Penerapan Modul Pembelajaran Bahan Teknik sebagai Upaya Peningkatan Proses Pembelajaran di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY

Tiwan Tiwan, Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini mengkaji penerapan modul pada pembelajaran Bahan Teknik Dasar, sebagai media belajar dalam upaya peningkatan proses pembelajaran di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY. Penelitian dilakukan dengan pendekatan penelitian research and development (R&D). Tempat penelitian di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Yogyakarta. Waktu penelitian dimulai dari bulan Mei-November 2009. Responden penelitian adalah dosen pengampu Bahan Teknik Dasar dan mahasiswa angkatan 2009. Pengumpulan data dengan instrumen angket dan  tes hasil belajar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penulisan Modul Bahan Teknik Dasar dikembangkan dari kurikulum dan silabi mata kuliah Bahan Teknik Dasar yang memiliki struktur terdiri dari halaman sampul, pengantar, judul pokok bahasan, standar kompetensi, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, kegiatan belajar, kunci jawaban dan daftar pustaka. Penulisan modul merupakan proses penyusunan materi pembelajaran yang dikemas secara sistematis sehingga siap dipelajari untuk mencapai kompetensi atau sub kompetensi. Tahapan penulisan modul bahan teknik dasar meliputi analisis kebutuhan modul, penyusunan draft, uji coba, validasi, revisi dan produksi. Modul yang dibuat dapat diterima oleh dosen pengampu dan mahasiswa dalam kategori baik. Terdapat perbedaan pencapaian prestasi belajar antara kelompok yang diberi modul dengan kelompok yang tidak diberi modul. Kelompok mahasiswa yang diberi modul memiliki pencapaian prestasi yang lebih baik.

Keywords


modul, bahan teknik dasar, perangkat pembelajaran

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jptk.v19i2.7743

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



 

Online (e-ISSN): 2477-2410 || Printed (p-ISSN): 0854-4735

Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jptk was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Supported by:

Jurnal Ilmiah Magister Managemen

Social Media: