Media Pembelajaran Berbasis TIK (MembaTIK) dengan Fluvid untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PKWu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penggunaan media pembelajaran berbasis TIK (MembaTIK) dengan Fluvid. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan prosedur penelitian untuk masing-masing siklus meliputi empat kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X SMA Surakarta yang berjumlah 28 orang. Sumber data berasal dari informan dan dokumen. Pengumpulan data untuk hasil belajar menggunakan teknik tes. Analisis data menggunakan statistic deskriptif untuk data kuantitatif dan model interaktif untuk data kualitatif. Indictor kinerja ditetapkan sebesar 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis TIK (MembaTIK) dengan Fluvid meningkatkan hasil belajar dengan ketercapaian pada siklus I sebesar 71% dan pada siklus II sebesar 82%.
Abstract
This study aims to improve student learning outcomes using ICT-based learning media (MembaTIK) with Fluvid. This research is a classroom action research conducted in two cycles, with research procedures for each cycle, including planning activities, implementing actions, observing, and reflecting. The research subjects were students of class X SMA Surakarta who assessed the person. Sources of data come from informants and documents. Data collection for learning outcomes using test techniques. Data analysis used descriptive statistics for quantitative data and interactive models for qualitative data. The performance indicator is set at 80%. The results showed that using ICT-based learning media (MembaTIK) with Fluvid improved learning outcomes with 71% in cycle I and 82% in cycle II.
Keywords
DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v8i1.35842
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi
Our journal indexed by:
Printed ISSN (p-ISSN): 2302-6383 | Online ISSN (e-ISSN): 2502-1648
Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi by https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License