Pengembangan Video Pembelajaran dan Buku Elektronik Dasar-Dasar AutoCAD 2021
Ratna Fajarwati M, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Okta Purnawirawan, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Najih Gilang R, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Abstract
ABSTRACT
AutoCAD is a very important application, especially in engineering, one of which is Architecture. However, there are no specific courses that teach design using AutoCAD. Thus causing some problems found in the implementation of teaching and learning. First, there are not a few students who do not understand the functions and uses of AutoCAD itself, thus making lecturers have to provide basic material about AutoCAD outside of the subjects that should be delivered. Second, the limitations of students who have personal computers, so that students are less than optimal in independent learning regarding the functions and uses of AutoCAD and rely more on learning in the computer laboratory. Third, the low interest of students in reading books related to AutoCAD knowledge. This study uses the R&D method with the Alessi & Trollip development model with a sample of STT STIKMA International students. In this study, the development of this learning is validated by expert lecturers who will validate the overall content of the product in the form of a learning video. In addition to validation sheets, data collection was also carried out through questionnaires or questionnaires distributed to students. This questionnaire instrument uses a Likert scale. From the research validation process, it shows that the results of the material test have a value of 68.75% which is categorized in quite good criteria, the media test has a value of 90.38% which is categorized in very good criteria and the test to students has a value of 79.54% which is categorized in very good criteria, so that the development of learning the basics of AutoCAD is feasible to be used in the learning process. Keywords: Learning videos, E-books, AutoCAD
ABSTRAK
Autocad adalah aplikasi yang sangat penting, terutama di bidang teknik, salah satunya Arsitektur. Akan tetapi tidak ada matakuliah spesifik yang mengajarkan desain menggunakan Autocad. Sehingga menyebabkan beberapa permasalahan yang ditemukan dalam pelaksanaan belajar mengajar. Pertama, tidak sedikit mahasiswa yang kurang paham akan fungsi dan kegunaan dari Autocad itu sendiri, sehingga membuat dosen harus memberi materi dasar tentang Autocad diluar mata pelajaran yang seharusnya disampaikan. Kedua, keterbatasan mahasiswa yang memiliki komputer pribadi, sehingga mahasiswa kurang maksimal dalam pembelajaran secara mandiri terkait fungsi dan kegunaan Autocad dan lebih mengandalkan belajar saat di laboratorium komputer. Ketiga, rendahnya minat mahasiswa membaca buku terkait pengetahuan Autocad. Untuk itu peneliti akan membuat video pembelajaran dan buku elektronik tentang dasar-dasar Autocad, selain itu dengan adanya video pembelajaran ini nantinya akan memudahkan para Dosen untuk melakukan penugasan matakuliahnya sesuai materi matakuliahnya namun membutuhkan Autocad sehingga tidak terkendala kemampuan mahasiswa yang masih belum memahami fungsi dan kegunaan Autocad. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model pengembangan Alessi & Trollip dengan sampel mahasiswa STT STIKMA Internasional. Dalam penelitian ini, pengembangan pembelajaran ini divalidasi oleh Dosen ahli yang akan memvalidasi tentang isi keseluruhan dari produk yang berupa video pembelajaran. Selain lembar validasi pengumpulan data juga dilakukan melalui kuesioner atau angket yang dibagikan ke mahasiswa. Instrumen angket ini menggunakan skala Likert. Dari proses validasi penelitian menunjukkan bahwa hasil uji materi memiliki nilai 68,75% yang dikategorikan dalam kriteria cukup baik, uji media memiliki nilai 90,38% yang dikategorikan dalam kriteria sangat baik dan uji coba kepada mahasiswa memiliki nilai 79,54% yang dikategorikan dalam kriteria sangat baik, sehingga pengembangan pembelajaran dasar-dasar Autocad layak untuk dipergunakan dalam proses pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDF 3References
Agustiningsih. (2015). Video sebagai alternatif media pembelajaran dalam rangka mendukung keberhasilan penerapan kurikulum 2013 di sekolah dasar. Jurnal Pancaran, 4.
Akbar, S., & Sriwiyana, H. (2011). Pengembangan kurikulum dan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial. Cipta Media.
Allesi, S. M., & Trollip, S. R. (2001). Multimedia for Learning Method And Development. Alin and Bacon.
Ananda, R. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Andri. (2009). Pengaruh Penggunaan Search Engine, E-Mail Dan Mailing List Terhadap Kualitas Informasi Yang Dihasilkan Dalam Lingkungan Universitas Bina Darma Palembang. Jurnal Sistem Informasi (JSI), 1(3).
Diyana, T. N., Supriana, E., & Kusairi, S. (2020). Pengembangan multimedia interaktif topik prinsip Archimedes untuk mengoptimalkan student centered learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.27672
Fathurrohman, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Modern Konsep Dasar, Inovasi dan Teori pembelajaran. Penerbit Garudhawaca.
Haria Aria, S. (2006). Mahir Meng AutoCAD 2D 2006. Elex Media Komputindo.
Hayati, S. (2017). BELAJAR dan PEMBELAJARAN BERBASIS PEMBELAJARAN KOOPERATIF. In Magelang: Pustaka satu.
Kasim. (2007). Panduan Praktis Proses Cetak AutoCAD. PT. Elex Media Komputindo.
Khaidir, C. (2016). Pengembangan Buku Ajar Metode Numerik Berbasis Konstruktivisme Di Iain Batusangkar. In Ta’dib (Vol. 19, Issue 1,). https://doi.org/10.31958/jt.v19i1.452
Raharjo, N. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID DENGAN AUGMENTED REALITY UNTUK MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X KONTRUKSI GEDUNG, SANITASI DAN PERAWATAN DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, II(1).
Riduwan, & Akdon. (2008). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika untuk Penelitian. ALFABETA.
Riyana, C. (2007). Pedoman pengembangan media video. Jakarta: P3ai UPI.
Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem pembelajaran (cetakan ketiga). Kencana Prenadamedia Group.
Saputra, O. A. (2017). Dasar AutoCAD 2 Dimensi. Deepublish CV Budi Utama.
Sastra, S. (2019). Membuat Model 2D & 3D deng
an AutoCAD Tingkat Dasar. PT. Elex Media Komputindo.
Satria, B. (2022). Teknik Dasar Desain 2D Pada Aplikasi AutoCAD. Guapedia.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2007). Teknologi Pengajaran. Sinar Baru Algesindo.
Sugiono, P. D. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. ALFABETA.
Tolukun, T. (2019). Utilizing Image Media to Develop Early Language Capabilities in Children. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 382 (Icet). https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.60
Widodo, S.T., M. T. (2020). Khatam Dasar-dasar AutoCAD 2D dalam 7 Hari. In LLeutika Prio.
Witanto, J. (2018). Minat Baca yang Sangat Rendah. Jurnal Perpustakaan Librarian, April.
Zahara, N., Djufri, D., & Sarong, M. A. (2017). Optimalisasi Pembelajaran Dengan E-Book Dan Media pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Kelas X SMA Pada Materi Dunia Tumbuhan. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 2(2). https://doi.org/10.22373/biotik.v2i2.243
DOI: https://doi.org/10.21831/jpts.v4i1.48591
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Annisa' Carina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Teknik Sipil by Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (uny.ac.id) was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.