Analisis Efektivitas Pelaksanaan Program Magang Ke Jepang pada Lembaga Pelatihan Kerja Nagano Deli Serdang

Cristina Asvera Saragih, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Sani Susanti, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Mikael Togatorop, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Gian Sipahutar, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Lawrence Nathanael Sipahutar, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan program magang ke Jepang di LPK Nagano DS. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi pada objek. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pelaksanaan Program Magang ke Jepang masih belum efektif sesuai dengan rencana, seperti dalam segi sosialisasi program yang belum maksimal hal ini dikarenakan sosialisasi ke masyarakat tidak didukung oleh Pihak Pemerintah khususnya Dinas Ketenagakerjaan  sehingga aspeknya tidak menyeluruh. Namun terdapat beberapa indikator yang sudah tercapai yaitu ketepatan sasaran program pencapaian tujuan program yang telah tercapai sesuai rencana.

Keywords


Efektivitas, Program Magang Jepang, Penciptaan lapangan kerja

References


Abdulhak, I., & Darmawan, D. (2017). Teknologi pendidikan, cetakan ke-3. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ardana, I Komang dkk. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Denpasar : Graha Ilmu.

BAPPEDA. 2022. Tujuan dan Sasaran. https://bappeda.bantenprov.go.id/tujuan-dan-sasaran . diakses 11 Oktober 2022.

Faisal, Sanapiah. 2001. Format-Format Penelitian Sosial, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada

Bungin, Burhan. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer, Jakarta : Rajawali Pers.

Kamil, Mustofa. 2012. Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta.

Kamil, 2002 Kamil, sukron, 2002, Islam dan Demokrasi Telaah Konseptual dan historis (Jakarta: Gaya Media Pratama.

LPK Nagano. https://id-id.facebook.com/lpk.nagano.medan/ diakses 10 Oktober 2022.

Muchtadi, D. 2012. Pangan Fungsional Dan Senyawa Bioaktif. Bandung: Alfabeta.

Moleong, Lexy J. (2000). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pitoyo, J. 2006. Mesin Penyiang Gulma Padi Sawah Bermotor. Sinar Tani.Edisi 5-11 Juli 2006. http://www.pustaka-deptan.go.id. Akses tanggal 10 Oktober 2022.

Sari. 2021. Pembelajaran Bahasa Jepang di Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Bulan Palapa Desa Landih Bangli. Jurnal JPBJ. Vol 7 (1). 42-53.

Sari, N.L.M., dkk. 2021. Pembelajaran Bahasa Jepang di Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Bulan Palapa Desa Landih Bangli. Jurnal JPBJ. Vol 7(1). 42-53.

Sutarto, J Tito. 2013. Pensiun Bukan Akhir Segalanya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Septiana, dkk. (2013). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Take and Give Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA N Way Tenong. Jurnal Kependidikan.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Trisnamansyah, S. 1986. Pengantar Pendidikan Luar Sekolah, Karunia Universitas Terbuka, Jakarta.

Wahyuningsih, D & Makmur, R. (2017). E-Learning Teori dan Aplikasi. Bandung: Informatika Bandung.

Wikipedia. https://id.wikipedia.org/wiki/Pemantauan_dan_evaluasi diakses 29 Oktober 2022.

WeXpats. 2020. Aneka Informasi mengenai kerja di Jepang Pertanian yang wajib kamu ketahui. https://we-xpats.com/id/guide/as/jp/detail/2404/ diakses 15 Oktober 2022.




DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v7i2.65876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 
 
Creative Commons LicenseDiklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diklus Stats