Media Pembelajaran Aba-Aba Baris Berbaris Tiga Bahasa (Arab, Inggris, Indonesia) Menggunakan Media Audio Visual Berbasis Android

Muhammad Fakhruzzaini, Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
Faisal Reza Pradhana, Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
Oddy Virgantara Putra, Universitas Darussalam Gontor, Indonesia

Abstract


Abstrak: Organisasi kepanduan di Indonesia disebut dengan Gerakan Pramuka yang meliputi banyak kegiatan di ruang terbuka seperti baris berbaris (BB). BB dalam kegiatan pramuka dapat meningkatkan kreatifitas, melatih disiplin, dan kepribadian bagi anggota pramuka. Manfaat itu bisa diperoleh baik melalui penghayatan diri, pembinaan maupun kerjasama dengan anggota lainnya. Dalam ruang lingkup pendidikan yang mempelajari bahasa asing, latihan BB dijadikan sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran untuk peningkatan penguasaan bahasa Arab dan Inggris dengan menerapkan teknologi multimedia. Penelitian ini menggunakan metode waterfall dan black-box untuk pengujian. Uji aplikasi yang kedua menggunakan perangkat keras yaitu smartphone yang berbeda-beda dan menunjukkan hasil yang baik dan berjalan sebagaimana fungsinya dengan minimal layar 5 inci. Uji materi dalam aplikasi oleh pembina pramuka Universitas Darussalam Gontor dan mendapat penilaian yang bagus sehingga dapat dijadikan media pembelajaran. Pengujian selanjutnya dengan penyebaran aplikasi dan kuesioner ke pembina pramuka dengan jumlah 55 responden. Dari hasil kuesioner diperoleh nilai rata-rata sebesar 88,5. Bahkan, mayoritas responden memberikan feedback yang baik dan sangat menerima aplikasi untuk dijadikan sebagai media pembantu dalam pembelajaran. Untuk penelitian selanjutnya, dapat ditambahkan materi pramuka seperti sandi-sandi, tali temali dan kegiatan pramuka lainnya.

 Three Languages Media For Learning Coping Lines (Arab, English, Indonesia) Using Android-Based Audio Visual Media 

Abstract: Scouting organizations in Indonesia are called the Pramuka Movement which includes many activities in open spaces such as marching lines (BB). BB in scouting activities can increase creativity, train discipline, and personality for scout members. These benefits can be obtained either through self-appreciation, coaching or cooperation with other members. In the scope of education that studies foreign languages, BB training is used as a learning medium. The purpose of this research is to develop instructional media to increase mastery of Arabic and English by applying multimedia technology. This study uses the waterfall and black-box methods for testing. The second application test used different hardware devices, which was a different smartphone and it showed good results and worked as it should with a minimum screen of 5 inches. Test the material in the application by the University of Darussalam Gontor scout coach and get a good assessment so that it can be used as a learning medium. Further testing by distributing applications and questionnaires to scout coaches with a total of 55 respondents. From the results of the questionnaire obtained an average value of 88.5. In fact, the majority of respondents gave good feedback and really accepted applications to be used as supporting media in learning. For further research, scouting materials can be added such as codes, rigging and other scout activities.


Keywords


Gerarakan pramuka; aba-aba baris berbaris; Aplikasi pramuka berbahasa Arab dan Inggris, Scouting; Marching cue; Scout application in Arabic and English

Full Text:

PDF

References


Arismunandar, R., Sofwan, A., & Christyono, Y. (n.d.). Aplikasi naturar pengenalan peraturan dasar baris berbaris ( pbb ) berbasis augmented reality pada perangkat bergerak android.

Fujiyanto, A., Jayadinata, A. K., & Kurnia, D. (2016). Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hubungan antarmakhluk hidup. 1.

Hasan Al-Banna, A. (2006). penjabaran sku dan aba aba isyarat pondok modern darussalam gontor (edisi keem; S. F. Assegaff &

Musyaffa’, eds.). ponorogo: koordinator gerakan pramuka Gd 17 Agustus, Pondok Darussalam Gontor Ponorogo Jawa Timur Indonesia.

Intan, D., Saputra, S., & Widayat, S. W. (2013). Mobile Application “ Pramuka Dalam Android ” Sebagai. 2013(semnasIF), 1–8.

Rouf, A. (n.d.). Pengujian perangkat lunak dengan menggunakan metode white box dan black box. 1–7.

Septian, H., Hidayat, E. W., & Rahmatulloh, A. (2017). Aplikasi Pengenalan Bahasa Arab dan Inggris untuk Anak-Anak Berbasis Android. 2(2), 71–78. https://doi.org/10.15575/join.v2i2.100

Sumantra S.pd.I, M., & Juwita Santi SP, F. (2017). Seri keterampilan pramuka peraturan baris-berbaris.

Verawati, & Liksha, P. D. (2018). Aplikasi Akuntansi Pengolahan Data Jasa Service Pada Pt. Budi Berlian Motor Lampung. Jurnal Sistem Informasi Akuntansi (JUSITA), 1(1), 1–14.

Wijaya, M. D. (n.d.). peraturan baris beris (PBB).

Yogyakarta, U. N. (n.d.). Hubungan antara ketaatan terhadap peraturan baris berbaris dalam kegiatan pramuka dan disiplin siswa the correlation between adherences to regulations marching in scout and student dicipline. 135–145.




DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v6i1.35205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 
 
Creative Commons LicenseDiklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diklus Stats