PEMBUATAN MODUL PEMBELAJARAN AUTOCAD PADA MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA
Abstract
Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengetahui: (1) tahapan pembuatan modul pembelajaran AutoCAD di SMK Negeri 3 Yogyakarta dan (2) kelayakan modul pembelajaran AutoCAD berdasarkan pendapat ahli materi, ahli media, dan guru. Kajian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model 4-D yang terdiri dari empat langkah penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan angket yang didukung kegiatan observasi dan wawancara. Hasil kajian menunjukkan bahwa (1) produk modul pembelajaran dapat disusun dengan proses yang menghasilkan materi mencakup: a) definisi perangkat lunak AutoCAD; b) tampilan dan tahapan pengelolaan file AutoCAD; c) prinsip gambar dua dimensi; d) persiapan menggambar dengan AutoCAD; e) pembuatan gambar detail; f) pembuatan gambar rancangan; g) pembuatan etiket gambar dan pencetakan gambar. Sementara itu, (2) hasil validasi modul berdasarkan ahli materi mendapatkan skor 3,55 dengan kategori sangat layak. Validasi berdasarkan ahli media mendapatkan skor 3 dengan kategori layak. Sedangkan validasi guru mendapatkan skor
2,95 dengan kategori layak.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpts.v2i1.31964
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Teknik Sipil
Jurnal Pendidikan Teknik Sipil by Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (uny.ac.id) was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.