STRATEGI MEMBANGUN TRUST DALAM PENGELOLAAN WISATA BERBASIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI GOA PINDUL, BEJIHARJO, KARANGMOJO, GUNUNGKIDUL

Dyah Nurhayati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pentingnya trust dalam pengelolaan wisata berbasis pemberdayaan masyarakat di wisata Goa Pindul  Desa Bejiharjo serta (2) strategi membangun trust dalam pengelolaan wisata berbasis pemberdayaan masyarakat di wisata Goa Pindul  Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul.

Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif.  Subjek penelitian adalah pengurus dan pengelola di sekretariat wisata Goa Pindul. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data adalah dengan trianggulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan interactive model Miles & Hiberman.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Trust memiliki peran penting dalam pengelolaan wisata Goa Pindul yaitu, (a) sebagai kontrol dalam hubungan sosial, (b) sebagai dasar dalam menciptakan produk wisata yang berkualitas, (c) sebagai pendorong pembangunan ekonomi masyarakat. (2) Strategi untuk membina trust di dalam yaitu melalui penerapan perilaku jujur, disiplin, bertanggungjawab, menghormati orang lain serta upaya untuk saling mempertahankan kepercayaan. Partisipasi aktif dari semua bagian organisasi diperlukan dalam membina dan menerapkan perilaku yang mencerminkan kepercayaan di dalam organisasi.


Full Text:

PDF

References


Ancok, D. . (2003). Modal Sosial dan Kualitas Masyarakat. Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar pada Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, tidak diterbitkan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

¬Badan Pusat Statistik Kabupaten Gunungkidul. (2016). Gunungkidul Dalam Angka 2016. (No. Publikasi :34033.1604). [Versi Elektronik].Gunungkidul, Yogyakarta:-.

Coleman, James S. . (2011). Dasar-Dasar Teori Sosial : Referensi bagi Reformasi, Restorasi dan Revolusi.(Terjemahan Iman Mutaqien, Derta Sri W., Siwi Purwandari). Bandung :Penerbit Nusa Media. (Edisi asli diterbitkan tahun 1994 oleh The Belknap Press of Harvard University Press).

Moleong, L.J.. (1988). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Dirjendikti.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Peterson, R., (1988). Trust for Quality. [Versi Elektronik]. MCB University Press, The TOM Magazine volume 10, number 6.1988.pp.413-416.

Raharso, Sri. (2011). Kepercayaan Dalam Tim. [Versi Elektronik]. Jurnal Manajerial, Vol. 10, No. 19, Juli 2011: 42 – 53.

Raharso, Sri. (2016). Social Capital Sebagai Mediator Antara Trust dan Knowledge Sharing: Studi Empiris di Minimarket. [Versi Elektronik]. Jurnal Manajemen, Vol. 15, No.2, Mei 2016.

Humphrey, W. S., Over, J. W. (2010). Leadership, Teamwork, and Trust :Building A Competitive Software Capability. [Versi Elektronik]. United States of America. Pearson Education Inc.

Herdiansyah, Haris. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta:Salemba Humanika.

Green, C. H., Howe, A. P. (2011).15 Ways to Build Trust...Fast! Abstracted from The Trusted Advisor Fieldbook: A Comprehensive Toolkit for Leading with Trust. [Versi Elektronik]. Trusted Advisor [Associates LLC], www.trustedadvisor.com

Soetomo, (2006). Strategi-Strategi Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v2i2.23655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah



Our journal indexed by:

 
 
Creative Commons LicenseDiklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diklus Stats