Pengaruh pendekatan discovery yang menekankan aspek analogi terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran, kecerdasan emosional spiritual

Nur Choiro Siregar, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Marsigit Marsigit, Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan menyelidiki pengaruh pembelajaran segiempat dan segitiga dengan pendekatan discovery yang menekankan aspek analogi terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran, dan kecerdasan emosional spiritual siswa SMP Negeri 9 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu.Instrumen yang digunakan adalah tes prestasi belajar, tes kemampuan penalaran, dan angket kecerdasan emosional spiritual. Data dianalisis menggunakan uji Multivariate Analysis of Variance (Manova) dan Analysis of Variance (Anova). Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh pembelajaran segiempat dan segitiga dengan pendekatan discovery yang menekankan aspek analogi terhadap prestasi belajar, dan kemampuan penalaran siswa. Berdasarkan analisis, pembelajaran segiempat dan segitiga dengan pendekatan discovery yang menekankan aspek analogi lebih unggul daripada pembelajaran biasa dalam hal prestasi belajar dan kemampuan penalaran. Sebaliknya, dalam hal kecerdasan emosional spiritual siswa, pendekatan discovery yang menekankan aspek analogi tidak memberi pengaruh dan tidak lebih unggul daripada pembelajaran biasa.

Kata Kunci: discovery, menekankan aspek analogi, prestasi belajar, kemampuan penalaran, kecerdasan emosional spiritual

 

The Effect of Discovery Approach Emphasing on the Analogy Aspect on Achievement, Reasoning Ability, Emotional Spiritual Intelligence


Abstract

This study aims to investigate the effect of quadrilateral and triangle teaching using the disco-very approach emphasing on the analogy aspect on achievement, reasoning ability, and emotional spiritual intelligenceof Grade VII students of SMPN 9 Yogyakarta. This study was a quasi-experimen-tal study. The instruments of the study were an achievement test, reasoning ability test, and emotional spiritual intelligence questionnaire. The data wereanalyzed using the Multivariate Analysis of Variance (Manova) and Analysis of Variance(Anova) tests. The results of the study are as follows. There is aneffect of quadrilateral and triangle teaching using the discovery approach emphasing on the analogy aspect on students’ achievement and reasoning ability.There is noeffect of the students’spiritual emotional intelligence on the discovery approach emphasing on the analogy aspect. The discovery approach is not superior to the conventional approach.

Keywords: discovery, emphasing on the analogy aspect, achievement, reasoning ability, spiritual and emotional intelligence


Keywords


discovery; menekankan aspek analogi; prestasi belajar; kemampuan penalaran; kecerdasan emosional spiritual

Full Text:

PDF

References


Arends, R. I., & Kilcher, A. (2010). Teaching for student learning (becoming an accomplished teacher). New York and London: Routledge Ratlor and Francis Group.

BSNP.(2013). Laporan hasil ujian nasional tahun pelajaran 2012/2013. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemdiknas.

Cruickshank, D. R., Jenkins, D. B., & Metcalf, K. K. (2012). The act of teaching (6thed). New York: McGraw-Hill.

Kemendiknas. (2010). Rencana strategis kementerian pendidikan nasional 2010-2014. Diambil pada tanggal 14 Februari 2015, dari http://planipolis.iiep.unesco.org/upload/Indonesia/Indonesia_Education_Strategic_plan_2010-2014.pdf

Muhammad, A. (2010). Bila otak kanan dan otak kiri seimbang.Yogyakarta: Diva Press.

NCTM.(2000). Principles and standars for school mathematics. USA: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 58, Tahun 2014, tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.

Sagala, S. (2005). Konsep dan makna pembelajaran untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar. Bandung: Alfabeta.

Slavin, R. E. (2011). Psikologi pendidikan teori dan praktik. (Terjemahan Marianto Samosir). New Jersey: Pearson Education. (Buku asli diterbitkan tahun 2009)

Sternberg, R. J. (2008). Psikologi kognitif edisi keempat. (Terjemahan Yudi Santoso). USA: Thomson Wadsworth. (Buku asli diterbitkan tahun 2006)

Steven, J. P. (2009). Applied multivariate statistics for the social sciences (5thed). New York & London: Routledge Taylor & Francis Group.

Suriadi. (2006). Pembelajaran dengan pendekatan discovery yang menekankan aspek analogi untuk meningkatkan pemahaman matematik dan kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Tesis magister, tidak diterbitkan, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Riset Pendidikan Matematika



Jurnal Riset Pendidikan Matematika indexed by:

 

  


Creative Commons License
Jurnal Riset Pendidikan Matematika by http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved. p-ISSN 2356-2684 | e-ISSN 2477-1503

View My Stats