The impact of online learning on students learning motivation
Sudiyatno Sudiyatno, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adriani, S. R. C., Khoirot, S., Sawitri, S., & Nurjanah, N. (2021). Dampak pembelajaran jarak jauh pada masa Covid-19 di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan, 30(1), 53–58. https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1162
Amalia, A., & Sa’adah, N. (2020). Dampak wabah Covid-19 terhadap kegiatan belajar mengajar di Indonesia. Jurnal Psikologi, 13(2), 214–225. https://doi.org/10.35760/psi.2020.v13i2.3572
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi belajar siswa SMA pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57
Chang, T.-Y., Hsu, M.-L., Kwon, J.-S., Kusdhany, M. L. S., & Hong, G. (2021). Effect of online learning for dental education in asia during the pandemic of COVID-19. Journal of Dental Sciences, 16(4), 1095–1101. https://doi.org/10.1016/j.jds.2021.06.006
Dewi, T. A. P., & Sadjiarto, A. (2021). Pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 1909–1917. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1094
Farell, G., Ambiyar, A., Simatupang, W., Giatman, M., & Syahril, S. (2021). Analisis efektivitas pembelajaran daring pada SMK dengan metode asynchronous dan synchronous. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1185–1190. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.521
Hamid, R., Sentryo, I., & Hasan, S. (2020). Online learning and its problems in the Covid-19 emergency period. Jurnal Prima Edukasia, 8(1), 86–95. https://doi.org/10.21831/jpe.v8i1.32165
Handayani, J. A., Al-Bahij, A., Bahar, H., & Iswan, I. (2020). Analisis kesiapan pembelajaran daring peserta didik Kelas I Sekolah Dasar Negeri Ciputat 04 di masa pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–5. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/7868
Haryadi, R., & Rosina, I. (2020). Pengaruh sistem pembelajaran daring terhadap motivasi dan kualitas belajar siswa. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 11(2), 136–141. https://doi.org/10.23887/jjbk.v11i2.30488
Kristina, M., Sari, R. N., & Nagara, E. S. (2020). Model pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid 19 di Provinsi Lampung. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 200–209. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.16945
Kusumaningrini, D. L., & Sudibjo, N. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa di era pandemi Covid-19. Akademika, 10(01), 145–161. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1271
Lisman, F., Primawati, P., Waskito, W., & Sari, D. Y. (2021). Kelebihan dan kekurangan sistem pembelajaran daring dari perspektif guru dan siswa di SMK 2 Payakumbuh. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 3(1), 72–76. https://doi.org/10.24036/vomek.v3i1.179
Lusiani, L. (2021). Analisis pelaksanaan pembelajaran online dalam masa pandemi Covid-19 berdasarkan persepsi guru sekolah menengah kejuruan. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2586–2593. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.920
Mastura, M., & Santaria, R. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap proses pengajaran bagi guru dan siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 289–295. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.293
Minister of Education and Culture of the Republic of Indonesia. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19). Minister of Education and Culture of the Republic of Indonesia. https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/
Muhammad, M. (2017). Pengaruh motivasi dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87–97. https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881
Musu, W., Simpen, W., & Samsie, I. (2021). Identifikasi pola pembelajaran daring dimasa pandemi Covid-19 menggunakan teknik data mining. Jurnal Pekommas, Special Is, 11–19. https://doi.org/10.30818/jpkm.2021.2060302
Ningsih, S. R., & Erdisna, E. (2021). Implementasi e-learning sebagai media pembelajaran online bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), 5(1), 20–28. https://doi.org/10.35145/joisie.v5i1.1307
Noori, A. Q. (2021). The impact of COVID-19 pandemic on students’ learning in higher education in Afghanistan. Heliyon, 7(10), e08113. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e08113
Noviansyah, W., & Mujiono, C. (2021). Analisis kesiapan dan hambatan siswa SMK dalam menghadapi pembelajaran daring di masa pandemi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 82–88. https://www.e-journal.my.id/jsgp/article/view/522
Nurfaisal, N. (2021). Motivasi belajar siswa selama pandemi Covid 19 dalam proses belajar dari rumah. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(1), 1800–1808. https://doi.org/10.31955/mea.v5i1.1605
Puthree, A. N., Rahayu, D. W., Ibrahim, M., & Djazilan, M. S. (2021). Analisis faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa sekolah dasar selama pembelajaran daring. Jurnal Basicedu, 5(5), 3101–3108. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1279
Putri, V. D. (2021). Pengaruh pembelajaran daring pada siswa SMK. Coution : Journal of Counseling and Education, 2(2), 1–9. https://doi.org/10.47453/coution.v2i2.314
Rahayu, R. S. (2018). Studi literatur: Peranan Bahasa Inggris untuk tujuan bisnis dan pemasaran. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(4), 149–158. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v1i4.1553
Ramanta, D., & Widayanti, F. D. (2020). Pembelajaran daring di sekolah menengah kejuruan putra Indonesia Malang pada masa pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 61–67. http://conference.um.ac.id/index.php/bk2/article/view/81/84
Ramli, R. (2013). Pengaruh motivasi belajar terhadap kompetensi produktif siswa SMK Negeri Sumatera Barat. Prosiding Seminar Nasional PTK, 508–520. http://repository.unp.ac.id/2664/1/PROSIDING SEMINAR NASIONAL %28Ramli 508%29 VOKASI - FT UNP PADANG 2013 2.pdf
Samsinar, S., Azis, M., & Azis, F. (2021). Persepsi siswa terhadap pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 di SMK Negeri 7 Pangkep. Proceedings of National Seminar Research and Community Service Institute Universitas Negeri Makassar, 1078–1088. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/25256
Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25–30. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168
Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555
Siahaan, M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap dunia pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265
Suciati, P., & Syafiq, A. (2021). School From Home (SFH): Perjuangan para orang tua siswa usia dini di masa pandemi Covid-19. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 3(2), 7–16. https://doi.org/10.7454/jsht.v3i2.129
Sukardi, S. (2003). Metodologi penelitian pendidikan : Kompetensi dan praktiknya. Bumi Aksara.
Sukardi, S., & Rahmat, M. H. (2019). Pencapaian hasil belajar teori kejuruan ditinjau dari persepsi mahasiswa pada pembelajaran online. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 4(2), 111–116. https://doi.org/10.21831/dinamika.v4i2.27394
Suttrisno, S. (2021). Analisis dampak pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa madrasah ibtidaiyah. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 1(1), 1–10. https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.190
Syafari, Y., & Montessori, M. (2021). Analisis pembelajaran daring terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa dimasa pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1294–1303. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.872
Wandira, P., Sabrina, M., Sinaga, N., Putri, J., & Nasution, T. (2021). Dampak pembelajaran daring pada siswa dan guru di era COVID-19. Jurnal Citizenship Virtues, 1(2), 151–156. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/citizenshipvirtues/article/view/1006
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa pada masa COVID 19. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142
DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v13i1.46568
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by: