Analisis Efektivitas Pelaksanaan Program Magang ke Jepang pada Lembaga Pelatihan Kerja Nagano Deli Serdang

Cristina Asvera Saragih, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Sani Susanti, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Mikael Togatorop, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Gian Sipahutar, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Lawrence Nathanael Sipahutar, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan program magang ke Jepang di LPK Nagano DS. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi pada objek. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara bersama kepala LPK Nagano DS dan beberapa peserta pelatihan di LPK Nagano DS, dan melakukan observasi terhadap pelaksanaan kegiatan pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan ketepatan sasaran program sudah dianggap tepat yaitu kepada lulusan SMA/SMK, atau diploma/sarjana yang memiliki usia produktif. Lalu berdasarkan adanya sosialisasi program yang belum maksimal hal ini dikarenakan sosialisasi ke masyarakat dilakukan dengan door to door secara mandiri. Lalu berdasarkan tujuan program yaitu sudah mencapai tujuan dalam menamatkan peserta setelah dianggap sudah mampu untuk bekerja di Jepang walau waktu melaksanakan pelatihan di LPK Nagano DS sudah lewat. Serta dalam pemantauan program dilakukan oleh pihak LPK Nagano DS terkait perkembangan dari setiap peserta pelatihannya.

Analysis of the Effectiveness of Implementing an Internship Program to Japan at the Nagano Deli Serdang Job Training Institute

Abstract

The research aims to determine the effectiveness of implementing an internship program to Japan at LPK Nagano DS. The research method used is a descriptive qualitative approach with a type of research study on objects. Data collection techniques were carried out by interviewing the head of LPK Nagano DS and several training participants at LPK Nagano DS, and observing the implementation of training activities. The research results show that based on the accuracy of the program's target, it is considered appropriate, namely high school/vocational school graduates, or diploma/graduate graduates who are of productive age. Then based on the socialization of the program which has not been optimal, this is because the socialization to the community is carried out door to door independently. Then based on the program objectives, namely that the participants have achieved their goal of graduating after being deemed capable of working in Japan even though the time for carrying out training at LPK Nagano DS has passed. As well as program monitoring carried out by LPK Nagano DS regarding the development of each training participant.

 


Keywords


Efektivitas; Program Magang Jepang; Penciptaan lapangan kerja, Effectiveness; Japanese Internship Programme; Job creation

Full Text:

PDF

References


Agistia, N. A., Danugiri, D., & Hidayat, D. (2021). Implementasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(2). https://doi.org/10.21831/diklus.v5i2.38942

Anwar, K., & Fatmawati. (2018). Pengaruh Jumlah Penduduk Usia Produktif, Kemiskinan dan Inflasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Bireuen. Jurnal Ekonomi Regional Unimal, 01(01).

Badan Pusat Statistik. (2022). Statistik Indonesia. Badan Pusat Statistik.

BAPPEDA. (2022). Tujuan dan Sasaran. . . Https://Bappeda.Bantenprov.Go.Id/Tujuan-Dan-Sasaran. Diakses 11 Oktober 2022.

Fadilla, A. R., & Wulandari, P. A. (2023). Literature Review Analisis Data Kualitatif: Tahap Pengumpulan Data. MITITA JURNAL PENELITIAN, 1(3).

Goma, E. I., Sandy, A. T., & Zakaria, M. (2021). Analisis Distribusi dan Interpretasi Data Penduduk Usia Produktif Indonesia Tahun 2020. Jurnal Georafflesia: Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi, 6(1). https://doi.org/10.32663/georaf.v6i1.1781

Indayani, S., & Hartono, B. (2020). Analisis Pengangguran dan Pertumbuhan Ekonomi sebagai Akibat Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Infoematika, 18(2).

Kbbi, K. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kementerian Pendidikan Dan Budaya.

Mahadiansar, M., Ikhsan, K., Sentanu, I. G. E. P. S., & Aspariyana, A. (2020). PARADIGMA PENGEMBANGAN MODEL PEMBANGUNAN NASIONAL DI INDONESIA. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 17(1). https://doi.org/10.31113/jia.v17i1.550

Putri, D. (2018). SOSIALISASI PROGRAM PERTANIAN TERPADU OLEH COMMUNITY DEVELOPMENT PT.INDAH KIAT PULP AND PAPER TBK.PERAWANG DI KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK. Repository Uin-Suska, 1.

Rahma, K. N., Fakhrudin, F., & Siswanto, Y. (2023). Manajemen Pelatihan Porgram Komputer di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Gama Nusantara Kudus. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 7(1), 1–12.

Rijal, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81–95.

Saputra, Y. P. (2022). STRATEGI SOSIALISASI PROGRAM TABUNG PEDULI HUMAN INITIATIVE BENGKULU [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno.

Siregar, H., & Wahyuni, D. (2007). Dampak Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Penurunan Jumlah Penduduk Miskin. Economics Development, pertumbuhan ekonomi dan penduduk miskin.

Sugiyarti, S., & Oktarina. (2020). Efektivitas Program Bina Prestasi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SD Santa Theresia 1 Pangkalpinang. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(1), 66–77.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan ke). Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Cetakan ke). Alfabeta.

Suprapto, T. (2011). Pengantar Ilmu Komunikasi Dan Peran Manajemen Dalam Komunikasi. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).




DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v7i2.65876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 
 
Creative Commons LicenseDiklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diklus Stats