Upaya meningkatkan kreativitas anak dengan memanfaatkan media barang bekas di TK Kota Bima

Sri Hardiningsih Hanafi, Pendidikan Luar Sekolah, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sujarwo Sujarwo, Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran anak TK serta untuk meningkatkan kreativitas anak melalui pemanfaatan media barang bekas di TK N Pembina Kota Bima. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang terdiri atas dua siklus. Subjek dari penelitian ini adalah 21 anak. Sedangkan objeknya adalah media daur ulang. Teknik pengambilan data diambil dengan lembar observasi dan catatan lapangan. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembaran observasi kreativitas anak dan aktivitas guru selama proses pembelajaran. Terjadi peningkatan kreativitas anak secara keseluruhan pada pratindakan dengan rerata 28,81 dengan presentase 19,05%. Rerata pada siklus I adalah 83,85 dengan persentase sebesar 73,73%, sedangkan rerata pada siklus II adalah 135,17 dengan persentase sebesar 87,97%. Sementara itu, aktivitas kegiatan guru mengalami peningkatan dengan rerata sebesar 72,22 pada siklus I dan 94,44 pada siklus II. Dengan demikian media barang bekas dapat meningkatkan kemampuan kreativitas anak dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: aspek kreativitas, barang bekas, anak TK kelompok B

 

Improving Children’s Creativity Through Recycling Media in TK Bima City


Abstract

This study aims to improve the learning process of children in kindergartens as well as to enhance the creativity of children through the use of recycling media in TK N Pembina Bima City. This study is a classroom action-research which consisted of two cycles. The subjects of this study were 21 children. While the objects were recycling media. The data collection techniques were observation and field notes while the instruments used were observation sheets of children’s creativity and teacher’s activities during the learning process. There is an overal improvement in children’s creativity after the treatment with a mean of 28.81 and a precentage of 19.05%. The mean of cycle I is 83.85 with a precentage of 73.73% while the mean of cycle II is 135.17 with a percentage of 87.97%. Meanwhile, teacher’s activities increase with a mean of 72.22 in cycle I and 94.44 in cycle II. Thus, recycling media improve children’s activity in the learning process.

Keywords: creativity aspects, recycling media, children’s kindergarten

Keywords


aspek kreativitas; barang bekas, anak TK kelompok B

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: RinekaCipta.

Asmawati, L. (2014). Perencanaan pembelajaran PAUD. Penerbit PT Rosdakarya Bandung.

Department of Natural Resouces. (2011). Wee Recyclers- A recycling activity and learning guide for educators and children ages 3-5. Washington, D.C: Wisconsin Department of Natural Resources.

Fadlillah, M. (2014). Desain pembelajaran PAUD (Tinjauan teoretik & praktik). Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Houseini, E. A and Rasouli, E. (2015). Study aimed to investigate the impact of quality of work life on employee creativity agricultural organization of ardebil. Journal of Social Issues & Humanities, Volume 3, Issue 3, March 2015 ISSN 2345-2633. Diambil tanggal 22 Mei 2015, dari http://www.journalsih.

Hurlock, B. E. (2013). Perkembangan anak. Jakarta. Penerbit Erlangga.

Kartini, K., & Sujarwo, S. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran Plastisin Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2). Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/article/view/2689/2242.

Munandar, U. (2009). Pengembangan kreativitas anak. Jakarta. Penerbit Rineke Cipta.

Purwanto, N. M. (2013). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rachmawati, Y & Kurniati, E. (2012). Strategi pengembangan kreativitas pada anak (usia taman kanak-kanak). Jakarta. Penerbit: Kencana Group.

Republik Indonesia.(2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Indonesia.

Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang RI Nomor 58, Tahun 2009, tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Sinnamon, S, J., (2011). Michigan child care matters. Article-Department of Human Services.

Suyadi.(2010). Psikologi belajar PAUD. Yogyakarta: Pedagogia.

Uyanık Ö, ‘et al’. (2011). New explorations with waste materials in early childhood education. US-China Education Review A 1 (2011) 111-118 Earlier title: US-China Education Review, ISSN 1548-6613. Diambil pada tanggal 01 Juni 2015 dari http://files.eric.ed.gov/fulltext/ED522205.pdf.

Yamin, M. & Sanan, S. J. (2013). Panduan PAUD (pendidikan anak usia dini). Jakarta: Referen.

Yoni, A. (2012). Menyusun penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: Familia.




DOI: https://doi.org/10.21831/jppm.v2i2.6360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat



JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) indexed by:

 
 
Creative Commons License
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) by http://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats