“Mirror of Effect” dalam Perkembangan Perilaku Anak pada Masa Pandemi Covid 19
Setiyo Utoyo, Universitas Negeri Gorontalo
Abstract
Abstrak
Work From Home (WFH) selama masa pandemi covid 19 memberikan dampak yang cukup beragam bagi setiap orang. Terjadinya perubahan secara tiba-tiba dalam habitual keseharian senantiasa menyebabkan ketidaksiapan secara emosional pada setiap anggota keluarga, baik orang tua maupun anak. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kesadaran orang tua akan pengaruh negatif yang dapat terjadi akibat interaksi yang terjadi antara anggota keluarga, pada perkembangan perilaku anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Mirror of effect merupakan suatu fenomena yang terjadi dimana perilaku anak mencerminkan perilaku lingkungan sosial di sekitarnya. Karakteristik anak yang cenderung mudah berimitasi, belum memiliki konsep yang kuat tentang moral serta menyukai aktivitas bermain menyebabkan kemungkinan Mirror of effect terhadap hal negatif dalam perkembangan perilakunya akan terjadi jika orang tua kurang mampu mengendalikan emosi selama Work From Home pada masa pandemi covid 19. Oleh sebab itu maka diharapkan orang tua mampu mengendalikan emosi dan selalu berusaha menciptakan lingkungan keluarga yang kondusif untuk perkembangan perilaku anak.
“Mirror of Effect” in the Development of Child Behavior During Work From Home (WFH) during the Covid Pandemic 19
Abstract
Work From Home (WFH) during the Covid 19 pandemic had quite a variety of impacts for everyone. The sudden change in daily habituals always causes emotional unpreparedness in each family member, both parents and children. The purpose of this study is to increase parental awareness of the negative effects that can occur due to interactions that occur between family members and on the development of early childhood behavior. The research method used is literature study. The results showed that; Mirror of effect is a phenomenon that occurs in which children's behavior reflects the behavior of the social environment around them. The characteristics of children who tend to easily imitate, do not have a strong concept of morality and like playing activities, causing the possibility of a Mirror of effect on negative things in the development of their behavior if parents are less able to control emotions during Work From Home during the Covid 19 pandemic. Therefore, it is hoped that parents will be able to control emotions and always try to create a family environment that is conducive to the development of children's behavior.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti, Y. D. 2004. Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia: Permasalahan Kurikulum Taman Kanak Kanak. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 9(18), 24–33. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol9.iss18.art3
Davina, D. 2020. Tak Terapkan Lockdown Pemerintah Kampanyekan Social Distancing, Apa Bedanya? Kompas TV. Retrieved from https://www.kompas.tv/article/71830/tak-terapkan-lockdown-pemerintah-kampanyekan-social-distancing-apa-bedanya
Elytasari, S. 2017. Esensi Metode Montessori dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, III(1).
Erzad, A. M. 2017. Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak Sejak Dini di Lingkungan Keluarga. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 414–431. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3483
Husna, M. A. 2020. Membangun Ketahanan Keluarga di Tengah Pandemi Covid-19. TribunJogja.Com.
Ismaniar. 2019. Pengenalan Mambaca Sejak Dini Langkah Awal bagi Orang Tua Menyiapkan Generasi Masa Depan. Padang: PLS Press.
Jailani, M. S. 2014. Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 245–260. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.2.580
Kelana, I. 2020. Tips Menguatkan Ketahanan Keluarga Saat Pandemi Covid-19. Republika.Co.Id. Retrieved from https://republika.co.id/berita/q8xf5d374/tips-menguatkan-ketahanan-keluarga-saat-pandemi-covid19
Kosasih, M., & Rahmaniah, F. 2013. Perilaku Moral Anak Usia 4-5 Tahun di Taman Kanak-kanak (Survey di Kelurahan Pengasinan Kecamatan Rawa Lumbu Bekasi). JISI UMJ, 1(1).
Oktaviani, P., Hartono, H., & Marwoto, P. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif Bervisi SETS sebagai Alat Bantu Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran IPA di SMP untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial Peserta Didik. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 2(2), 125. https://doi.org/10.24905/psej.v2i2.746
Presiden Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Pub. L. No. 21 (2019). Indonesia: Peraturan Pemerintah. Retrieved from https://peraturan.bpk.go.id/Home/Download/125896/PP Nomor 21 Tahun 2020.pdf
Romi, D. 2020. Pemerintah Terapkan Social Distancing Ketimbang Lockdown. Sumeks.Co. Retrieved from https://sumeks.co/pemerintah-terapkan-social-distancing-ketimbang-lockdown/
Sari, C. W. 2019. Dana Pendidikan Rp 250 Triliun Diserahkan ke Daerah, Kesejahteraan Guru PAUD Masih Minim. Pikiran-Rakyat.Com. Retrieved from https://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/pr-01321300/dana-pendidikan-rp-250-triliun-diserahkan-ke-daerah-kesejahteraan-guru-paud-masih-minim
Sholikah. 2017. Pemikiran Hermeneutika Wilhelm Dilthey (1833–1911 M). Al-Hikmah Jurnal Studi Keislaman, 7(2).
Siswanta, J. 2017. Pengembangan Karakter Kepribadian Anak Usia Dini (Studi Pada PAUD Islam Terpadu di Kabupaten Magelang Tahun 2015). INFERENSI, Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 11(1). https://doi.org/10.18326/infsl3.v11i1.97-118
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Syaifudin, S. 2020. Covid-19, Kerentanan Sosial, dan Gagalnya Physical Distancing. Tempo.Co. Retrieved from https://kolom.tempo.co/read/1326074/covid-19-kerentanan-sosial-dan-gagalnya-physical-distancing
Taher, A. P. 2020. Pemerintah Ubah Istilah Social Distancing Jadi Physical Distancing. Tirto.Id. Retrieved from https://tirto.id/pemerintah-ubah-istilah-social-distancing-jadi-physical-distancing-eG8j
Tempo.co. 2018. Standar Pelayanan Minimal dan Kebijakan Terkini PAUD dan Dikmas Tahun 2018. Tempo.Co. Retrieved from https://inforial.tempo.co/info/1000326/standar-pelayanan-minimal-dan-kebijakan-terkini-paud-dan-dikmas-tahun-2018
theAsianparent Indonesia. 2020. Swakarantina Berisiko Timbulkan Konflik dalam Pernikahan, Ini Cara Mengatasinya! Retrieved May 28, 2020, from https://id.theasianparent.com/dampak-covid-19
Tim Kompas. 2020. Ketahanan Keluarga Diuji Saat Pandemi. Kompas. Retrieved from https://kompas.id/baca/humaniora/kesehatan/2020/05/15/ketahanan-keluarga-diuji-saat-pandemi/
University of Michigan. 2020. COVID-19 Causing Conflict between Parents, Children. Michigan. Retrieved from https://www.wxyz.com/news/coronavirus/university-of-michigan-report-covid-19-causing-conflict-between-parents-children
Yahya, A. N. 2020. Pemerintah Ubah Istilah Social Distancing Jadi Physical Distancing. Kompas.Com. Retrieved from https://nasional.kompas.com/read/2020/03/23/14332461/pemerintah-ubah-istilah-social-distancing-jadi-physical-distancing
Wahyu Adityo Prodjo. 2020. Apa Itu Belajar Di rumah? di akses dari laman https://edukasi.kompas.com/read/2020/04/14/163041771/apa-itu-belajar-dari-rumah-melihat-kembali-konsep-awal?page=all
Wahyu Adityo Prodjo. 2020. Belajar dari Rumah, Antara Orangtua Gagap Adaptasi dan Anak Tak Senan. Di akses laman https://www.kompas.com/edu/read/2020/05/04/211943371/belajar-dari-rumah-antara-orangtua-gagap-adaptasi-dan-anak-tak-senang?page=all
Zed, M. 2014. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v4i2.32429
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |
Diklus Stats |