Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Lesson Study

Joko Sriyanto, Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY, Indonesia

Abstract


Perubahan kurikulum dari berbasis isi menjadi kurikulum berbasis kompetensi (KBK) menuntut profesionalisme dari berbagai pihak yang berhubungan dalam proses belajar mengajar (PBM) yang meliputi: guru/dosen, mahasiswa, metode pembelajaran, media, bahan ajar, dan lain sebagainya. Semua komponen tersebut harus saling mendukung dan saling melengkapi agar proses belajar mengajar dapat tercapai dan siswa dapat memiliki kompetensi yang ditetapkan. Lesson Study adalah salah satu upaya untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif oleh sekelompok guru/dosen dan berkelanjutan berlandaskan prinsi-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun learning community. Tujuan dari pembelajaran Lesson Study adalah: (1) Meningkatkan pengetahuan tentang materi ajar, (2) Meningkatkan pengetahuan tentang pembelajaran (3) Meningkatkan kemampuan mengobservasi aktivitas belajar (4) Semakin kuatnya hubungan kolegalitas, (5) Semakin kuatnya hubungan antara pelaksanaan pembelajaran sehari-hari dengan tujuan jangka panjang (6) Semakin meningkatnya motivasi untuk berkembang dan (7) Meningkatnya kualitas RPP. Pelaksanaan Lesson Study dapat dilakukan melalui 3 (tiga) tipe; (1) Lesson Study berbasis sekolah (2) Lesson Study berbasis MGMP (3) Lesson Study berbasis sekolah yang berdekatan (4) Lesson Study berbasis program studi atau jurusan pada perguruan tinggi. Pelaksanaan Lesson Study berdasarkan tahapan-tahapan; (1)perencanaan (plan) (2)pelaksanaan (do) dan (3) refleksi (see) secara berulang 


Keywords


lesson study, plan, do, see

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jptk.v16i1.9316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan



 

Online (e-ISSN): 2477-2410 || Printed (p-ISSN): 0854-4735

Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jptk was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Supported by:

Jurnal Ilmiah Magister Managemen

Social Media: