Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Hots Menggunakan Aplikasi Quizizz Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Ninda Ayu Narassati, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Rosmawita Saleh, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Riyan Arthur, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan alat evaluasi menggunakan aplikasi Quizizz pada mata pelajaran Mekanika Teknik dalam pembelajaran jarak jauh pada kelas X DPIB dan KGSP di beberapa SMK se-DKI Jakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Developpment (R&D) dengan model penelitian pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan alat evaluasi Mekanika Teknik mendapatkan kelayakan ahli materi sebesar 85,88% dengan kategori sangat layak, ahli instrumen sebesar 80,62% dengan kategori layak, dan ahli bahasa sebesar 85,14% dengan kategori sangat layak. Hasil uji validitas isi ahli materi sebesar 0,823 yang termasuk kategori tinggi, validitas isi ahli instrumen sebesar 0,758 yang termasuk kategori sedang, dan validitas isi ahli bahasa sebesar 0,833 yang termasuk kategori tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa alat evaluasi Mekanika Teknik menggunakan aplikasi Quizizz sudah sangat baik dalam mewakili suatu konstruk yang diukur sehingga dapat menunjang proses evaluasi pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran Mekanika Teknik dengan efektif dan efisien.

Development of a Hots-Based Evaluation Tool Using the Quizizz Application in Mechanical Engineering Subjects in Distance Learning

Abstract

This research is a research and development that aims to develop evaluation tools using quizizz applications on engineering mechanics subjects in distance learning in class X DPIB and KGSP in several vocational schools in Jakarta. The research method used is Research and Development (R&D) with addie development research model (Analysis, Design, Development, Evaluation). The results showed that the development of Technical Mechanics evaluation tools gained material expert eligibility by 85.88% with a very decent category, instrument experts by 80.62% with decent categories, and linguists by 85.14% with very decent categories. Test results validitas material expert content of 0.823 which belongs to the high category, the validity of the instrument expert content of 0.758 which belongs to the medium category, and the validity of the content of linguists by 0.833 which belongs to the high category. So itis concluded that the Engineering Mechanics evaluation tool using quizizz application has been very good in representing a construct measured so as to support the process of evaluation of distance learning in the subjects of Engineering Mechanics effectively and efficiently.


Keywords


Alat Evaluasi; Quizizz; Mekanika Teknik; Evaluation Tools, Quizizz, Mechanical Engineering

Full Text:

PDF

References


Algandri, S. A., & Estidarsani, N. (2015). Sikap Siswa Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik dan Kemampuan Penalaran Formal Terhadap Prestasi Belajar Mekanika Teknik Siswa Kelas X SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 1(1), 17–25.

Andiani, D., Hajizah, M. N., & Dahlan, J. A. (2020). Analisis Rancangan Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi Program Merdeka Belajar. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 80–90.

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran : Prinsip-Teknik-Prosedur. PT Remaja Rosdakarya Offset.

Asrul, Ananda, R., & Rosinta. (2014). Evaluasi Pembejalaran. Ciptapustaka Media.

Basito, M. D., Arthur, R., & Daryati, D. (2018). Hubungan Efikasi Diri Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMK Program Keahlian Teknik Bangunan Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 7(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/pensil.7.1.3

Brookhart, S. M. (2010). How to Assess Higher Order Thingking Skills in Your Classroom. ASCD. https://doi.org/10.1177/002205741808801819

Dewi, P. A. (2021). Berliterasi Sejak Dini untuk Menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Pendidikan & Budaya, 4–5.

Hagare, D., & Rahman, M. M. (2019). Impact of Online Quizzes on Students’ Results in a Blended Learning System of an Engineering Subject. In A. Rahman & I. Vojislav (Eds.), Blended Learning in Engineering Education : Recent Developments in Curriculum, Assessment and Practice (First Edit, pp. 65–78). CRC Press/Balkema. www.taylorandfrancis.com

Harefa, A. O. (2007). Analisis Konstruksi Tes Terhadap Evaluasi Hasil Belajar. Didaktik: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Humaniora, Sains, Dan Pembelajaran, 94–100.

Jiang, H., & Hill, M. F. (2018). Teacher Learning and Classroom Assessment. In H. Jiang & M. F. Hill (Eds.), Teacher Learning with Classroom Assessment: Perspectives from Asia Pacific (pp. 1–17). Springer. https://doi.org/10.1007/978-981-10-9053-0_1

Juliyanto, Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2016). Kualitas Butir Tes Pilihan Ganda Pada Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan (Penelitian Evaluatif Di SMKN 1 Jakarta). Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 5(1), 53–69.

Kamarwan, S. S. (1990). Statika : Bagian dari Mekanika Teknik. UI-Press.

Kurniawan, R. Y., Prakoso, A. F., Hakim, L., Dewi, R. M., & Widayanti, I. (2017). Pemberian Pelatihan Analisis Butir Soal Bagi Guru di Kabupaten Jombang; Efektif? Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 1689–1699. https://doi.org/doi.org/10.21009/JPMM.001.2.03

Munscfatra, N. (2017). Pengembangan Alat Evaluasi Berbentuk Test Online Dengan Menggunakan Software Wondershare Quiz Creator Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas X Materi Relasi Fungsi. In UIN Raden Intan Lampung.

Paringga, E., & Realita, Y. (1999). Mekanika Teknik Jilid 1 Untuk Sekolah Menengah Kejuruan Kelompok Teknologi dan Industri (E. Sumpena (ed.)). Angkasa.

Permana, F. A. (2016). Supervisi dan Pembimbingan Bagi Guru SMK Negeri 1 IDI dalam Menyusun Butir Tes. Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu, 27(2), 294–298.

Prajaka, H., & Purwadi, D. (2016). Hubungan Penguasaan Matematika dan Fisika Terhadap Penguasaan Mekanika Teknik Pada Siswa SMK Negeri di Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 2(2), 234–240.

Putri, Y. D., & Dwijayanti, R. (2020). Pengembangan Alat Evaluasi Berbantuan Aplikasi Android pada Mata Pelajaran Penataan Produk Kelas XI BDP di SMKN 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 9(1), 1041–1047.

Rahmawati, A. (2015). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Mekanika Teknik Melalui Media Pembelajaran Inovatif. Prosiding Semiar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 1–8.

Ratnawulan, E., & Rusdiana, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Pustaka Setia. http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf

Sari, A. W., Mudjiran, & Alizamar. (2017). Tingkat Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Ujian Sekolah Ditinjau dari Jenis Kelamin, Jurusan dan Daerah Asal Serta Implikasi. Jurnal Bikotetik., 01(02), 37–72.

Seftiani, I. (2019). Alat Evaluasi Pembelajaran Interaktif Kahoot pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi Industri 4 . 0. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba) 2019, 284–291.

Setiawan, A. R. (2020). Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19). Jurnal Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 28–37. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.80

Setyaningrum, T. A., Alfiah, & Sulanjari, B. (2020). Kemampuan Menyusun Soal Berbasis HOTS Guru Bahasa Jawa SMK Negeri Se-Kabupaten Kendal. Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 8(2), 155–163. https://doi.org/10.15294/piwulang.v8i2.42641

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D) (S. Y. Suryandari (ed.)). Alfabeta.

Suryanto, A., & Djatmiko, T. (2009). Materi Pokok Evaluasi Pembelajaran di SD (Syamsir (ed.); 1st ed.). Universitas Terbuka.

Syaifulloh, M. (2020). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Quizizz Pada Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VII di MTS Negeri 7 Malang [Universitas Islam Negeri Maulana Malik I]. https://www.golder.com/insights/block-caving-a-viable-alternative/

Wartoni, W., & Benyamin, P. I. (2020). Strategi Pengembangan Tes Objektif (Pilihan Ganda). Diegesis: Jurnal Teologi, 5(1), 1–8.

Widana, I. W. (2020). Pengaruh Pemahaman Konsep Asemen HOTS terhadap Kemampuan Guru Matematika SMA/SMK Menyusun Soal HOTS. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 66–75. https://doi.org/10.5281/zenodo.3743923




DOI: https://doi.org/10.21831/jpts.v3i2.43919

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ninda Ayu Narassati




 
 
Online (e-ISSN): e-ISSN 2715-0437 || Printed (p-ISSN): p-ISSN 2715-7601


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Teknik Sipil by Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (uny.ac.id) was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.