Perencanaan pembangunan daerah melalui pendidikan: Sebuah kajian pustaka terstruktur (systematic literature review)

Yufrica Septiana, Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
Salahudin Salahudin, Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tema yang paling dominan dalam pembahasan tentang perencanaan pembangunan daerah melalui pendidikan, kemudian mengetahui hubungan antara perencanaan pembangunan dan pendidikan. Selain itu penelitian ini untuk mencari topik yang berhubungan dengan penelitian perencanaan pembangunan daerah melalui pendidikan, dan mengetahui bagaimana jenis pemetaan yang dipakai dalam menjabarkan perencanaan pembangunan daerah melalui pendidikan, serta untuk mengetahui konsep yang digunakan dalam studi terkait perencanaan pembangunan daerah melalui pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kajian pustaka yang memuat beberapa uraian kajian literatur yang menjadi dasar dari gagasan dalam menyelesaikan masalah yang didasarkan pada lima pertanyaan yang kemudian dijadikan acuan kajian artikel-artikel dari data Scopus. Identifikasi artikel dilakukan dengan cara memasukan kata kunci “Regional Development Planning Through Education” pada website Scopus dengan durasi waktu artikel tidak kurang dari tahun 2020-2021. Artikel yang sesuai dengan topik pembahasan yang akan dibahas dalam tulisan ini akan menjadi literature review. Penelitian ini mengungkapkan bagaimana pengelompokkan tema dalam perencanaan pembangunan daerah melalui pendidikan, tema mana yang dominan, dan author yang dominan.

Abstract

This study aims to determine the most dominant theme in the discussion of regional development planning through education, then to determine the relationship between development planning and education. In addition, this research is to find topics related to regional development planning research through education, and to find out what types of mapping are used in describing regional development planning through education, and to find out the concepts used in studies related to regional development planning through education. This study uses a literature review research method which contains several descriptions of literature reviews that form the basis of ideas in solving problems based on five questions which are then used as a reference for reviewing articles from the Scopus data. Article identification is made by entering the keyword "Regional Development Planning Through Education" on the Scopus website with an article duration not less than 2020-2021. Articles that are in accordance with the topic of discussion that will be discussed in this paper will become a literature review. This study reveals how themes are grouped in regional development planning through education, which themes are dominant, and which authors are dominant.


Keywords


Perencanaan; pembangunan daerah; pendidikan; planning; regional development; education

Full Text:

PDF

References


ABC Indonesia. (2019, July 23). Partisipasi pendidikan naik tapi jutaan anak Indonesia masih putus sekolah. Tempo. https://www.tempo.co/abc/4460/partisipasi-pendidikan-naik-tapi-jutaan-anak-indonesia-masih-putus-sekolah

Aqshadigrama, M. (2018). Integrasi Empat Pilar Unesco dalam Sistem Pendidikan Indonesia. Radar Jogja. https://radarjogja.jawapos.com/opini/2018/12/11/integrasi-empat-pilar-unesco-dalam-sistem-pendidikan-indonesia/#:~:text=Empat pilar tersebut ialah%3A (1,belajar untuk menjalani kehidupan bersama).

Fajar, C. M., & Mulyanti, D. (2019). Meningkatkan taraf perekonomian dan kesejahteraan melalui perencanaan investasi pendidikan. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 89–95. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.4971

Firsova, A. A., Makarova, E. L., & Tugusheva, R. R. (2020). Institutional management elaboration through cognitive modeling of the balanced sustainable development of regional innovation systems. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 6(2), 32. https://doi.org/10.3390/joitmc6020032

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia. (2021). Jendela pendidikan dan kebudayaan: Talenta muda Indonesia mengukir prestasi di masa pandemi (58th ed.). Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Kuncoro, M., Suprianto, S., & Mulyono, M. (2018). Perencanaan pembangunan daerah: Teori dan aplikasi (Pertama). PT. Gramedia Pustaka Utama.

Laurens, S., & Putra, P. K. (2020). Poverty alleviation efforts through MDG’s and economic resources in Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(9), 755–767. https://doi.org/10.13106/jafeb.2020.vol7.no9.755

Liang, Z., Yue, Z., Li, Y., Li, Q., & Zhou, A. (2020). Choices or constraints: Education of migrant children in urban China. Population Research and Policy Review, 39(4), 671–690. https://doi.org/10.1007/s11113-019-09564-9

Madu, L. (2020). Cara mudah menulis review paper atau artikel dari jurnal akademik. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/ludiro/5fdba3b3d541df45134a13b3/cara-mudah-menulis-review-paper-artikel-dari-jurnal-akademik

Matondang, A. (2018). Dampak modernisasi terhadap kehidupan sosial masyarakat. Wahana Inovasi : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat UISU, 8(2), 188–194. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/wahana/article/view/2389#:~:text=Modernisasi tidak hanya memberi efek,%2C konsumerisma%2C dan kenakalan remaja.

Maulana, S. (2019). Sinergitas pemerintah, masyarakat dan dunia usaha dalam pemberdayaan usaha kecil untuk mewujudkan pembangunan nasional. ResearchGate. https://www.researchgate.net/profile/Syahrial-Maulana/publication/336987987_Sinergitas_Pemerintah_Masyarakat_dan_Dunia_Usaha_dalam_Pemberdayaan_Usaha_Kecil_untuk_Mewujudkan_Pembangunan_Nasional/links/5dbd9dd7299bf1a47b0ebb67/Sinergitas-Pemerintah-Masyarak

Michelutti, E., & Guaran, A. (2022). Landscape education in planning experiences: The case of the regional landscape plan of Friuli Venezia Giulia (Italy). Landscape Research, 47(2), 195–210. https://doi.org/10.1080/01426397.2020.1808958

Ningrum, E. (2016). Pengembangan sumber daya manusia bidang pendidikan. Jurnal Geografi Gea, 9(1). https://doi.org/10.17509/gea.v9i1.1681

Pratama, C. D. (2020, December 5). Indikator keberhasilan pembangunan ekonomi. Kompas. https://www.kompas.com/skola/read/2020/12/05/153626369/indikator-keberhasilan-pembangunan-ekonomi?page=all

Presiden Republik Indonesia. (2004). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Presiden Republik Indonesia. https://www.dpr.go.id/dokjdih/document/uu/26.pdf

Safri, H. (2016). Pengembangan sumber daya manusia dalam pembangunan. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 102–112. https://doi.org/10.24256/kelola.v1i1.433

Shi, Y. (2021). The relationship between educational informatization and regional economy and its coordinated development path in fragile ecological region. International Journal of Electrical Engineering Education, 0(0), 1–12. https://doi.org/10.1177/0020720921998219

Widiansyah, A. (2017). Peran Ekonomi dalam Pendidikan dan Pendidikan dalam Pembangunan Ekonomi. Cakrawala : Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 17(2), 207–215. https://doi.org/10.31294/jc.v17i2.2612

Yusuf, M. (2018). Pengantar ilmu pendidikan. Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo. https://core.ac.uk/download/pdf/198238855.pdf




DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v9i1.42222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

Supervised by:

RJI Main logo



Printed ISSN (p-ISSN): 2302-6383 | Online ISSN (e-ISSN): 2502-1648

Creative Commons License
Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi by https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats