Kinerja guru matematika SMP dalam membangun minat dan motivasi belajar siswa

Hardi Tambunan, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja guru matematika SMP dalam membangun minat dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi mencakup semua siswa kelas 8 SMP di 4 sekolah negeri dan 3 sekolah swasta di Sumatera Utara, dan sampel diambil secara acak sebanyak 243 siswa. Instrumen penelitian menggunakan angket, dan data penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kinerja guru matematika dalam membangun minat belajar siswa berada pada kategori cukup. Ketika membangun minat belajar siswa, dilihat dari aspek menyampaikan tujuan pembelajaran, menjelaskan manfaat pembelajaran, dan pendekatan pembelajaran yang digunakan, kinerja guru berada pada kategori cukup, sedangkan dalam hal membuat siswa senang belajar kinerja guru masih berada pada kategori kurang baik. Kinerja guru matematika dalam membangun motivasi belajar siswa juga berada pada kategori cukup. Ketika membangun motivasi belajar siswa, kinerja guru dalam menjelaskan pentingnya belajar keras, melaksanakan ujian remedial, memberitahukan hasil ujian, dan memberikan pujian berada pada kategori cukup, sedangkan kinerja dalam membuat kompetisi di kelas berada pada kategori kurang baik

 

Abstract

This study aimed to describe junior high school mathematics teachers’ performance in building student interest and motivation. This study was an ex post facto research. The population included all eighth-grade students of junior high schools from four public schools and three private schools in Sumatera Utara, Indonesia, and 243 students were randomly selected as samples. The instrument used a questionnaire, and the data were analyzed descriptively. The results showed that, in general, mathematics teachers’ performance in building students’ interest in learning was in the moderate category. In building students’ interest in learning, teachers’ performance conveying learning objectives, explaining the benefits of learning, and the learning approach used, teachers’ performance was in the moderate category, while in terms of making students happy to learn, teacher performance was still in the poor category. The performance of mathematics teachers in building students’ motivation was also in the moderate category. In building students’ motivation, teachers’ performance in explaining the importance of studying hard, administrating remedial exams, notifying test results, and giving praise were in the moderate category, while making class competition is in the poor category.


Keywords


kinerja; membangun; minat; motivasi; performance; build; interest; motivation

Full Text:

Fulltext PDF

References


Abdurahim, A. (2016). Keefektifan model pembelajaran RESIK ditinjau dari sikap, motivasi dan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 137–149. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i2.7994

Ahmad, R. S. (2016). Pengaruh math phobia, self-efficacy, adversity quotien, dan motivasi berprestasi belajar matematika siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 259–272. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i2.6138

Allen, M. J., & Yen, W. M. (1979). Introduction to measurement theory. Brooks/Cole Publishing Company.

Amiluddin, R., & Sugiman, S. (2016). Pengaruh problem posing dan PBL terhadap prestasi belajar dan motivasi belajar mahasiswa pendidikan matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 100–108. https://doi.org/10. 21831/jrpm.v3i1.7303

Amir, Z.(2015). Mengungkap seni bermatematika dalam pembelajaran. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 60–76. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v1i1.1364

Asdam, M. (2017). Pengaruh pemberian evaluasi ulangan harian terhadap peningkatan motivasi belajar bahasa Indonesia pada tingkat SMP Kabupaten Maros. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(66),452–468. https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i66.360

Asrori, M. (2012). Psikologi pembelajaran. Wacana Prima.

Astuti, M., Siswati, S., & Setyawan, I. (2010). Hubungan antara persepsi terhadap pembelajaran kontekstual dengan minat belajar matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 18 Semarang. http://eprints.undip.ac.id/24784/1/JURNAL_MUJI_A__M2A605053_.pdf

Astutik, H. S. (2017). Keefektifan pembelajaran berdasarkan masalah pada bangun ruang sisi datar ditinjau dari penguasaan SK, motivasi, dan minat siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 56–66. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.12722

Basuki, K. H. (2015). Pengaruh kecerdasan spritual dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2), 120–133. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i2.332

Bugge, L. S., & Wikan, G. (2013). Student level factors influencing performance and study progress. The Online Journal of New Horizons in Education, 3(2), 30–38. http://www.tojned.net/journals/tojned/articles/v03i02/v03i02-04.pdf

Chrissanti, M. I., & Widjajanti, D. B. (2015). Keefektifan pendekatan metakognitif ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan minat belajar matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 51–52. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i1.7150

Cleopatra, M. (2015). Pengaruh gaya hidup dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2), 168-181. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/336/321

Djamarah, S. B. (2011). Strategi belajar mengajar. Rineka Cipta.

Effendy, E., Ediati, A., & Dewi, E. K. (2010). Hubungan antara persepsi terhadap kemampuan matematika anak dengan sikap terhadap program “I maths” pada ibu dari peserta program belajar matematika “I maths” di TK Kristen Tri Tunggal Semarang. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 7(1), 50–56. https://doi.org/10.14710/jpu.7.1.50-56

Febriyanti, C., & Seruni, S. (2014). Peran minat dan interaksi siswa dengan guru dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3), 245–254. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v4i3.161

Federici, R., Caspersen, J., & Wendelborg, C. (2016). Students’ perceptions of teacher support, numeracy, and assessment for learning: Relations with motivational responses and mastery experiences. International Education Studies, 9(10), 1–15. https://doi.org/10.5539/ies.v9n10p1

Frenzel, A. C., Goetz, T., Pekrun, R., & Warr, H. M. G. (2010). Development of mathematics interest in adolescence: Influences of gender, family, and school context. Journal of Research on Adolescence, 20(2), 507–537. https://doi.org/10.1111/j.1532-7795.2010.00645.x

Güler, G., & Çiltaş, A. (2011). The visual representation usage levels of mathematics teachers and students in solving verbal problems. International Journal of Humanities and Social Science, 1(11), 145–154. http://www.ijhssnet.com/journals/Vol_1_No_11_Special_Issue_August_2011/17.pdf

Guvendir, M. A. (2016). Students’ extrinsic and intrinsic motivation level and its relationship with their mathematics achievement. International Journal for Mathematics Teaching and Learning, 17(1), 1–21. http://www.cimt.org.uk/ijmtl/index.php/IJMTL/article/view/9

Habibi, M. (2014). Analisis kinerja guru matematika dari sudut pandang siswa: Penelitian di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi. Educatonist, 7(1), 63–69.

Heinze, A., Reiss, K., & Franziska, R. (2005). Mathematics achievement and interest in mathematics from a differential perspective. ZDM–Mathematics Education, 37(3), 212–220 https://doi.org/10.1007/s11858-005-0011-7

Hill, C. H., Rowan, B., & Ball, D. L. (2005). Effects of Teachers’ mathematical knowledge for teaching on student achievement. American Educational Research Journal, 42(2), 371–406. https://doi.org/10.3102/00028312042002371

Ivowi, U. (2001). Role of teachers in motivating students’ interest in science and mathematics. IICBA – Newsletter, 3(1), 1–7. https://unesdoc.unesco.org/images/0023/002315/231596e.pdf

Jalali, Z., & Heidari, A. (2016). The relationship between happiness, subjective well-being, creativity and job performance of primary school teachers in Ramhormoz city. International Education Studies, 9(6), 45–52. https://doi.org/10.5539/ies.v9n6p45

Jamal, F., Morina, C., & Ahmad, A. (2019). Kompetensi pedagogik guru matematika sekolah menengah pertama negeri Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Peluang, 7(2), 1–10. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/181

Jatmiko, J. (2015). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Nahdhatul Ulama Pace Nganjuk. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(2), 205–213. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/237

Jemudin, F. D. E., Makur, A. P., & Ali, F. A. (2019). Hubungan sikap belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa SMPN 6 Langke Rembong. Journal of Honai Math, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.30862/jhm.v2i1.53

Kpolovie, P. J., Poe, A. I., & Okoto, T., (2014). Academic achievement prediction: Role of interest in learning and attitude towards school. International Journal of Humanities Social Sciences and Education, 1(11), 73–100. https://www.arcjournals.org/pdfs/ijhsse/v1-i11/10.pdf

Laksono, Y. S. (2016). Hubungan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan komik. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 1(2), 60–64. http://doi.org/10.25273/jems.v1i2.143

Lasmita., & Kartina, L. (2019). Pengaruh karakter kerja keras terhadap prestasi belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan alam materi fisika di kelas VIII SMP Negeri 2 Muaro Jambi. Compton: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 15–23. http://dx.doi.org/10.30738/cjipf.v6i1.4687

Lestari, W. (2013). Pengaruh waktu belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115–125. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118

Marchis, I. (2011). Factors that influence secondary school students’ attitude to mathematics. Procedia–Social and Behavioral Sciences, 29, 786–793. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.306

Mbugua, Z. K., Kibet, K., Muthaa, G. M., & Nkonke, G. R. (2012). Factors contributing to students’ poor performance in mathematics at Kenya certificate of secondary education in Kenya: A case of Baringo County, Kenya. American International Journal of Contemporary Research, 2(6), 87–91. https://www.aijcrnet.com/journals/Vol_2_No_6_June_2012/11.pdf

Mutodi, P., & Ngirande, H. (2014). The influence of students` perceptions on mathematics performance. A case of a selected high school in South Africa. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(3), 431–445. https://doi.org/10.5901/mjss.2014.v5n3p431

Putri, D. T. N., & Isnani, G. (2015). Pengaruh minat dan motivasi terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, 1(2), 118–124. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpbm/article/view/1673

Romas, M. Z. (2006). Pengaruh pujian terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas 4 sekolah dasar, Jurnal Psikologi, 2, 1–9. https://ejournal.up45.ac.id/index.php/psikologi/article/view/49/48

Sanjaya, W. (2008). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Prenada.

