Pengembangan Lab Sheet Pratikum Hidrolika untuk Program Studi S1 Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Rina Fitriyani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Didik Purwantoro, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan lab sheet Praktikum Hidrolika pada Prodi S1 PTSP FT UNY, 2) mengetahui tingkat kelayakan pengembangan lab sheet untuk Praktikum Hidrolika pada Prodi S1 PTSP FT UNY. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D), dengan model pengembangan Four-D Models yang dipaparkan oleh Thiagarajan terdiri dari 4 tahap, yaitu Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), dan Penyebaran (Disseminate). Lokasi penelitian di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Negeri Yogyakarta. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner dengan skala Likert 5 pilihan jawaban. Tingkat kelayakan diperoleh dari ahli materi dan ahli media. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan mencarai hasil reratanya. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, diketahui bahwa:1) pengembangan media pembelajaran menggunakan tahap 4D, tahap define untuk mencari informasi yang natinya menjadi pendukung dalam pengembangan lab sheet, tahap design untuk merancang lab sheet sesuai dengan standar yang digunakan jurusan, tahap develop untuk melakukan validasi kepada ahli materi dan ahli media, dan tahap disseminate dilakuan untuk menyebarkan hasil produk yang diserahkan kepada dosen pengampu mata kuliah Praktikum Hidolika. 2) hasil validasi ahli materi dengan persentase kelayakan sebesar 76,18% dengan kategori “baik” dan hasil validasi ahli media dengan persentase kelayakan sebesar 82,06% dengan kategori “sangat baik”.

Kata Kunci: Penelitian & pengembangan, lab sheet, praktikum hidrolika

This study aims to: 1) describe the process and results of the development of the Hydraulics Practicum lab sheet at the PTSP FT UNY S1 Study Program, 2) to determine the feasibility of developing a lab sheet for the Hydraulics Practicum at the PTSP FT UNY Undergraduate Study Program. This study uses the Research and Development (R&D) method, with the Four-D Models development model described by Thiagarajan consisting of 4 stages, namely Definition, Design, Development, and Dissemination. The research location is in the Department of Civil Engineering Education and Planning, Faculty of Engineering and Planning, Yogyakarta State University. The instrument used is a questionnaire with a Likert scale of 5 answer choices. The feasibility level was obtained from material experts and media experts. Data analysis in this study used a quantitative descriptive technique by looking for the average results. Based on the results of the analysis and discussion, it is known that: 1) the development of learning media uses the 4D stage, the define stage to find information that will later become a supporter in the development of the lab sheet, the design stage to design the lab sheet in accordance with the standards used by the department, the develop stage to validate to material experts and media experts, and the disseminate stage is carried out to disseminate the product results which are submitted to the lecturer in charge of the Hidolika Practicum course. 2) the results of material expert validation with a feasibility percentage of 76.18% in the "good" category and the results of media expert validation with a feasibility percentage of 82.06% in the "very good" category.


Keywords


research; development; lab sheet; hydraulics practicum

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. & Jabar, C. S. A. (2009). Evaluasi program pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara

Darmadi, Hamid. 2011. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Mustofa, B. 2009, Pedoman menulis proposal skripsi dan tesis, Yogyakarta: Panji Pustaka.

Sugiyono, (2015). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2013. Metode penelitian pendidikan tindakan kelas :

Implementasi dan Pengembangannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Thiagarajan, S., Semmel, D.D., & Semmelpp, M.I, (1974). Instructional develop for training teachers of exceptional children. Minnesotta: U.S. Office of Education.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpts.v4i2.53954

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rina Fitriyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 
 
Online (e-ISSN): e-ISSN 2715-0437 || Printed (p-ISSN): p-ISSN 2715-7601


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Teknik Sipil by Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (uny.ac.id) was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.