Metode Pengenalan Berbahasa Inggris di Pioneer Montessori School Padang

Arifah Prima Satrianingrum, Universitas Negeri Padang
Yulsyofriend Yulsyofriend, Universitas Negeri Padang
Syahrul Ismet, Universitas Negeri Padang

Abstract


Abstrak

Masa usia dini disebut juga dengan golden age yang sangat tepat untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan anak. Aspek bahasa merupakan salah satu aspek yang penting. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berbagai metode pengenalan berbahasa Inggris di Pioneer Montessori School Padang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini ialah kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan teknik pengabsahan data menggunakan uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Pioneer Montessori School Padang terdapat 12 (dua belas) metode pengenalan berbahasa Inggris untuk anak usia dini. Metode tersebut terdiri dari TPR (Total Physical Response), singing song, dancing, concrete things, art, reward, story telling, three period lesson, games, sport, listen and repeat, serta pembiasaan dan pengulangan dalam berbahasa.

 

THE INTRODUCTION METHOD TYPE OF ENGLISH AT PIONEER MONTESSORI SCHOOL OF PADANG

Abstract

The early childhood era also called by golden age which is precise for them to support their development and growth. Language aspect is one of the important aspect. The purpose of this research is to describe what kind of method th at Pioneer Montessori School of Padang use for introducing English. This researchis  using descriptive- qualitative method. The informantion gained from the head master and  teachers of the school. The technical of data aggregation  are observation, interview and documentation. Data analysis conducted through data reduction, data display, and data verification. The technical of approval was using credibility, transferability, dependability and confirmability. The result of research showed that in Pioneer Montessori School of Padang there are 12 (twelve) English introduction methods for early childhood. The method are TPR (Total Pyshical Response), singing song, dancing, concrete things, art, reward, story telling, three period lesson, games, sport, listen and repeat, also habituation and repetition.

 


Keywords


metode;berbahasa Inggris;anak usia dini, method; English; early childhood

Full Text:

PDF

References


__. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi III. Jakarta, ID: Balai Pustaka

[DEPDIKNAS] Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta, ID: DEPDIKNAS .

Ahmadi, Rulam. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta, ID: Ar - RuzzMedia .

Ariyani, T. 2016. Pentingnya pendidikan anak usia dini bagi tumbuh kembang anak. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8 (1), 50-58.

Arumsari, Dwi Andini., Arifin, Bustomi., & Rusnalasari, Z. D. 2017. Pembelajaran Anak Usia Dini di Kecamatan Sukolilo Surabaya. Jurnal PG PAUD Trunojoyo (Volume 4, Nomor 2), 82 - 170. https://journal.trunojoyo.ac.id .

Brooks, P. J., & Kempe, V. 2014. Encyclopedia of Language Development. London: SAGE Publication Inc.

Callander, N., & Williams, L. N. 2010. Communication, Language, and Literacy. New York: Continuum.

Crain, W. 2014. Theories of Development Concepts and Applications, Sixth Edition. Edinburgh, UK: Pearson.

Guendouze, Meryem. 2012. The Effects of Anticipation Rewards on Students’ Motivation In

Learning Grammar, Dissertation. https://bu.umc.edu.dz .

Hoff, E. 2009. Language Development: Fourth Edition. USA: Florida Atlantic University.

Khairani, Ade Irma. 2013. Pendidikan Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini.

http://digilib.unimed.ac.id .

Latham, D. 2002. How Children Learn to Write Supporting and Developing Children’s Writing in School. London: Paul Chapman Publishing.

Ma’mun, Nadiah. 2012. Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Anak Sekolah Dasar lewat Lagu dan Permainan. https://publikasiilmiah.ums.ac.id.

Mukhtar, Latif., dkk. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi. Jakarta, ID: Prenada Group.

Nurhayati, Lusi. 2018. Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini: Sumber Belajar, Metode dan Teknik. https://staffnew.uny.ac.id .

Padmonodewo, Soemantri. 2008. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta, ID: RinekaCipta .

Prastowo, Andi. 2016. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian.

Jogjakarta, ID: Ar - RuzzMedia .

Samad, Farida., &Tidore, Nurela. 2015. Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris Yang Menyenangkan Untuk Anak Usia Dini. Cahaya Paud (Volume 2), 47 - 57. https://id.portalgaruda.org .

Santrock, Jhon W. 2007. Child Development, Elevent Edition. Alih Bahasa Perkembangan Anak. Milla Rachmawati, S. Psi dan Anna Kusumawati. Jakarta, ID: Erlangga .

Slamet, Sri., dkk. 2009. Pelatihan Pengajaran Bahasa Inggris Metode Role Play untuk Guru Sekolah Dasar. https://publikasiilmiah.ums.ac.id .

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta, ID: Kencana .

Syafei, Fauzia Rozani. 2016. Teaching English to Indonesian Young Leaners. Jakarta, ID: Kencana .

Setiyadi, Bambang. 2006. Teaching English as A Foreign Language. Yogyakarta, ID: GrahaIlmu .

Widya., Yuliana, Triana Ika., & Sofiani, Yulia. 2018. Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris dengan Media Realia dan Flash Card. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat (Volume 01, Nomor 01), 39 - 47. https://publikasiilmiah.ums.ac.id.

Wijayatiningsih, Testiana Deni., & Mulyadi, Dodi. 2014. Pemanfaatan Model Total Physical Response dan Repetition untuk Pengembangan Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini atau TK. https://journal.unnes.ac.id .

Yamin, M. 2017. Metode Pembelajaran Bahasa Inggris di Tingkat Dasar. Jurnal Pesona Dasar (1)5, ISSN: 233 -9227). http://www.jurnal.unsyiah.ac.id .

Yaumi, Muhammad. 2013. Prinsip - prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta, ID: Kencana




DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v4i2.31571

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 
 
Creative Commons LicenseDiklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diklus Stats