Pembelajaran Berbasis Kreativitas untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Mahasiswa Bidang Aplikasi Komputer

Ilham Marsudi, Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY, Indonesia
Nuryadin ER, Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY, Indonesia

Abstract


Pendekatan kreativitas merupakan pilihan dari metode humanistik yang cocok diterapkan dalam implementasi kurikulum yang berbasis kompetensi pada mata kuliah Komputer di jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan (JPTSP), Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Bagi mahasiswa yang sudah bias menggunakan komputer diharapkan akan memacau kreativitasnya dan bagi yang belum bisa akan merasa tertantang untuk dapat menggunakannya. Penilitian ini bertujuan untuk meningkatkan pencapaian kompetensi mahasiswa bidang aplikasi komputer melalui pendekatan pembelajaran yang berbasis kreativitas dengan teknik creative completion. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan mengambil subyek penelitian mahasiswa JPTSP yang mengambil mata kuliah komputer. Waktu penelitian selama semester ganjil tahun 2006/2007 bertempat di LAB Komputasi Teknik Spil JPTSP. Siklus yang digunakan sebanyak empat siklus. Analisis data digunakan deskriptif kuanititatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) model pembelajaran dengan pendekatan kreativitas yang menggunakan teknik creative completion pada kuliah komputer dapat meningkatkan pencapaian kompetensi mahasisawa dalam bidang aplikasi komputer. (2) pemberian kesempatan pada mahasiswa untuk mengembangkan kreativitasnya melalui teknik creative completion merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi hambatan dalam penerapan teknik pembelajaran tersebut yang berupa (a) heterogenitas kemampuan mahasiswa dalam penguasaan komputer (b) ketergantungan mahasiswa yang kompetensinya rendah kepada mahasiswa yang kompetensi lebih tinggi dan (c) motivasi mahasiswa yang rendah untuk menguasai aplikasi komputer yang jarang dipakai tetapi sangat dibutuhkan seperti MS excel.


Keywords


kreativitas, creative completion, kompetensi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jptk.v16i1.9311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan



 

Online (e-ISSN): 2477-2410 || Printed (p-ISSN): 0854-4735

Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jptk was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Supported by:

Jurnal Ilmiah Magister Managemen

Social Media: