Pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dan budaya sekolah dalam mengembangkan nilai civic disposition siswa di SMPN Kota Padang
Maria Montessori, Universitas Negeri Padang, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan civic disposition melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) serta budaya sekolah di SMPN Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Informan diambil menggunakan teknik purposive sampling. Terdapat dua sumber data yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk civic disposition siswa di SMPN 1 Kota Padang meliputi tanggungjawab moral, berfikir kritis dan displin. Bentuk civic disposition siswa di SMPN 37 Kota Padang seperti tanggungjawab moral. Budaya sekolah yang ada di SMPN 1 Kota Padang meliputi setor hafalan Al-Quran, English area, dan pondok literasi. Budaya sekolah yang ada di SMPN 37 Kota Padang diantaranya setor hafalan UUD 1945. Strategi pengembangan budaya sekolah dalam menunjang civic disposition siswa di SMPN 1 Kota Padang seperti setor hafalan Al-Quran akan menciptakan sikap tanggungjawab siswa, English area akan menciptakan tingkat berfikir kritis siswa, dan pondok literasi menciptakan sikap disiplin siswa terhadap waktu luang. Budaya sekolah yang ada di SMPN 37 Kota Padang seperti setor hafalan UUD 1945 sebelum pembelajaran PKKn dimulai.
Abstract
This study aims to analyze the development of civic disposition through learning Pancasila and Citizenship Education (PPKn) and school culture at SMPN Kota Padang. This study uses a qualitative method. Informants were taken using a purposive sampling technique. There are two sources of data, namely primary and secondary data. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques use the Miles and Huberman models. The study results show that the civic disposition of students at SMPN 1 Kota Padang includes moral responsibility, critical thinking, and discipline. The form of civic disposition of students at SMPN 37 Kota Padang is like moral responsibility. The school culture in SMPN 1 Kota Padang includes memorizing the Al-Quran, the English area, and the literacy cottage. The school culture in SMPN 37 Padang City includes memorizing the 1945 Constitution. School culture development strategies in supporting the civic disposition of students at SMPN 1 Padang City, such as memorizing the Al-Quran, will create an attitude of student responsibility, the English area will create a level of students' critical thinking, and the literacy cottage will create a disciplined attitude of students towards free time. The school culture in SMPN 37 Kota Padang is like memorizing the 1945 Constitution before learning PKKN begins.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk karakter religius peserta didik melalui metode pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1), 21–33. https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312
Andiarini, S. E., Arifin, I., & Nurabadi, A. (2018). Implementasi program penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan pembiasaan dalam peningkatan mutu sekolah. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 238–244. https://doi.org/10.17977/um027v1i22018p238
Arif, M., Rahmayanti, J. D., & Rahmawati, F. D. (2021). Penanaman karakter peduli sosial pada siswa sekolah dasar. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 289–308. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.802
Atmaja, T. S., Dewantara, J. A., & Utomo, B. B. (2020). Penguatan pendidikan karakter berbasis sekolah menengah atas Perbatasan Entikong Kalimantan Barat. Jurnal Basicedu, 4(4), 1257–1266. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.545
Borba, M. (2008). Membangun kecerdasan moral : Tujuh kebajikan utama untuk membentuk anak bermoral tinggi (R. Raviyanto (ed.); L. Jusuf (trans.)). Gramedia Pustaka Utama.
Desril, R., Elviandri, E., Aksar, A., Raihana, R., Sommaliagustina, D., & Lestari, T. W. (2018). Penyuluhan hukum keselamatan lalu lintas: Strategi mewujudkan budaya patuh hukum lalu lintas. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 2(2), 93–103. https://doi.org/10.37859/jpumri.v2i2.764
Faiz, F. R. F., Nurhadi, N., & Rahman, A. (2021). Pembentukan sikap disiplin siswa pada sekolah berbasis asrama. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 309–326. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.902
Fathurrohman, A. (2022). Strategi meningkatkan motivasi Tahfidz Al-Qur’an pada pondok pesantren. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 20(1), 76–90. https://doi.org/10.37216/tadib.v20i1.542
Fusnika, F. (2016). Pembinaan civic disposition berbasis nilai-nilai kemanusiaan pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah tinggi ilmu Kesehatan Kota Sukabumi. JURNAL PENDIDIKAN ILMU SOSIAL, 23(1), 50–57. https://doi.org/10.17509/jpis.v23i1.2063
Hastuti, D. D., Sutama, S., & Fuadi, D. (2019). Tanggung jawab siswa dalam pembelajaran matematika SMA. Manajemen Pendidikan, 13(2), 139–146. https://doi.org/10.23917/jmp.v13i2.7481
Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2017). Implementasi pendidikan karakter di sekolah melalui keteladanan dan pembiasaan. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 1(2), 25–29. https://doi.org/10.26737/jpdi.v1i2.262
Humaeroh, S., & Dewi, D. A. (2021). Peran pendidikan kewarganegaraan di era globalisasi dalam pembentukan karakter siswa. Journal on Education, 3(3), 216–222. https://doi.org/10.31004/joe.v3i3.381
Illahi, F. M., & Satria, R. (2022). Pembinaan akhlak siswa melalui kegiatan pembinaan keagamaan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 31 Padang. AS-SABIQUN, 4(3), 629–640. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i3.1948
Izma, T., & Kesuma, V. Y. (2019). Peran pendidikan kewarganegaraan dalam membangun karakter bangsa. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(1), 84–92. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i1.2419
