Pengembangan Kurikulum Berbasis Luaran Di Era Disrupsi (Outcomes-Based Curriculume In Disrupstion Era - OBCiDE) Berdasarkan Stakholders Internal Di Program Studi S1 Teknik Sipil FT UNY
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Badan Pusat Statistik (2021). Keadaan Tenaga Kerja Indonesia Agustus 2021. Jakarta. BPS. No.84/11/Th. XXIV, 05 November 2021
Direktorat Pendidikan Tinggi (2020). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era 4.0 untuk mendukung Merdeka Belajar –
Kampus Merdeka. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Rachmad Prihadi, W. (2019). Model Teacherpreneur Pada Pembelajaran Vokasi Menghadapi Era Disrupsi dan Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 1(1). doi:https://doi.org/10.21831/jpts.v1i1.28274
Somani, G. (2020). Outcome Based Education - A Solution To Rising Unemployment. https://www.mastersofterp.com/blog/outcome-based-education-a-solution-to-rising-unemployment/
Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta,
Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Sutarto. (2019). Filosofi Dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Vokasi Dalam Era Disrupsi. Pengukuhan Guru Besar, Tidak Diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta, DI Yogyakarta.
Sutopo. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS.
Tim kurikulum Prodi Teknik Sipil. (2020). Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Program Studi Teknik Sipil Sarjana S1. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpts.v4i2.53932
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Reni Panisha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Teknik Sipil by Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (uny.ac.id) was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.