Upaya Meningkatkan Prestasi melalui Pembelajaran dengan Modul Berbasis Kompetensi

Hartoyo Hartoyo, Dosen Pendidikan Teknik Elektro FT UNY, Indonesia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi mahasiswa pada mata kuliah Teknik Pendingin dan Tata Udara, dengan menggunakan modul pembelajaran berbasis kompetensi. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Teknik Elektro FT UNY. Pendekatan yang digunakan melalui penelitian tindakan kelas. Tahap-tahap penelitian tiap siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa  program Studi D3 Teknik Elektro yang mengambil mata kuliah Teknik Pendingin dan Tata Udara pada semester ganjil tahun 2008/2009 yang berjumlah 13 orang. Pengumpulan data dengan angket, observasi, dan tes atau pemberian tugas untuk mengetahui prestasi mahasiswa pada mata kuliah tersebut. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian menggunakan modul Teknik Pendingin dan Tata Udara berbasis kompetensi dapat meningkatkan prestasi mahasiswa. Hal tersebut ditunjukkan oleh perolehan nilai hasil belajar mahasiswa yang telah memenuhi dan melampaui kriteria minimal (nilai C). Hasil nilai selengkapnya adalah sebagai berikut: pada siklus I, yang mendapatkan nilai A- sebanyak 4 orang, nilai B sebanyak 3 orang, nilai C+ sebanyak 3 orang, dan nilai C sebanyak  3 orang, sedang siklus II, nilai A- sebanyak 6 orang, B+ sebanyak 2 orang,  B sebanyak 4 orang, dan B- sebanyak 1 orang.

Keywords


Modul Pembelajaran, Teknik Pendingin dan Tata Udara

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jptk.v18i1.7679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



 

Online (e-ISSN): 2477-2410 || Printed (p-ISSN): 0854-4735

Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jptk was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Supported by:

Jurnal Ilmiah Magister Managemen

Social Media: