Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Pelatihan Menjahit di LPK Anita Kota Serang
Fasfa Ayu Utami, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
Hidayatullah Haila, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
Abstract
Lembaga Pelatihan dan Kursus (LPK) Anita Kota Serang adalah lembaga pelatihan yang menyelenggarakan program pelatihan menjahit. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengevaluasi program pelatihan menjahit di LPK Anita Kota Serang agar mengetahui keefektifan dan keefisienan program tersebut. Evaluasi ini menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process and Product) dan penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dari evaluasi yang telah dilakukan memperoleh hasil bahwa pada evaluasi konteks program pelatihan menjahit di LPK Anita Kota Serang yang dilaksanakan sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Evaluasi masukan terdiri dari tutor pelatihan yang kompeten, media pelatihan, kurikulum yang sesuai, serta sarana dan prasarana pelatihan yang memadai. Evaluasi proses terdiri dari proses yang dilakukan tutor dan warga belajar selama pelatihan. Evaluasi produk meliputi dampak yang dihasilkan dari program pelatihan menjahit di LPK Anita Kota Serang yaitu warga belajar mendapatkan ilmu dan keterampilan yang kompeten dalam bidang menjahit.
CIPP's Evaluation Model in the Program for Evaluating Sewing Training at LPK Anita, Serang City
Abstract
The Anita Training and Course Institute (LPK) in Serang City is a training institution that organizes sewing training programs. The purpose of this research is to evaluate the sewing training program at LPK Anita Kota Serang in order to find out the effectiveness and efficiency of the program. This evaluation uses the CIPP evaluation model (Context, Input, Process and Product) and this study uses a descriptive research method with a qualitative approach. From the evaluation that has been carried out, the results show that in the context evaluation the sewing training program at LPK Anita, Serang City, was carried out in accordance with the needs of the community. Input evaluation consists of competent training tutors, training media, appropriate curriculum, and adequate training facilities and infrastructure. Process evaluation consists of the processes carried out by tutors and learning residents during training. The product evaluation includes the impact resulting from the sewing training program at LPK Anita, Serang City, namely that residents learn to gain competent knowledge and skills in sewing.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amir. (2016). Pengaruh Karakteristik Individu, Motivasi Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dirumah Sakit Daerah Madani Provinsi Sulawesi Tengah (Studi Perbandingan antara Instalasi Kesehatan Jiwa dan Umum). E Jurnal Katalogis, 4(7), 44–50.
Arisandy, M. R. (2015). Pengaruh Keterampilan dan Pengalaman Kerja Terhadap Pengembangan Karir Pegawai Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Donggala. Jurnal Katalogis, 3(8).
NPSK (Norma, Standar, Prosedur, Kriteria) Petunjuk Teknis Bantuan Sosial dan Pembentukan Tempat Uji Kompetensi, Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal, (2014).
Dirlanudin, Winangsih, R., & Framanik, N. A. (2014). Pengembangan Usaha Mikro Industri Garmen di Kabupaten Serang Provinsi Banten. JAP (Jurnal Administrasi Publik), 4(2), 106–126.
Doyok, R. (2021). Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Tahfiz Selama Daring di SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(3), 73–82.
Jaya, P. R. P., & Ndeot, F. (2018). Penerapan Model Evaluasi CIPP Dalam Mengevaluasi Program Layanan PAUD Holistik Integratif. PERNIK Jurnal PAUD, 1(1), 10–25.
Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13–20.
Kandou, E. E. (2013). Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan Karyawan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan (Studi Pada PT. Air Manado). Acta Diurna Komunikasi, 2(3), 1–12.
Kurniawati, E. W. (2021). Evaluasi Program Pendidikan Perspektif Model CIPP (Context, Input, Process, Product). GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 19–25.
Malik, D. A., Tumbel, A. L., & Trang, I. (2020). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan PT Tirta Investama-Airmadidi (Aqua). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(1), 2189–2197.
Monika, D. R. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Kursus Menjahit Di Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) Nanie Samarinda. Jurnal Program Studi Pendidikan Masyarakat, 1(1), 24–28.
Muryadi, A. D. (2017). Model Evaluasi Program dalam Penelitian Evaluasi. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1).
Nurhasanah, N., Haidar, F. Z., Hidayat, S., Hasanati, N., Listianingsih, A. P., & Agustini, D. U. (2014). Penjadwalan Produksi Industri Garmen dengan Simulasi Flexsim. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 2(3), 141 –148.
Nursanjaya. (2021). Memahami Prosedur Penelitian Kualitatif: Panduan Praktis untuk Memudahkan Mahasiswa. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(1), 126–141.
Pradhana, S. K. A., & Roesminingsih, E. (2020). Implementasi Model CIPP Pada Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(4), 898–907.
Putri, S. Y., & Sutarto, J. (2017). Pembelajaran Pendekatan Competency Based Training Di LKP Belva Desa Sidorejo Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 119–136.
Rodin, R. (2015). Sertifikasi Uji Kompetensi Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalitas Dan Eksistensi Pustakawan. Jupiter, 14(2), 15–24.
Salsabila, A., & Puspitasari. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pandawa, 2(2), 278–288.
Setiarini, & Flori, Y. (2020). Pengukuran Kompetensi Peserta Didik Melalui Uji Kompetensi Tata Busana Pada TUK Gammatika Boyolali, Jawa Tengah. Jurnal Abdimas Akademika, 1(1), 16–28.
Supriyantoko, I., Jaya, A., Kurnia, V., & Habiba, P. G. S. (2020). Evaluasi Implementasi Kebijakan Teaching Factory Dengan Model Evaluasi CIPP Di SMK Negeri DKI Jakarta. JVTE: Journal of Vocational and Technical Education, 2(2), 1–10.
Suwardana, H. (2018). Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental. Jati Unik (Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri), 1(2), 109–118.
Trivaika, E., & Senubekti, M. A. (2022). Perancangan Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi Berbasis Android. Jurnal Nuansa Informatika, 16(1), 33–40.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).
Wirawan. (2012). Evaluasi Teori, Model, Standar Aplikasi dan Profesi. Rajawali Pers.
Yuniarsih. (2009). Sukses Mengasah Keterampilan Prakarya. Agromedia Pustaka.
DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v7i1.62894
Refbacks
- —
- Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Pelatihan Menjahit di LPK Anita Kota Serang
- —
- Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Pelatihan Menjahit di LPK Anita Kota Serang
Copyright (c) 2023 Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |
Diklus Stats |