Science experimental methods assisted video tutorials as an innovation for distance learning during COVID-19 pandemic
Fina Indriyani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Anggraita Febriana Putri, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Laifa Rahmawati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
Fulltext PDFReferences
Alam, S. (2020). Belajar di masa pandemi. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/opini/298260/belajar-di-masa-pandemi
Aristiadi, H., & Putra, R. R. (2018). Pengaruh penggunaan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis proyek terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep pemanasan global. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 77–84. https://doi.org/10.34289/277886
Devi, V. M., Susilawati, S., & Gunada, I. W. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika model berbasis masalah pada materi elastisitas untuk meningkatkan kemampuan generik sains peserta didik. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 109–114. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.3822
Hermawan, H., Samsuri, S., Kurniawati, D. P., Sofyaningsih, V., & Prasetyo, D. (2018). The use of controversial public issues with video and macromedia flash player media in civic education learning. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 1(1), 19. https://doi.org/10.33292/petier.v1i1.2
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Mendikbud kembali tegaskan pembukaan sekolah di zona hijau harus mengedepankan protokol kesehatan. Kemendikbud.Go.Id. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/07/mendikbud-kembali-tegaskan-pembukaan-sekolah-di-zona-hijau-harus-mengedepankan-protokol-kesehatan
Lestari, T., Fajaruddin, S., & Sacko, M. (2018). Developing booklet-type learning media for improving the students’ learning results in computer application data processing course. Proceeding International Seminar, 0(0). http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/pep2019/article/view/3600
Marsa, M., Hala, Y., & Taiyeb, A. M. (2016). Pengaruh penggunaan lembar kerja peserta didik berbasis pendekatan ilmiah terhadap aktivitas dan hasil belajar IPA biologi kelas VII peserta didik SMP Negeri 2 Watampone. Sainsmat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 5(1).
Martho, M. (2018). Penerapan metode pembelajaran eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Cangkringan pada materi hukum Newton. Universitas Negeri Yogyakarta.
Megawanti, P., Megawati, E., & Nurkhafifah, S. (2020). Persepsi peserta didik terhadap PJJ pada masa pandemi Covid 19. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 75–82. https://doi.org/10.30998/fjik.v7i2.6411
Munadi, Y. (2013). Media pembelajaran (Sebuah pendekatan baru). Bumi Aksara.
Musthofa, U., & Murdani, M. (2018). Efektivitas penggunaan media pembelajaran video tutorial untuk meningkatkan kompetensi menggambar 3D. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 18(2). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPTM/article/view/18662
Oviana, W., & Maulidar, M. (2013). Penggunaan metode eksperimen pada pembelajaran materi sifat bahan dan kegunaannya terhadap hasil dan respon belajar siswa kelas IV MIN Tungkob Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Didaktika, 13(2). https://doi.org/10.22373/jid.v13i2.482
Priyonggo, F. V., & Qosyim, A. (2018). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash untuk materi sistem gerak pada manusia kelas VIII. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 6(02). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/23383
Putri, M. A., & Prodjosantoso, A. K. (2020). Improving critical thinking skills and scientific attitudes by using comic. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 2(2), 69. https://doi.org/10.33292/petier.v2i2.13
Setiawan, Y. (2017). Pengembangan video tutorial pemanfaatan perangkat wiimote whiteboard bagi guru dalam membelajarkan fisika. Universitas Lampung.
Thompson, G. (1990). How can correspondence-based distance education be improved? A survey of attitudes of students who are not well disposed toward correspondence study. Journal of Distance Education, 5(1), 53–65. http://www.ijede.ca/index.php/jde/article/download/371/262?inline=1
Utomo, A. Y., & Ratnawati, D. (2018). Pengembangan video tutorial dalam pembelajaran sistem pengapian di SMK. Jurnal Taman Vokasi, 6(1), 68–76.
Verduin Jr, J. R., & Clark, T. A. (1991). Distance education: The foundations of effective practice. Jossey-Bass.
Wiguna, M. C. (2016). Pengembangan LKPD IPA berbasis keterampilan proses untuk meningkatkan sikap ilmiah dan minat siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 176–183. https://doi.org/10.21831/jpms.v4i2.12441
Zed, M. (2004). Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.21831/jser.v5i1.38515
Refbacks
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jser/index
Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.