Relevansi Kompetensi Lulusan S1 Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Negeri Yogyakarta dengan Kebutuhan Dunia Industri Jasa Konstruksi Bidang Perencana

Satria Warnandes, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Lilik Hariyanto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Galeh Nur Indriatno Putra Pratama, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


ABSTRACT

This research aims to determine the competence of graduates in the S1 curriculum of PTSP UNY in 2020 from aspects of learning outcomes needed by the construction planner industry, knowing the relevance of graduate competencies in the curriculum with the needs of the construction planner industri  and knowing the competencies of graduates based on industry advice that has not been listed in the learning outcomes. This type of research is descriptive quantitative and sample research using  purposive snowball sampling method. Using questionnaire instruments with 55 question points. Data analysis is done with descriptive percentages. The results showed that the competence of graduates in the S1 PTSP UNY curriculum in 2020 judging from aspects of learning outcomes required by the industry consists of four aspects, namely attitude (10 competencies), knowledge (13 competencies), general skills (17 competencies), and specific skills (15 competencies the level of competency relevance of graduates in the 2020 S1 PTSP UNY curriculum on the four aspects of the criteria is very relevant. In the aspect of attitude 89%, knowledge 81.54%, general skills 85.53%, and specific skills 83.20% and additional competencies  based on industri advice is  able to master the survey results and existing conditions.

Keywords: relevance of competence, S1 PTSP UNY, curriculum 2020, construction industri, and planners.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi lulusan pada kurikulum S1 PTSP UNY tahun 2020 dari aspek capaian pembelajaran yang dibutuhkan industri bidang perencana konstruksi, mengetahui tingkat relevansi kompetensi lulusan pada kurikulum dengan kebutuhan industri bidang perencana konstruksi dan mengetahui kompetensi lulusan berdasarkan saran dunia industri yang belum tercantum dalam capaian pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan sampel penelitian menggunakan metode purposive snowball sampling. Menggunakan instrumen angket dengan butir pertanyaan sebanyak 55 butir. Analisis data dilakukan dengan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi lulusan pada kurikulum S1 PTSP UNY tahun 2020 dilihat dari aspek capaian pembelajaran yang dibutuhkan industri terdiri dari empat aspek yaitu sikap (10 kompetensi), pengetahuan (13 kompetensi), keterampilan umum (17 kompetensi), dan keterampilan khusus (15 kompetensi), tingkat relevansi kompetensi lulusan pada kurikulum S1 PTSP UNY tahun 2020 termasuk dalam kriteria sangat relevan. Pada aspek sikap 89%, pengetahuan 81,54%, keterampilan umum 85,53%, dan keterampilan khusus 83,20% dan kompetensi tambahan berdasarkan saran dunia industri adalah mampu menguasai hasil survei dan kondisi eksisting.



Keywords


Relevansi kompetensi, S1 PTSP UNY, Kurikulum 2020, Industri konstruksi, dan Perencana.

Full Text:

PDF 6

References


Baio, C. A. (2019). Relevansi kompetensi lulusan D3 Teknik Sipil Universitas Negeri Yogyakarta dengan kebutuhan industri jasa konstrusi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Negeri Yogyakarta.

Hamalik, Oemar. (2017). Dasar-dasar pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

JPTSP. (2020). Kurikulum merdeka belajar-kampus merdeka Prodi: Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Sarjana S1. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Kamil, Marlina. (2018). Konstruksi dalam angka 2018. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2010). Pasal 97 peraturan pemerintah nomor 17 tahun 2010, tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

Kementrian Perindustrian. (2003). Undang-undang nomor 13 tahun 2003, tentang Ketenagakerjaan.

Kurniawan, Muhammad. (2019). Relevansi kurikulum dengan kebutuhan keterampilan di dunia kerja pada Program Studi Teknik Sipil Bangunan Gedung UNP (studi kasus: PT. Waskita Karya). Jurnal Cived Jurusan Teknik Sipil, Vol. 6 No. 1.

Peraturan Presiden. (2012). Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Riduan. (2004). Belajar mudah penelitian untuk guru-karyawan dan peneliti pemula. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, S.N. (2019). Pengembangan kurikulum teori dan praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tilaar, H.A.R. (1991). Sistem pendidikan nasional yang kondusif bagi pembangunan masyarakat industri modern berdasarkan Pancasila. Makalah pada KIPNAS V September 1991, Jakarta.

Wibowo, Nugroho (2016). Wibowo, Nugroho. (2016). Upaya memperkecil kesenjangan kompetensi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan dengan tuntutan dunia industri. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vol.23 No.1.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpts.v4i1.48489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Satria Warnandes, Lilik Hariyanto, Galeh Nur Indriatno Putra Pratama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 
 
Online (e-ISSN): e-ISSN 2715-0437 || Printed (p-ISSN): p-ISSN 2715-7601


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Teknik Sipil by Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (uny.ac.id) was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.