Pengaruh Praktik Kerja Industri terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Pendidikan Indonesia

Ziani Nadzima, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Nandan Supriatna, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Siti Nurasiyah, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pelaksanaan praktik kerja industri terhadap kesiapan mengajar mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan DPTS FPTK UPI. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif.Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa PTB yang telah menyelesaikan praktik kerja industri, masih aktif sebagai mahasiswa, dan telah menyelesaikan PPL.Sampel penelitian berjumlah 37 orang mahasiswa. Validitas instrument dilakukan dengan metode judgement expert dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan melalui beberapa uji. Dari beberapa pengujian yang dilakukan, didapatkan hasil diantaranya: 1) Pada pelaksanaan Praktik kerja Industri yang dilakukan oleh mahasiswa PTB DPTS FPTK UPI yang terdiri atas pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi telah terlaksana dengan sangat baik. 2) Kesiapan Mengajar pada pelaksanaan PPL dengan sub indikator kesiapan merencanakan pembelajaran dan kesiapan mengelola proses pembelajaran pun telak terlaksana dengan sangat baik. 3) Pelaksanaan Praktik Kerja Industri memberikan pengaruh yang positif terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa PTB DPTS FPTK UPI pada pelaksanaan PPL.

The Influence of Industrial Work Practices on Teaching Readiness of Building Engineering Education Students, Universitas Pendidikan Indonesian 

Abstract

This research aims to find out how much the impact of internship towards teaching readiness of Building Engineering Education Student DPTS FPTK UPI. This research used descriptive correlational method with quantitative approach. The population of this research are active Building Engineering Education Student who finish the internship and finish to teach at vocational school courses. The sample of this reseach are 37 college student. The validity test used judgement expert method and the reliability test used Alpha formula. The data obtained were then analyzed by going through several test. From that several test, the result obtained include: 1) In the implementation of Internship carried out by Building Engineering Education Student DPTS FPTK UPI which consists of organizing, implementating and valuating, it has been carried out very well. 2) Teaching readiness in the implementation of teach at vocational school courses with sub indicators of readiness to manage the learning process were also carried out very well. 3) The implementation of internship has positive effect on teaching readiness of Building Engineering Education Student DPTS FPTK UPI in the implementation of teach at vocational school courses. 

 


Keywords


Praktik Kerja Industri; Kesiapan Mengajar;Industrial Work Practice;Teaching Readiness

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Greene, R. (2006). Belajar tak hanya di sekolah. Jakarta: Erlangga.

Hendryadi. (2017). Validasi isi: Tahap awal pengembangan kuesioner. Jakarta. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

Mulyasa, E. (2007). Standar kompetensi dan sertifikasi guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nuragustiani, Sutinah (2014) Pengaruh Praktik Industri Terhadap Kesiapan Calon Guru untuk Mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan (Skripsi). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Soedjadi. (2007). Inti Dasar-Dasar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika Vol.1 No.2. ISSN 1978- 0044 Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005. tentang Guru dan Dosen




DOI: https://doi.org/10.21831/jpts.v3i2.45355

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nandan Supriatna




 
 
Online (e-ISSN): e-ISSN 2715-0437 || Printed (p-ISSN): p-ISSN 2715-7601


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Teknik Sipil by Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (uny.ac.id) was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.