Inovasi Pembelajaran dalam Penyiapan Tenaga Kaerja Masa Depan
Abstract
Dunia kerja dalam era mendatang dakan ditandai oleh ketidakpastian, semakin cepat dan sering berubah, serta menuntut fleksibilitas yang lebih besar. Perubahan ini secara mendasar tidak saja menuntut angkatan kerja yang mempunyai kemampuan bekerja dalam bidangnya (hard competencies) namun juga menguasai kemampuan menghadapi perubahan serta memanfaatkan perubahan itu sendiri (soft competence). Hal ini menjadi tantangan dunia pendidikan untuk mampu mengintegrasikan kedua komponen kompetensi tersebut secara terpadu dalam menyiapkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan bekerja dan berkembang di masa depan.Pemecahan permasalahan pendidikan tidak akan terlepas dari perlunya inovasi-inovasi yang terfokus pada peningkatan kualitas pembelajaran. Inovasi pembelajaran memiliki kemampuan terwujudnya suatu proses pembelajaran yang berkualiatas sehingga dapat meningkatkan kompetensi, kemampuan, keterampilan serta daya saing lulusan. Pembelajaran konstrutivisme merupakan salah satu inovasi yang diyakini akan memberi peluang lebih besar dalam menghasilkan lulusan yang professional dan berdaya saing. Dalam hal ini pengetahuan dibangun sendiri oleh pembelajar secara aktif, tekanan dalam pembelajaran terletak pada pembelajar dan peran guru atau dosen/ instruktur adalah sebagain fasilitator yang menciptakan lingkungan untuk memungkinkan pembelajar secara aktif dan kreatif mengkonstruksi sendiri pengetahuannya.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jptk.v16i1.9312
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Online (e-ISSN): 2477-2410 || Printed (p-ISSN): 0854-4735
Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jptk was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My StatsSupported by:
Social Media: