Peran Agen Perubahan Sebagai Pelaku Pembangunan dalam Pengembangan Kelompok Sosial di Wisata Desa Sidoluhur

Irawan Syarifuddin Daher, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Potensi daerah dianggap tidak memiliki nilai ekonomis oleh masyarakat. Upaya penyadaran tentang manfaat potensi daerah sebagai objek wisata oleh agen paerubahan menghadirkan rekasi masyarakat berupa dukungan dan resistensi. Peran agen perubahan sebagai matarantai komunikasi antara dua atau lebih sistem sosial. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Hasil yang ditemukan yaitu bahwa strategi awal dalam merintis desa wisata Sidoluhur menggunakan pendekatan ekonomi. Strategi ekonomi diterapkan dengan tujuan agar kelompok dapat secara mandiri membiaya seluruh kegiatan operasionalnya dari hasil usaha yang dilakukan oleh kelompok. Tujuan akhir agen perubahan adalah menciptakan agen perubahan baru.


Keywords


Desa wisata; agen perubahan; pembangunan kelompok sosial

Full Text:

PDF

References


Everett M. Rogers. 1983. Diffusion of Innovations Third Edition. London: The Free Press

Pedoman Pokdarwis. Direktur Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 2012




DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v3i1.24842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 
 
Creative Commons LicenseDiklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diklus Stats