Tingkatan sosial ekonomi orangtua berdampak pada kemampuan belajar siswa di masa pandemi Covid-19
Isa Anshori, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
Abstract
Dalam lingkungan masyarakat tingkatan sosial ekonomi setiap orangtua berbeda-beda. Terdapat tingkat sosial ekonomi atas, menengah, dan bawah semua itu berdampak pada kehidupan sosial serta pendidikan anak. Perbedaan tingkatan kelas sosial orangtua nantinya berpengaruh terhadap kemampuan belajar siswa. Namun saat ini dunia sedang digemparkan oleh adanya pandemic covid-19 yang mengakibatkan proses pembelajaran harus dilakukan dengan metode daring. Tetapi metode pembelajaran daring memiliki beberapa permasalahan yang cukup krusial untuk dibahas. Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan berbagai permasalahan yang dihadapi oleh dunia pendidikan atas pandemic covid-19 terutama dalam ketidaksetaraan yang dirasakan oleh para murid untuk menerima materi pembelajaran secara daring (online) dirumah. Dengan mengetahui berbagai permasalahan yang dihadapi para murid dalam mengikuti proses pembelajaran daring diharapkan pemerintah dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas pendidikan secara merata. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan secara deskriptif. Penelitian kualitatif ini merupakan suatu langkah yang ditempuh guna memperoleh isi dari komunikasi yang disampaikan oleh peneliti dalam bentuk wawancara maupun pengajuan pertanyaan kepada informan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kemampuan belajar siswa tergantung pada status sosial orangtua.
Abstract
In the social environment, the socioeconomic level of each parent is different. There are socioeconomic levels above, middle, and below all that have an impact on social life and children's education. The difference in the level of parental social class will affect the learning ability of students. However, the world is currently in an uproar by the co-19 pandemic which has resulted in an online learning process. But online learning methods have some issues that are crucial enough to be discussed. The purpose of this study is to find out and explain the various problems faced by the education world of the co-19 pandemic, especially in the inequality felt by students to receive online learning material at home. By knowing the various problems faced by students in participating in the online learning process, it is hoped that the government can improve and improve the quality of education equally. This research uses a qualitative method with a descriptive approach. This qualitative research is a step taken to obtain the contents of communication delivered by researchers in the form of interviews and asking questions to informants. The results of this study stated that the student's learning ability depends on the social status of parents.
Keywords
DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v8i1.32187
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi
Our journal indexed by:
Printed ISSN (p-ISSN): 2302-6383 | Online ISSN (e-ISSN): 2502-1648
Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi by https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License