Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Lanjut Melalui Pembelajaran Menggunakan Modul dan Lembar Kerja dengan Soal Latihan Berjenjang

Martubi Martubi, Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif FT-UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan meningkatkan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Matematika Lanjut. Penelitian ini juga akan mencoba menemukan salah satu model pembelajaran yang tepat dan diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar mata kuliah Matematika Lanjut mahasiswa program non-reguler. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan subyek penelitian seluruh mahasiswa Program Studi Teknik Otomotif Jenjang Diploma Tiga (D3) Program Non-Reguler yang menempuh mata kuliah Matematika Lanjut pada semester genap tahun akademik 2007/2008 berjumlah 72 orang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas E sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran menggunakan modul dan lembar kerja dengan soal latihan berjenjang dan kelas D sebagai kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data-data prestasi hasil belajar yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif menggunakan uji – t (t–test) satu arah.Hasil penelitian ini adalah: (1) prestasi belajar matematika lanjut dengan pembelajaran menggunakan modul dan lembar kerja dengan soal latihan berjenjang lebih baik dibanding yang tanpa lembar kerja dengan soal latihan berjenjang, (2) pembelajaran menggunakan modul  dan lembar kerja dengan soal latihan berjenjang dapat meningkatkan prestasi belajar matematika lanjut mahasiswa, sehingga model pembelajaran ini diharapkan dapat dijadikan alternatif  untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah lain yang sejenis.

Keywords


modul, lembar kerja, latihan berjenjang, prestasi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jptk.v18i1.7680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



 

Online (e-ISSN): 2477-2410 || Printed (p-ISSN): 0854-4735

Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jptk was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Supported by:

Jurnal Ilmiah Magister Managemen

Social Media: