang tua atau pengasuh, serta pekerjaan ayah. Hasil penelitian dapat dijadikan sebagai referensi bagi penelitian selanjutnya.

 

Factors Affecting the Quality of Attachment Between Fathers and Children in the Pre-School Period

Abstract

Attachment between fathers and children is still one of the problems in Indonesia. Even though building attachment between father and child has a significant impact on various aspects of child development. There are several factors that can affect the quality of attachment between fathers and children. Therefore, the purpose of this study is to find out what factors can affect the quality of attachment between fathers and children in the pre-school period. This research uses a descriptive qualitative method with a case study approach. Data collection techniques through interviews and documentation, the data obtained were analyzed using interactive data analysis techniques Miles & Huberman model. This study involved 3 father respondents who have children of pre-school age (3-6 years). The results of this study are that the factors that influence the quality of attachment between fathers and children in the pre-school period are education and knowledge, experience, parents or caregivers, and father's work. The results of the study can be used as a reference for further research.


Keywords


ayah; kelekatan; anak; pra sekolah, father; attachment; child; pre-school

Full Text:

PDF

References


Adimayanti, E. (2016). Pengaruh Konseling Kader pada Pelatihan Ccd (Care For Child Development) Terhadap Kualitas Asuhan Caregiver. Jurnal Keperawatan Anak, 3(1), 5-11.

Al-Matalka, F.I.M., 2014. The Influence of Parental Socioeconomic Status on Their Involvement at Home Faisal Ibrahim Mohammad Al-Matalka ( Ph . D in Sociology ). International Journal of Humanities and Social Science, 4(5), pp.146–154. Available at: ijhssnet.com.

Aryanti, P. H., Oktavianto, E., & Suryati, S. (2019). Hubungan keterlibatan ayah dalam pengasuhan dengan kelekatan anak usia prasekolah. Jurnal Kesehatan Al-Irsyad, 12(2), 83-94.

Aryanti, Z. (2017). Kelekatan dalam perkembangan anak. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(02), 245-258.

Arif, F., & Wahyuni, S. (2017). Hubungan kelekatan pada ibu, ayah, dan teman sebaya dengan kecenderungan anak menjadi pelaku dan korban bullying. Jurnal psikologi ulayat, 4(2), 122-140.

Ashri, B. S., Rasyad, A., & Arafik, M. (2024). Hubungan antara Kelekatan Aman dengan Tingkat Reseliensi dan Tingkat Kemandirian Pasca Pandemi pada Anak Usia Dini Satuan Gugus PAUD Lowokwaru Kota Malang. Media Bina Ilmiah, 18(7), 1935-1946.

Astria, N., & Rahmawati, D. (2023). Partisipasi Ayah dalam Pengasuhan dengan Perkembangan Anak Usia 12–24 BULAN. Jambi Medical Journal: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 11(1), 100-110.

Astuti, V., & Masykur, A. M. (2015). Pengalaman keterlibatan ayah dalam pengasuhan anak (studi kualitatif fenomenologis). Jurnal Empati, 4(2), 65-70.

Cabrera, N. J. (2020). Father involvement, father-child relationship, and attachment in the early years. Attachment & human development, 22(1), 134-138.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fatkhurohmah, D., Karim, M. B., & Nisa, T. F. (2019). Kelekatan Anak Keluarga Tenaga Kerja Wanita. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 199-216.

Fernandes, C., Monteiro, L., Santos, A. J., Fernandes, M., Antunes, M., Vaughn, B. E., & Veríssimo, M. (2020). Early father–child and mother–child attachment relationships: contributions to preschoolers’ social competence. Attachment & Human Development, 22(6), 687-704.

Han Sein, L., & Salik, M. (2022). Relevansi Pendidikan Anak dalam Keluarga Menurut M. Quraish Shihab dengan Pola Asuh Anak pada Pembelajaran di Masa Pandemi. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 49-65. doi:https://doi.org/10.21831/diklus.v6i1.46753

Istiyati, S., Nuzuliana, R., & Shalihah, M. (2020). Gambaran peran ayah dalam pengasuhan. Profesi (Profesional Islam): Media Publikasi Penelitian, 17(2), 12-19.

Kartini, A. M. (2023). Peran Kelekatan antara Orang Tua dan Anak terhadap Empati pada Remaja (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Kiromi, I. H. (2023). Dampak Anak yang Dibesarkan Dalam Keluarga Tanpa Sosok Ayah (Fatherless) pada Kecerdasan Moral. Zuriah: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 11-16.

Nurhayati, H., 2015. Hubungan kelekatan aman (secure attachment) anak pada orangtua dengan kemandiriananak kelompok B TK PKK 37 Godogan Jatimulyo Dlingo Bantul. psendidikan guru. Available at: core.ac.uk.

Oktavianto, E., Hartiningsih, S., Dewastuti, N., & Timiyatun, E. (2018). Pelatihan bermain pada pengasuh meningkatkan kualitas interaksi antara pengasuh dan anak prasekolah. Riset Informasi Kesehatan, 7(1), 90-98. doi:10.30644/rik.v7i1.138

Parinduri, S. A., & Fadilah, R. (2023). Analisis Pola Asuh Ayah Tunggal terhadap Kelekatan Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 887-894.

Pinanta, R. M. C., & Arifin, I. (2023). Parental Attachment antara Ibu dengan Anak Usia Dini (Studi Kasus pada Ibu Pegawai Bank Mandiri Jember). Journal Of Early Childhood And Islamic Education, 1(2), 146-159.

Ramadhanti, D. F., Agustin, M., & Rachmawati, Y. (2021). Hubungan antara kelekatan pada ayah dengan kecerdasan emosional anak usia dini. Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 18(1), 54-62.

Rahmatullah, A. S. (2018). Kelekatan ayah-anak sebagai media dasar memberfungsikan kejiwaan positif anak. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 5(1), 1-14.

Raissachelva, E. P., & Handayani, E. (2020). Hubungan antara kelekatan pada orang tua dan teman terhadap subjective well-being remaja yang ditinggalkan orang tua bekerja sebagai pekerja migran. Journal of Psychological Science and Profession, 4(1), 12-22.

Reza, S. N. (2022). Hubungan Antara Kelekatan Ayah Dan Anak Dengan Kepercayaan Diri Pada Remaja (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Yogyakarta).

Rolfe, A. shame. (2020). Rethinking Attachment for Early Childhood Practice. routledge

Saputra, R., 2018. Hubungan antara pengetahuan ibu tentang manfaat bermain dengan perkembangan personal sosial anak prasekolah di TK LKMD Singosaren Sarirejo 1, Singosaren, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Skripsi Program Studi Ilmu Keperawatan STIKes Surya Global Yogyakarta.

Sari, R. P., Puspitasari, E., & Solfiah, Y. (2023). Pengaruh keterlibatan ayah dalam pengasuhan terhadap penyesuaian diri pada anak usia 4-6 Tahun di TT IT El-Azzam Kota Pekanbaru. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 3064-3073.

Solikhah, S., Anggraini, C., Priatna, N., Ismiati, I., & Susanti, D. (2023). Pola Asuh Responsif dan Kelekatan Aman dalam Mendukung Perkembangan Anak Usia Dini. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4045-4049.

Susanti, N.F., & Putri, H.A. (2017). Hubungan Keterlibatan Ayah Dalam Pengasuhan Dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di TK IT Nurul Islam Yogyakarta. (Dictoral Disertation, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta).

Sya’diyah, C. (2018). Hubungan antara pola parental attachment dengan friendship quality pada remaja awal. Skripsi. Universitas negeri sunan ampel.

Wardani, E., & Aulia, R. (2023). Pengaruh Kelekatan Relasi Ayah-Anak Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Anaking), 2(1), 293.




DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v8i1.70869

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 
 
Creative Commons LicenseDiklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diklus Stats