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Raja Grafindo Persada.

Satriawan, R. (2017). Keefektifan model search, solve, create, and share ditinjau dari prestasi, penalaran matematis, dan motivasi belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 87–99. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.7863

Schukajlow, S. (2015). Effects of enjoyment and boredom on students’ interest in mathematics and vice versa. In K. Beswick, T. Muir, & J. Wells (Eds.), Proceedings of 39th Psychology of Mathematics Education Conference (Vol. 4, pp.137–144). https://ivv5hpp.uni-muenster.de/u/sschu_12/pdf/Publikationen/Schukajlow_PME39-2015.pdf

Sembiring, R., & Muktar. (2013). Strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 214-229. https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996

Sevilla, C. G. Ochave, J. A., Punsalan, T. G., Regala, B. P., & Uriarte, G. G. (2007). An introduction to research methods. Rex Printing Company.

Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 122–131. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i2.93

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35-43. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750

Slameto, S. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Rineka Cipta.

Sudijono, A. (2011). Pengantar evaluasi pendidikan. Raja Grafindo Persada

Sugiasih, P. (2015). Pengaruh peran guru sebagai motivator terhadap motivasi belajar ekonomi siswa SMA Se-Kecamatan Seririt tahun pelajaran 2014/2014. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 5(1), 1–11. http://dx.doi.org/10.23887/jjpe.v5i1.6390

Sukada, K., Sadia, W., & Yudana, M. (2013). Kontribusi minat belajar, motivasi berprestasi dan kecerdasan logis matematika terhadap hasil belajar matematika siswa SMA Negeri 1 Kintamani. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–11. https://oldpasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ap/article/view/697

Sumantri, M. S., & Whardani, P. A. (2017). Relationship between motivation to achieve and professional competence in the performance of elementary school teachers. International Education Studies, 10(7), 118–125. https://doi.org/10.5539/ies.v11n4p144

Suparni, S. (2016). Profesionalisme guru matematika dalam merencanakan pembelajaran berbasis kompetensi. Tazkir: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, 2(1), 15–30. https://doi.org/10.24952/tazkir.v2i1.399

Susilo, B. (2017). Reward punishment terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 21 Surabaya. Jurnal Pi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Integrasinya, 1(1), 12–16. http://e-journal.hikmahuniversity.ac.id/index.php/math/article/view/9

Syaripah, S. (2016). Pengaruh persepsi pembelajaran matematika terhadap motivasi belajar siswa dalam bidang matematika di sekolah SMA negeri 1 Curup Timur TP 2015/2016. Jurnal EduTech, 2(2), 117–131. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/viewFile/604/498

Tambunan, H. (2018). The dominant factor of teacher’s role as a motivator of students’ interest and motivation in mathematics achievement. International Education Studies, 4(4), 144–151. https://doi.org/10.5539/ies.v11n4p144

Tambunan, H. (2019). The effectiveness of the problem-solving strategy and the scientific approach to students’ mathematical capabilities in high order thinking skills. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 293-302. https://doi.org/10.29333/iejme/5715

Tambunan, N. (2016). Pengaruh strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3), 207–219. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i3.993

Trisnawati, T. & Wutsqa, D. U. (2015). Perbandingan keefektifan quantum teaching dan TGT pada pembelajaran matematika ditinjau dari prestasi dan motivasi. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 297–307. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7348

Uno, B. H. (2010). Belajar dengan pendekatan PAIKEM. Bumi Aksara.

Wibowo, A. (2017). Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dan saintifik terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis dan minat belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10066

Yulianingsih, L. T., & Sobandi, A. (2017). Kinerja mengajar guru sebagai faktor determinan prestasi belajar siswa. Manper: Jurnal Pendidikan Manajeman Perkantoran, 2(2), 157–165. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8105

Yuliyanti. Y., Winarso, W., & Misri, M. A. (2019). Analisis profil guru matematika berimplikasi dalam membangun konsep diri matematika. Jurnal Matematics Paedogic, 3(2), 107–116. http://jurnal.una.ac.id/index.php/jmp/article/view/417

Yusuf, H. O., & Dada, A. A. (2016). Impact of teachers’ qualification and experience on the performance of students’ in colleges of education in Kaduna State, Nigeria. The Online Journal of Quality in Higher Education, 3(2), 52–61. https://www.tojqih.net/journals/tojqih/articles/v03i02/v03i02-05.pdf




DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i1.19384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Riset Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Riset Pendidikan Matematika indexed by:

 

  


Creative Commons License
Jurnal Riset Pendidikan Matematika by http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved. p-ISSN 2356-2684 | e-ISSN 2477-1503

View My Stats