Pengaruh Kepemimpinan Mutu dan Kewirausahaan Kepala Sekolah Terhadap Ketercapaian SNP di SMKN 1 Purworejo

Faya Izma Alayda, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Indah Wahyuni, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian mengetahui tingkat ketercapaian 1) kepemimpinan mutu, 2) kepemimpinan kewirausahaan, dan 3) SNP; mengetahui besarnya pengaruh 4) kepemimpinan mutu terhadap SNP, 5) kepemimpinan kewirausahaan terhadap SNP, 6) kepemimpinan mutu dan kewirausahaan secara bersama-sama terhadap SNP; dan 7) mengetahui hubungan kepemimpinan mutu dengan kewirausahaan. Merupakan penelitian prediksi korelasi dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Subjek penelitiannya 130 orang tenaga pendidik dan kependidikan dengan sampel 30 orang. Menggunakan instrumen angket tertutup melalui google form menggunakan skala likert 1 sampai 4. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan tingkat ketercapaian 1) kepemimpinan mutu dengan kategori sangat baik (67,742%), 2) kepemimpinan kewirausahaan dengan kategori baik (61,3%), 3) ketercapaian SNP dengan kategori sangat tinggi (90,32%), 4) kepemimpinan mutu berpengaruh positif terhadap SNP (26,8%), 5) kepemimpinan kewirausahaan berpengaruh positif terhadap SNP (35,3%), 6) kepemimpinan mutu dan kewirausahaan secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap SNP (56,4%), 7) tidak terdapat hubungan kepemimpinan mutu dan kewirausahaan.

The Effect of Quality Leadership and Principal Entrepreneurship on the Achievement of SNP at SMKN 1 Purworejo

Abstract

The purpose of this study are to determine the level of achievement of 1) quality leadership, 2) entrepreneurial leadership, and 3) SNP; knowing the magnitude of the influence of 4) quality leadership on the SNP, 5) entrepreneurial leadership on the SNP, 6) quality leadership and entrepreneurship together on the SNP; and 7) knowing the relationship between quality leadership and entrepreneurship. It is a correlation prediction research with a descriptive quantitative approach. The research subjects were 130 educators and education team with a sample of 30 people. Using a closed questionnaire instrument through google form using a Likert scale of 1 up to 4. The data analysis technique used descriptive analysis and regression. The results showed the level of achievement of 1) quality leadership in the very good category (67.742%), 2) entrepreneurial leadership in the good category (61.3%), 3) the level of achievement of SNP in the very high category (90.32%), 4) leadership quality has a positive effect on SNP (26.8%), 5) entrepreneurial leadership has a positive effect on SNP (35.3%), 6) quality leadership and entrepreneurship together have a positive effect on SNP (56.4%), 7) there is no relationship between quality leadership and entrepreneurship.


Keywords


Kepemimpinan; Mutu; Kewirausahaan; Kepala Sekolah; Pendidikan; Leadership; Quality; Entrepreneurship; Principal; Education

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah. Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional. 2015. Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Gordon, Richard. (2007). School leadership and administration. Mc Graw Hill. Husaini Usman. 2016. Manajemen: teori, praktik dan riset pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Niken Akmala Rini. 2018. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran: Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhdapap kinerja guru di SMK Muhammadiyah 2 Bantul. Vol. 7, No. 4. Universitas Negeri Yogyakarta.

Restu Astuti. 2017. Jurnal Administrasi Pendidikan: Strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah menengah kejuruan sekecamatan Sedayu kabupaten Bantul. Vol 6, No 7. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sri Setiyati. 2014. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan: Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru. Vol. 22, No. 2. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Subarkah. 2013. Kompetensi kewirausahaan kepala sekolah SMK Muhammadiyah 1 Klaten utara pada tahun 2013. Skripsi. UNY.

Sugiyono. 2019. Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suhartatik. 2012. Implementasi kepemimpinan dan kewirausahaan kepala smk yadika bangil dalam meningkatkan produktivitas sekolah. Tugas Akhir. Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Tarbiyah.UIN Malang.

Sumardjo, S., Pratama, G. N. I. P., & Vemantyasto, T. N. (2020). Efektivitas Modul Estimasi Biaya Konstruksi Jalan pada Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi Di SMK N 1 Purworejo. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 2(2), 104- 116.

Syaifuddin Azwar. 2011. Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Titania, T., & Widodo, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi untuk Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK N 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 2(2), 89-94.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpts.v3i1.41884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Teknik Sipil




 
 
Online (e-ISSN): e-ISSN 2715-0437 || Printed (p-ISSN): p-ISSN 2715-7601


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Teknik Sipil by Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (uny.ac.id) was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.