Pengaruh permainan LEGO dan media balok terhadap motorik halus

Pruwita Sari, Universitas Mataram, Indonesia
I Wayan Karta, Universitas Mataram, Indonesia
Nurhasanah Nurhasanah, Universitas Mataram, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh secara parsial dan simultan permainan LEGO dan penggunaan media balok terhadap perkembangan motorik halus pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Gilik Desa Kawo. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperiment one group pretest -posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Gilik Desa Kawo yang berjumlah 15 orang anak. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan medote observasi, dokumentasi serta menggunakan teknik analisis regresi linier berganda yakni uji normalitas, uji liniearitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada hipotesis 1 nilai thitung 12,191 > t-tabel 2,179, maka Ha diterima  yang berarti ada pengauh positif  permainan lego terhadap perkembangan motorik halus. Kemudian hipotesis 2 nilai  thitung  9,597 > ttabel 2,179, maka Ha diterima yang berarti ada pengaruh positif penggunaan media balok terhadap perkembangan motorik halus. Hipotesis 3 nilai fhitung 115,304 > ftabel 3,81 yang berarti H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan permainan LEGO dan penggunaan media balok terhadap perkembangan motorik halus pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Gilik Desa Kawo. Implikasi dari penelitian ini diharapkan kepada tenaga pendidik untuk dapat menerapkan permainan LEGO dan penggunaan media balok dalam meningkatkan perkembangan motorik halus anak.

Abstract

This study aims to examine the partial and simultaneous effect of LEGO games and the use of block media on fine motor development in group B children at the Dharma Wanita Unity Kindergarten, Gilik Village, Kawo. This study used a one-group pretest-posttest experimental approach. The subjects in this study were the children of Group B Kindergarten of the Dharma Wanita Association of Gilik, Kawo Village, which consisted of 15 children. Data collection in the study was carried out using observation methods, documentation, and multiple linear regression analysis techniques, namely the normality test, linearity test, and hypothesis testing. The results showed that in hypothesis 1, the tcount was 12.191 > ttable 2.179, then Ha was accepted, which means lego games positively influence fine motor development. Then hypothesis 2 tcount 9.597 > ttable 2.179, then Ha is accepted, which means there is a positive effect of using block media on fine motor development. Hypothesis 3: fcount 115.304 > ftable 3.81, which means H0 is rejected, so it can be concluded that there is a positive and significant effect of LEGO games and the use of block media on fine motor development in group B children in Kindergarten Dharma Wanita Unity Gilik, Kawo Village. The implications of this research are expected for educators to be able to apply LEGO games and block media to improve children's fine motor development.


Keywords


Permainan LEGO; media balok; motorik halus; LEGO games; block media; fine motor skills



DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v10i2.55193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

Supervised by:

RJI Main logo



Printed ISSN (p-ISSN): 2302-6383 | Online ISSN (e-ISSN): 2502-1648

Creative Commons License
Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi by https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats