PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI RELIGIUSITAS PADA ANAK DIDIK DI DESA TAMBI KECAMATAN KEJAJAR KABUPATEN WONOSOBO JAWA TENGAH

Bima Suka Windiharta, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang cara dan upaya orang tua dalam mendampingi anak didik, agar nilai-nilai religiusitas tertanam pada diri anak didik di desa Tambi, Kejajar, Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Trianggulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pendampingan orang tua meliputi pendampingan secara langsung melalui perilaku kegamaan yang dapat  langsung dicontoh  oleh para  anak  didik.  Selain  itu,  orang  juga  melakukan  dengan  cara memberikan   keteladanan   langsung   kepada   anak   didik,   melalui   berbagai   macam   kegiatan keagamaan. Orang tua juga melakukan pemahaman keagamaan melalui lembaga pendidikan seperti TPQ dan Madin (Madrasah Diniyah) (2) Faktor pendukung yaitu: (a) kondisi desa Tambi yang kondusif, (b) banyak kegiatan keagamaan, (c) terdapat lembaga kegamaan. (3) Faktor penghambat yang mempengaruhi pengelolaan adalah terbatasnya sarana penunjang kegiatan. (4) Hasil pendampingan orang tua dalam menanamkan nilai-nilai religiusitas pada diri anak didik, sudah dapat dikatakan berhasil, karena anak didik selain pemahaman kegamaannya baik, mereka juga dapat berperilaku sesuai dengan tuntunan agama.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. (1999). Psikologi

Sosial.Jakarta: Rineka Cipta.

Daradjat, Zakiyah. (1979). Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang.

(2001). Peranan Agama dalam Kesehatan Mental. Jakarta: Gunung Agung.

(1998). Pendidikan Agama dalam Pembinaan Mental. Jakarta: Bulan Bintang.

Hamalik, Oemar. (2010). Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

Hasbullah. (2013). Pengantar Psikologi Pendidikan. Jakarta: Balai Pustaka.

Hurlock, Elizabeth. (1999). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Husein, Fatimah. (2008). Resonansi Dialog Agama dan Budaya. Yogyakarta: Center For Religious & Cross, Cultural Studies

(CRCS), Universitas Gajah Mada.

Iryanto. (2000). Pendidikan dalam Keluarga. Jakarta: Bulan Bintang.

J.P, Chaplin. (1997). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajawali Press.

Kartono, Kartini. (2010). Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan). Bandung: CV. Mandar Maju

Nasution, Harun. (1995). Islam Rasional, Gagasan dan Pemikiran. Bandung: Mizan.

Paul Johnson, Doyle. (1986). Teori Sosiologi Klasik & Modern. Jakarta: PT. Gramedia.

Phil, Astrid, S.Susanto, Pengantar Sosiologi dan Perubahan Sosial, Putra Abardin, Jakarta, 1999.

Puspito, Hendro. (1989). Sosiologi Sistematik. Yogyakarta: Kanisius.

Rakhmat, Jallaluddin. (2000). Psikologi Agama. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada




DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v2i1.23645

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah



Our journal indexed by:

 
 
Creative Commons LicenseDiklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diklus Stats