Jumroatun, L., Burhanuddin, B., & Sobri, A. Y. (2018). Implementasi budaya sekolah Islami dalam rangka pembinaan karakter siswa. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 206–212. https://doi.org/10.17977/um027v1i22018p206
Kardinus, W. N. (2022). Implementasi program pendidikan karakter untuk membangun sikap kepedulian sosial. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 16(1), 31–40. https://doi.org/10.21067/jppi.v16i1.6971
Kharizmi, M. (2015). Kesulitan siswa sekolah dasar dalam meningkatkan kemampuan literasi. JUPENDAS (Jurnal Pendidikan Dasar), 2(2), 11–21. http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupendas/article/view/233
Madu, F. J., & Jediut, M. (2022). Membentuk literasi membaca pada peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 631–647. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2436
Malatuny, Y. G., & Rahmat, R. (2020). Pembelajaran civic education dalam mengembangkan civic disposition. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogika Dan Dinamika Pendidikan, 5(1), 56–68. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol5issue1page56-68
Malichatun, A. (2020). Wirid dalam budaya Jawa Islam pada masyarakat Demak. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIII, 1651–1662. http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/1039
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis (2nd ed.). SAGE Publication. https://vivauniversity.files.wordpress.com/2013/11/milesandhuberman1994.pdf
Miranda, A. (2022). Implementasi budaya sekolah dalam membangun karakter religius peserta didik di SMAN 1 Seunagan Nagan Raya Aceh. Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 16–33. https://doi.org/10.19105/rjpai.v3i1.5009
Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Mustopa, A. U. (2022). Penerapan kurikulum berbasis tripusat pendidikan dalam meningkatkan rasa tanggung jawab siswa di sekolah dasar pada masa pandemi Covid -19. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 31–36. https://doi.org/10.30738/tuladha.v1i1.12627
Nabila, A. (2022). Implementasi program tahfidz Al-Qur’an dalam membentuk karakter siswa (studi kasus di SDIT Ibadurrahman Blitar) [Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung]. http://repo.uinsatu.ac.id/26432/
Oktafianti, M., & Dewi, D. A. (2021). Revolusi karakter bangsa melalui pendidikan untuk mengembangkan warga negara yang baik. At-Ta`lim : Jurnal Pendidikan, 7(2), 132–143. https://doi.org/10.36835/attalim.v7i2.546
Rahayu, R. (2016). Peningkatan karakter tanggang jawab siswa SD melalui penilaian produk pada pembelajaran mind mapping. JURNAL KONSELING GUSJIGANG : Dari Kudus Untuk Indonesia, 2(1), 97–103. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.562
Rahmatiani, L., & Saylendra, N. P. (2021). Pembentukan civic disposition peserta didik berbasis kompetensi abad 21. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 6(2), 54–63. https://doi.org/10.21067/jmk.v6i2.6216
Rosida, R., Sulistiono, M., & Ertanti, D. W. (2022). Pembentukan karakter peserta didik melalui budaya religius di SDI Al Ma’arif 01 Singosari. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 212–220. http://riset.unisma.ac.id/index.php/JPMI/article/view/16668
Safitri, A. O., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran pendidikan kewarganegaraan dalam membentuk pribadi yang berkarakter pada anak sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5328–5335. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1632
Sari, S. F., Yusmansyah, Y., & Utaminingsih, D. (2017). Hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 Sukadana Kabupaten Lampung Timur. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 5(6). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/14738
Silkyanti, F. (2019). Analisis peran budaya sekolah yang religius dalam pembentukan karakter siswa. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(1), 36–42. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17941
Sitorus, S., Andriadi, D., Juwita, S., & Nasution, W. D. (2020). Pola kerjasama guru dan orang tua dalam meningkatkan karakter religius siswa kelas VII C selama masa pandemi Covid-19 di MTS PAB 1 Helvetia. Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam, 1(2), 36–54. https://doi.org/10.51672/jbpi.v1i2.7
Sobri, M., Nursaptini, N., Widodo, A., & Sutisna, D. (2019). Pembentukan karakter disiplin siswa melalui kultur sekolah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 61–71. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i1.26912
Sofiyah, S., & Gudnanto, G. (2022). Menanamkan pendidikan karakter melalui kegiatan pembiasaan di TK Muslimat NU 03 Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 1(9), 1919–1926. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH/article/view/2976
Susanto, E. (2016). Pengaruh pembelajaran pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan terhadap pengembangan civic disposition siswa SMA N se-Kota Bandar Lampung. Civics : Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 96–105. https://doi.org/10.36805/civics.v1i1.170
Tunardi, T. (2018). Memaknai peran perpustakaan dan pustakawan dalam menumbuhkan budaya literasi. Media Pustakawan, 25(3), 68–79. https://doi.org/10.37014/medpus.v25i3.221
Wardhani, N. W., & Wahono, M. (2017). Keteladanan guru sebagai penguat proses pendidikan karakter. UCEJ (Untirta Civic Education Journal), 2(1), 49–60. https://doi.org/10.30870/ucej.v2il.2801
Winataputra, U. S., & Budimansya, D. (2007). Civic education: Konteks, landasan, bahan ajar dan kultur kelas. Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.
Woolbert, C. H. (2014). Kajian dakwah multiperspektif. PT Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v10i1.45549
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
Printed ISSN (p-ISSN): 2302-6383 | Online ISSN (e-ISSN): 2502-1648
Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi by https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License